Thursday, October 28, 2021

cara kerja proses kemudi mobil

cara kerja proses kemudi mobilKembali bersama Otomotif, Masih seputar otomotif kali ini kita akan membahas mengenai cara kerja proses kemudi mobil, kita coba merangkum beberapa informasi mengenai otomotif. semoga artikel yang disajikan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat pecinta otomotif.

Judul : cara kerja proses kemudi mobil
link : cara kerja proses kemudi mobil

Baca juga


cara kerja proses kemudi mobil

Sistem kemudi adalah sebuah proses yang diciptakan untuk mempermudah pengemudi dalam mengendalikan arah dan laju kendaraan. Baik digunakan waktu melaju, parkir ataupun waktu bergerak mundur.

Sistem kemudi mempunyai 5 fungsi perlu bagi kendaraan, diantaranya adalah, mengatur arah jalannya kedaraan sesuai permintaan pengemudi, memberi tambahan kestabilan pada kendaraan waktu berjalan, menghambat getaran, dan lain-lain. (baca : 5 fungsi proses kemudi)

cara kerja proses kemudi mobil 1

Model dan wujud proses kemudi tiap-tiap mobil tidak sama, tapi secara umum, untuk mobil penumpang banyak gunakan proses kemudi model rack and pinion sedang untuk mobil dan kendaraan besar (truk dan bus) kebanyakan gunakan proses kemudi recirculating ball.

Namun begitu, secara garis besar, proses kemudi mobil terdiri dari 4 komponen perlu yakni (steering wheel) roda kemudi, steering column (batang kemudi), steering gear (roda gigi kemudi), dan steering linkage. Perhatikan pada gambar dibawah berkenaan contoh komponen proses kemudi

cara kerja proses kemudi mobil

Pada gambar diatas, kita gunakan contoh proses kemudi model rack and pinion saja, untuk lebih lengkapnya mengenai tipe, model, dan macam-macam komponen proses kemudi, silakan baca pada komponen proses kemudi yang sudah dulu kita posting sebelumnya. Lantas bagaimana cara kerja proses kemudi mobil ini ? Berikut cara kerja proses kemudi mobil

Cara kerja proses kemudi mobil


Saat steering wheel (roda kemudi) diputar, steering column (batang kemudi) termasuk turut berputar ikuti arah putaran roda kemudi. Tenaga putar yang berlangsung di steering column ini sesudah itu diteruskan ke steering gear (roda gigi kemudi).

Steering gear jadi besar tenaga putar ini (melalui proses hidrolik, elektrik, ataupun secara mekanikal) supaya dihasilkan moment puntir yang lebih besar dibanding bersama dengan moment puntir pada steering wheel.

Dari steering gear, moment puntir yang sudah membesar ini sesudah itu diteruskan ke steering linkage supaya tejadi pergantian gerak dari gerak putar pada steering wheel menjadi gerak menarik atau mendorong pada steering linkage.

Steering linkage bakal meneruskan gerakan steering gear ke roda-roda depan supaya terjadilah pergantian arah dan sudut gerak pada roda depan. Dengan begitu, maka kendaraan sanggup melaju sesuai arah putaran yang berlangsung pada steering wheel. Misalnya steering wheel diputar kearah kanan, maka kendaraan bakal melaju kearah kanan, begitu pula sebaliknya.

Perhatikan cara kerja proses kemudi mobil pada gambar animasi dibawah berikut

cara kerja proses kemudi 2

Khusus pada bagian steering gear, tenaga putar dari roda kemudi diperbesar. Bagian ini sering dikenal bersama dengan sebutan Power Steering. Ada yang gunakan proses hidrolik yang dikenal bersama dengan Hydraulic Power Steering, ada pula yang gunakan Electric Power Steering (EPS) dan ada pula yang gunakan proses mekanikal sepert recirculating ball dan lain-lain.

Meskipun steering gear di buat bersama dengan desain dan model yang berbeda, tapi proses kemudi ini kudu memenuhi persyaratan-persyaratan supaya sesuai bersama dengan fungsinya pada kendaraan. Berikut sebagian syarat yang kudu dipenuhi oleh sebuah proses kemudi

  • Memiliki kelincahan yang baik waktu diputar atau digunakan

  • Memiliki bisnis pengemudian yang baik

  • Memiliki recovery (pengembalian) yang halus

  • Mampu meredam getaran dan kejutan dari permukaan jalur supaya tidak mengganggu proses pengemudian.



Terima kasih telah membaca cara kerja proses kemudi mobil

Demikian artikel cara kerja proses kemudi mobil kali ini, semoga bisa memberikan inspirasi dan informasi terbaru bagi para pecinta otomotif, nantikan kembali postingan terbaru dari kami, salam.

Artikel kali ini cara kerja proses kemudi mobil alamat link https://www.berita-otomotif.my.id/2021/10/cara-kerja-proses-kemudi-mobil.html

0 comments:

Post a Comment