Wednesday, September 22, 2021

fungsi valve spring compressor

fungsi valve spring compressorKembali bersama Otomotif, Masih seputar otomotif kali ini kita akan membahas mengenai fungsi valve spring compressor, kita coba merangkum beberapa informasi mengenai otomotif. semoga artikel yang disajikan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat pecinta otomotif.

Judul : fungsi valve spring compressor
link : fungsi valve spring compressor

Baca juga


fungsi valve spring compressor

Valve spring compressor merupakan salah satu alat servis khusus (Service Special Tools /SST) yang hanya digunakan untuk satu penggunaan saja. Sesuai namanya, fungsi valve spring compressor adalah untuk menekan pegas (spring) ketika ingin melepas atau memasang cotter valve.

Ya, cotter valve atau yang memiliki nama lain kuku macan, kuku klep,atau kancingan klep ini memang cukup sulit saat dikerjakan, baik saat pemasangan atau saat ingin melepasnya. Cotter valve ini terletak pada komponen mesin yang bernama silinder head, fungsinya untuk mengunci valve dengan spring melalui sebuah tappet.

Cotter valve dipasang bersamaan dengan tappet dan spring sehingga dapat mengunci kedudukan valve dengan spring valve. Perhatikan contoh dan posisi cotter valve seperti pada gambar dibawah berikut

fungsi valve spring compressor 1

Oleh karena itu, untuk dapat melepas dan memasang cotter valve ini dengan mudah dan tidak merusak komponen yang lainnya, maka digunakanlah alat khusus yang dinamakan valve spring compressor. Berikut contoh gambar valve spring compressor
fungsi valve spring compressor 2

Selain seperti pada contoh gambar diatas, valve spring compressor ini bentuknya sangat beragam. Terdapat bermacam-macam model sehingga turut mempengaruhi bagaimana cara menggunakannya. Namun, secara prinsip penggunaan valve spring compressor adalah untuk menekan pegas pada valve.

Baca juga :


Perhatikan posisi pemasangan alat valve spring compressor dan cara penggunaannya seperti dibawah berikut
fungsi valve spring compressor 3

Berikut gambaran singkat tentang cara menggunakan alat valve spring compressor
  1. Bagian tangkai yang diam, digunakan untuk menahan kedudukan valve agar tidak bergerak saat pegas (spring) ditekan.

  2. Bagian tangkai yang bisa bergerak umumnya dapat distel, ada yang menggunakan ulir dan drat agar posisi alat bisa duduk pas pada pegas klep.

  3. Alat valve spring compressor ini kemudian ditekan sehingga dapat menekan pegas.

  4. Saat pegas tertekan, maka cotter valve akan terbebas dan kita bisa melepas cotter valve tersebut dari tappet. Cara ini juga bisa digunakan saat melakukan pemasangan cotter valve.



Terima kasih telah membaca fungsi valve spring compressor

Demikian artikel fungsi valve spring compressor kali ini, semoga bisa memberikan inspirasi dan informasi terbaru bagi para pecinta otomotif, nantikan kembali postingan terbaru dari kami, salam.

Artikel kali ini fungsi valve spring compressor alamat link https://www.berita-otomotif.my.id/2021/09/fungsi-valve-spring-compressor.html

0 comments:

Post a Comment