Monday, September 13, 2021

cara membuka dinamo starter mobil dari mesin

cara membuka dinamo starter mobil dari mesinKembali bersama Otomotif, Masih seputar otomotif kali ini kita akan membahas mengenai cara membuka dinamo starter mobil dari mesin, kita coba merangkum beberapa informasi mengenai otomotif. semoga artikel yang disajikan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat pecinta otomotif.

Judul : cara membuka dinamo starter mobil dari mesin
link : cara membuka dinamo starter mobil dari mesin

Baca juga


cara membuka dinamo starter mobil dari mesin

Barangkali sobat sedang mengalami masalah dengan dinamo starter mobil sehingga saat ini sobat terdampar di postingan cara membuka dinamo starter mobil dan memasangnya kembali yang akan kami paparkan kali ini.

Ya, kali ini kami akan berbagi tips dan cara tentang cara membuka dinamo starter dan memasangnya kembali. Namun sebelumnya, perlu diperhatikan bahwa setiap mesin mobil memiliki konstruksi mesin yang berbeda-beda sehingga cara ini belum tentu berlaku sama dengan cara yang diperlukan untuk membuka dinamo starter pada mobil sobat.

cara membuka dinamo starter mobil 1

Cara membuka dinamo starter di artikel kali ini, lebih cocok dan umum dilakukan untuk mobil-mobil yang diproduksi oleh negara Jepang seperti Toyota, Mitsubishi, Suzuki, Daihatsu, dan lain-lain. Sedangkan untuk mobil Eropa beda alat dan beda perlakukan.

Simak tips bagaimana cara membuka dinamo starter mobil dan memasangnya kembali dengan aman dibawah ini...

Persiapan sebelum membuka dinamo starter mobil


Berikut beberapa persiapan dan alat alat ang diperlukan untuk membuka dinamo starter mobil
  • Pastikan mobil sudah terparkir dengan aman dan rem tangan sudah ditarik

  • Untuk membuka dinamo starter ini diperlukan memutus kelistrikan dari aki mobil, pastikan bahwa dalam proses ini tidak mengganggu sistem elektronik mobil seperti perlunya reset ECU atau reset audio system. Ada baiknya baca terlebih dahulu tentang prosedur melepas aki di buku panduan kendaraan atau konsultasikan dengan mekanik kepercayaan anda.

  • Sebaiknya buka kaca jendela mobil separuh atau kunci mobil dilepas dari slot kunci dan letakkan diluar kendaraan untuk mencegah aktifnya alarm saat pemasangan aki yang dapat menyebabkan pintu mobil mengunci.


Setelah persiapan kendaraan selesai, berikutnya adalah mempersiapkan alat-alat untuk membuka dinamo starter mobil, berikut alat-alat/ kunci yang dibutukan untuk membuka dinamo starter mobil dari mesin
  • Kunci 10 pas, ring, atau kombinasi

  • Kunci 12 ring atau kombinasi

  • Kunci 14 socket dengan extension bar (sambungan) pendek dan ratchet


Setelah semua peralatan dan persiapan untuk membuka dinamo starter dilakukan, perhatikan langkah-langkah dibawah berikut unuk membuka dinamo starter mobil dari mesin

Cara membuka dinamo starter mobil

  1. Buka terminal negatif (min) aki dengan kunci 10 ring. Kendorkan mur 10 pengikat klem dan lepaskan kabel negatif dari terminal aki. Sebaiknya kabel dibungkus dengan kain atau plastik dan tempatkan diposisi yang aman agar tidak menempel kembali ke terminal min aki. Setelah itu, perhatikan gambar dibawah untuk mempermudah cara membuka dinamo starter mobil


  2. Buka mur pengikat terminal 30 dinamo starter (No. 1) dengan menggunakan kunci 12 ring. setelah mur 12 terbuka, lepaskan kabel yang menempel di terminal 30 tersebut.

  3. Lepaskan socket terminal 50 dinamo starter (No.2)

  4. Buka baut pengikat dinamo starter di mesin menggunakan ratchet dan socket 14 (No.3 dan No.4). Jika diperlukan tambahkan extension bar (sambungan) pendek untuk mempermudah pembongkaran. Bukalah semua baut pengikat dinamo starter sehingga dinamo starter bisa dibuka dari mesin mobil.

  5. Keluarkan dinamo starter dari mesin


Setelah membuka dinamo starter dan melakukan pemeriksan secukupnya, berikut adalah cara memasang dinamo starter mobil ke mesin.

Cara memasang dinamo starter mobil


Untuk memasang dinamo starter mobil ke mesin sebenarnya mengkuti langkah kebalikan dari cara membuka dinamo starter, namun begitu, perhatikan caranya diabwah berikut
  1. Masukkan kembali dinamo starter ke mesin dan posisikan sesuai posisinya seperti semula.

  2. Pasang baut 14 pengikat dinamo starter kembali, pastikan semua ulir baut masuk seluruhnya. Kencangkan dengan racthet dan kunci 14 socket secukupnya

  3. Pasang kembali socket terminal 50

  4. Pasang kembali kable terminal 30 berikut dengan mur 12 yang digunakan sebagai pengikat. Kencangkan dengan kunci 12 ring secukupnya.

  5. Pastikan semua posisi dinamo starer dan pemasangannya sudah benar, tepat, dan kencang

  6. Pasang kembali kabel minus aki dan kencangkan mur 10 pengikat kabel aki secukupnya.

  7. Starter dan hidupkan mesin untuk memeriksa kerja dinamo starter



Terima kasih telah membaca cara membuka dinamo starter mobil dari mesin

Demikian artikel cara membuka dinamo starter mobil dari mesin kali ini, semoga bisa memberikan inspirasi dan informasi terbaru bagi para pecinta otomotif, nantikan kembali postingan terbaru dari kami, salam.

Artikel kali ini cara membuka dinamo starter mobil dari mesin alamat link https://www.berita-otomotif.my.id/2021/09/cara-membuka-dinamo-starter-mobil-dari.html

0 comments:

Post a Comment