Wednesday, September 22, 2021

Mobil Nasional yang perlu kalian kenal

Mobil Nasional yang perlu kalian kenalKembali bersama Otomotif, Masih seputar otomotif kali ini kita akan membahas mengenai Mobil Nasional yang perlu kalian kenal, kita coba merangkum beberapa informasi mengenai otomotif. semoga artikel yang disajikan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat pecinta otomotif.

Judul : Mobil Nasional yang perlu kalian kenal
link : Mobil Nasional yang perlu kalian kenal

Baca juga


Mobil Nasional yang perlu kalian kenal

Mobil Nasional yang aku ketahui yaitu, industri mobil yang komponen, mesin, perakitan seluruh berada di Indonesia. Mobil nasional biasa disebut oleh masyarakat yaitu "Mobnas" yang berasal berasal dari singkatan kata Mobil nasional.
Timor S515

Sejarah awal mobil nasional brawal berasal dari tahun 1970-an, di mana keinginan masyarakat dapat mobil yang sudah tinggi dan perekonomian yang sudah berangsur membaik. Pemerintah pun menyita langkah yang di mana membuahkan suatu kebijakan untuk mengolah mobil masal untuk mencukupi kebutuhan mobil dalan negeri.

Toyota Kijang

Mobil legendaris dan ikon mobil indonesia ini pertamakali di perkenalkan pada l9 Juni 1975 di dalam event Pekan Raya Jakarta 1975, mobil ini disebut orang dengan nama "Mobil Doyok" sebutan yang diambil berasal dari sebuah serial kartun bertokoh Doyok pada harian Pos Kota. Mobil ini meskipun merek Toyota,  yang berasal berasal dari Jepang tapi, jangan kira kalo mobil ini diimpor berasal dari jepang atau kompnen berasal dari jepang.... Pembuatan dan perakitan mobil ini seluruhnya dijalankan di Indonesia, Komponen bodi dan mesinnya seluruhnya berasal berasal dari Indonesia.

Sejak tahun 1975 dan waktu ini merupakan salah satu type Toyota yang sukses secara komersial sampai sekarang. Sehingga beraneka varian dan generasi mobil ini mampu ditemukan dengan enteng di seluruh pelosok Indonesia.

Maleo

Mobil Maleo ini mobil yang tetap di dalam wujud blue print atau prototype. Dikomandokan oleh BJ Habibie yang di harapkan langsung meluncur pada tahun 1996 dengan harga yang terjangkanu yaitu Rp.30juta pada hari itu. Namun sayang dana untuk itu kemudian tersedot oleh proyek mobnas Timor punya Tommy Suharto anak bungsu presiden Suharto, supaya proyek mobnas Maleo pun terhenti.

Timor

Timor merupakan mobil nasional yang paling tenar salah satu mobil nasional yang dulu ada, diluncurkan pada pertengahan tahun 1990-an. Mobil ini memang mobil asal korea yaitu kia sephia yang di nasionalisasikan oleh putra mantan presiden yaitu Tommy Suharto. Dengan mengusung mesin DOHC dan SOHC berkapasitas 1500 cc. Bahkan pada media cetak harian Jakarta pada waktu peluncuran mengutip artikel yang berjudul "Timor, harga haahh.. layanan waahh..." Ya... karena mobil ini setahu aku mirip dengan harga Rp120juta mobil sedan sekelas dan sejamannya, Wow..!! barangkali saat ini kira-kira 250 jutaan.... Mobil Timor type S515i ini memang sudah di prediksikan penerus generasinya, yaitu mobil Timor S2, tapi sayang waktu kekuasaan Presiden Suharto jatuh pada tahun 1998 waktu Indonesia mengalami krisis moneter, Mobil Nasional ini gulung tikar alias bankrut.

Mobi Timor waktu ini tetap banyak berlalu-lalang di jalan raya, orang-orang pilih mobil ini karena perawatannya mudah, harga pasaran stabil, suku cadang banyak dan murah, dan juga enak dibawa keluar kota dan jarang kena masalah, lalu irit pula....


Texmaco Macan

MACAN adalah Kendaraan berjenis minibus atau MPV dengan kapasitas mesin 1.800 cc berasal dari PT. Texmaco. Dalam mengeluarkan mobil ini PT. Texmaco menggandeng Mercedes Benz, tercatat satu unit prototype sudah dipamerkan di arena pekan Raya Jakarta pada pertengahan tahun 2001, tapi belum sempat diproduksi masal PT. Texmaco bangkrut karena krisis moneter pada 1997-1998.
yahh... begitulah... Bukan cuma KIA atau Hyundai, Mercedes-Benz pun turut digandeng...

Esemka


Esemka adalah produk mobil hasil rakitan siswa-siswa Sekolah Menengah Kejuruan yang bekerja mirip dengan institusi di dalam negeri dan lebih dari satu perusahaan lokal dan nasional. Kandungan komponen lokal (dalam negeri) berkisar antara 50%-90%.


Beberapa tahun belakangan ini tepatnya pada tahun 2010 ke atas, dunia otomotif di hebohkan oleh meluncurnya mobil di dalam negeri, yang merupakan hasil berasal dari tangan siswa SMK dan dirakitnya pula di sekolah mereka sendiri. Dengan bekal Joko Widodo Wali kota Surakarta sebagai tokoh iklannya. Esemka mampu dicermati oleh publik sebagai penerus Mobil Nasional.

Mobil Esemka membuahkan lebih dari satu type diantaranya :


  • Esemka Rajawali R2
  • Esemka Rajawali
  • Esemka Digjaya
  • Esemka Bima
  • Esemka Surya
  • Esemka Hatcback
  • Esemka Zhangaro
  • Esemka Patua
Semua type mobil ini, dirakit oleh SMK yang berbeda-beda, seperti mesin, bodi, sasis dan lain-lain. Harga yang di tawarkan pun lebih tidak mahal kecuali diandingkan harga pasaran mobil impor. berkisar harga 50-150 jutaab, tergantung model, type kendaraaan, dan mesin.

Sebenarnya tetap banyak mobil nasional yang belum dibahas, seperti kancil, Gea, komodo, tawon dan lain-lain.

Semoga negara kami mempunyai mobil nasional dan kecuali sudah formal tersedia di pertahankan untuk jaman depan. Tidak cuma mengolah untuk Indonesia saja, tapi sampai keluar negeri, dan supaya masyarakat beroleh mobil yang tidak mahal tapi keamanan, kenyamanan terjaga dan awet...pastinya... -_- biar kami tidak menyusahkan rakyat dapat mobil impor yang digerogoti oleh pajak yang besar.

"Kalo buatan sendiri bisa? kenapa tetap milih yang orang lain?"


Terima kasih telah membaca Mobil Nasional yang perlu kalian kenal

Demikian artikel Mobil Nasional yang perlu kalian kenal kali ini, semoga bisa memberikan inspirasi dan informasi terbaru bagi para pecinta otomotif, nantikan kembali postingan terbaru dari kami, salam.

Artikel kali ini Mobil Nasional yang perlu kalian kenal alamat link https://www.berita-otomotif.my.id/2021/09/mobil-nasional-yang-perlu-kalian-kenal.html

0 comments:

Post a Comment