Wednesday, September 8, 2021

Pengertian hand tools dan fungsinya

Pengertian hand tools dan fungsinya Kembali bersama Otomotif, Masih seputar otomotif kali ini kita akan membahas mengenai Pengertian hand tools dan fungsinya , kita coba merangkum beberapa informasi mengenai otomotif. semoga artikel yang disajikan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat pecinta otomotif.

Judul : Pengertian hand tools dan fungsinya
link : Pengertian hand tools dan fungsinya

Baca juga


Pengertian hand tools dan fungsinya

Pengertian hand tools adalah alat bantu kerja yang dalam penggunaannya hanya mengandalkan tenaga manusia. Alat ini disebut hand tools karena alat-alat ini hanya menggunakan tenaga manusia sebagai sumber tenaga utama untuk mengoperasikan alat tersebut.

Hal ini sangat berbeda dengan power tool dimana sumber tenaga utama untuk mengoperasikan alat tersebut membutuhkan sumber tenaga lain seperti listrik, mesin penyalaan dalam (ICE), atau dengan tenaga angin bertekanan.

pengertian hand tools dan fungsinya

Nah, pada artikel kali ini, kita akan berbagi informasi tentang perngertian hand tools dan fungsinya beserta dengan macam-macam hand tools yang umum dipakai di bengkel otomotif seperti bengkel mobil atau bengkel sepeda motor.

Berikut adalah macam-macam hand tools yang digunakan di bengkel otomotif berikut dengan fungsi-fungsinya.

1. Kunci / spanner / wrench


Kunci - spanner - wrench

Kunci / spanner / wrench adalah alat kerja mekanik yang terbuat dari bahan besi baja yang sudah dikeraskan serta dilapisi lapisan chrome (Cr) atau nikel (Ni) agar tidak mudah aus dan rusak. Fungsi kunci-kunci ini digunakan untuk memutar (mengencangkan dan melepas) baut atau mur.

Pada bengkel otomotif terdapat beragam jenis kunci yang umum dan banyak dipakai oleh para mekanik. Berikut jenis-jenis kunci yang umum dipakai di bengkel

2. Obeng (Screw driver)




Obeng (screw driver) adalah alat yang digunakan untuk membuka atau mengencangkan sekrup. Secara umum, terdapat dua macam jenis obeng yaitu obeng plus (memiliki mata obeng berbentuk + dan digunakan untuk membuka/mengencangkan sekrup berkepala +) serta obeng min (memiliki mata obeng berbentuk - dan digunakan untuk membuka/mengencangkan sekrup berkepala - ).

Namun begitu, pada bengkel otomotif terdapat beragam jenis-jenis obeng, mulai dari plus dan minus, obeng torx, obeng hex hingga obeng ketok. Untuk lebih lengkapnya tentang macam-macam obeng ini silahkan baca pada artikel macam-macam obeng dan fungsinya yang sudah pernah kita posting sebelumnnya.

3. Tang (plier)


tang - plier

Tang (plier) adalah alat yang di gunakan untuk menjepit dan memegang benda kerja sehingga memudahkan mekanik dalam melakukan pekerjaanya. Alat hand tools berupa tang (plier) ini dapat digunakan juga untuk berbagai macam keperluan tergantung dari bentuk dan macam-macam tang yang digunakan.

Berikut beberapa macam tang dan fungsinya yang umum digunakan di bengkel otomotif

  • Tang kombinasi (Combination plier) memiliki fungsi untuk memegang benda kerja, memotong kabel/kawat, hingga membengkokkan logam yang tipis.

  • Tang potong (side cutting plier) memiliki fungsi untuk memotong kawat atau kabel

  • Tang lancip (long nose plier) memiliki fungsi untuk menjepit bend pada ruang sempit, memotong dan melilit kabel/kawat.

  • Tang slip (slip joint plier) memiliki fungsi untuk memegang benda kerja dengan ukuran yang beragam karena tang slip ini memiliki rahang yang dapat diperbesar.

  • dan lain-lain


Untuk lebih lengkapnya tentang macam-macam tang, silahkan baca pada artikel macam-macam tang dan fungsiya.

4. Palu (hammer)


palu - hammer

Palu (hammer) adalah alat yang digunakan untuk memberikan tumbukan pada benda kerja sehingga terjadi tekanan (memukul benda kerja). Palu yang digunakan pada bengkel otomotif memiliki bentuk dan model yang bermacam-macam dan sangat tergantung pada meterial benda kerja yang dikerjakan.

Berikut beberapa macam palu dan penggunaannya

  • Palu konde (ball peen hammer) digunakan untuk memukul benda logam yang keras seperti paku, besi, baja, dll.

  • Palu tembaga (copper hammer) digunakan untuk memukul benda kerja dari logam keras dengan tujuan untuk mencegah perubahan bentuk pada benda kerja teebut (mencegah kerusakan benda kerja).

  • Palu karet (rubber mallet hammer) digunakan untuk memukul benda kerja dari plat untuk mencegah kerusakan permukaan plat.

  • Palu godam (sledge hammer) benda dan logam yang keras dengan tujuan untuk membongkar, menggedor atau untuk menghancurkan benda tersebut.


Untuk lebih lebih lengkapnya tentang palu, sobat bisa membacanya pada artikel tentang macam-macam palu dan fungsinya.

Selain daripada yang sudah kita sebutkan diatas, masih banyak terdapat jenis dan macam-macam hand tools yang digunakan di bengkel otomotif seperti contohnya kikir, gergaji, kape (gasket scrapper), kunci L, kunci T, dan lain-lain.



Terima kasih telah membaca Pengertian hand tools dan fungsinya

Demikian artikel Pengertian hand tools dan fungsinya kali ini, semoga bisa memberikan inspirasi dan informasi terbaru bagi para pecinta otomotif, nantikan kembali postingan terbaru dari kami, salam.

Artikel kali ini Pengertian hand tools dan fungsinya alamat link https://www.berita-otomotif.my.id/2021/09/pengertian-hand-tools-dan-fungsinya.html

0 comments:

Post a Comment