Monday, October 25, 2021

Fungsi Kunci Momen

Fungsi Kunci MomenKembali bersama Otomotif, Masih seputar otomotif kali ini kita akan membahas mengenai Fungsi Kunci Momen, kita coba merangkum beberapa informasi mengenai otomotif. semoga artikel yang disajikan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat pecinta otomotif.

Judul : Fungsi Kunci Momen
link : Fungsi Kunci Momen

Baca juga


Fungsi Kunci Momen

Torque wrench (kunci torsi) atau yang lebih kerap dikenal bersama sebutan kunci peristiwa adalah sebuah alat khusus untuk mengencangkan baut/mur yang dilengkapi bersama skala dan ukuran tertentu.

Kunci peristiwa ini biasanya berwujud panjang dan punyai sebuah pen diujungnya yang berfaedah untuk menancapkan kunci socket, sedang sisi ujung lainnya (bagian handle) terdapat sebuah skala ukuran yang digunakan untuk paham nilai ukuran kekuatan peristiwa pengencangan.

Mengenal kunci peristiwa pengertian tipe dan fungsinya

Ya, sistem pengencangan baut/mur pada kendaraan secara keseluruhan punyai peristiwa pengencangan khusus yang telah di tentukan berdasarkan ukuran baut, bahan pembuat dan juga kualitas dan kualitas baut/mur tersebut.

Seperti contohnya pada baut di cylinder head, mur pada con-rod cap, baut-baut pengikat crankshaft, semuanya butuh sistem pengencangan yang tidak boleh sembarangan, bahkan hingga baut roda sekalipun.

Ketika kami mengencangkan baut/mur bersama mengfungsikan kunci peristiwa ini, maka kami dapat lihat ukuran torsi yang tengah diberikan pada baut/mur tersebut. Dengan begitu, kami dapat pilih seberapa kuat peristiwa puntir yang bakal diberikan. Apakah telah sesuai bersama spesifikasi kekencangan atau belum ?

Fungsi Kunci Momen


Dari paparan diatas kami dapat paham bahwa kunci peristiwa berfaedah untuk mengukur kekencangan baut / mur supaya kekencangan baut berikut dapat sesuai bersama spesifikasi pengencangan yang telah ditentukan oleh pihak pembuat berdasarkan kualitas/mutu baut, dan juga lokasi dimana baut berikut bakal digunakan.

Masing-masing baut/mur punyai nilai ukuran dan spesifikasi pengencangan yang berbeda-beda. Untuk paham nilai ukuran dan spesifikasi pengencangan baut/mur harus merujuk pada buku pedoman pelayanan tiap-tiap kendaraan.

Dengan mengikuti ketentuan dan spesifikasi pengencangan baut/mur maka perihal ini dapat mencegah rusaknya baik pada baut/murnya itu sendiri atau pada komponen tempat baut di pasangkan seperti bila baut patah atau ulir jadi dol.

Jenis Kunci Momen

Jenis-jenis kunci peristiwa ini sangatlah banyak dan terlampau tergantung pada keperluan dan pemakaian masing-masing. Setidaknya, lebih dari 5 tipe kunci peristiwa yang tersedia selagi ini dan digunakan pada dunia industri. Namun, tersedia 3 tipe kunci peristiwa yang paling banyak digunakan dan di temukan pada bengkel-bengkel mobil. Berikut jenis-jenis kunci peristiwa yang kita ketahui

jenis-jenis kunci momen
  • Kunci peristiwa tipe Jarum Penunjuk (Deflecting Beam)

  • Kunci peristiwa tipe Dial Indicator

  • Kunci peristiwa tipe Click Adjustable

  • Kunci peristiwa tipe Pneumatic

  • Kunci peristiwa tipe Hydraulic

  • Kunci peristiwa tipe Digital, dan lain sebagainya


Baca juga :

Cara mengfungsikan kunci momen


Untuk mengfungsikan kunci peristiwa ini memang terlampau mudah. Perhatikan cara mengfungsikan kunci peristiwa tipe click adjustable dan kunci peristiwa tipe jarum penunjuk dibawah ini

Kunci peristiwa tipe Click Adjustable

Untuk kunci peristiwa tipe Click Adjustable, perihal pertama yang harus kawan baik jalankan adalah sesuaikan setelan kekencangan kunci peristiwa sesuai bersama spesifikasinya. Setelah itu, pasangkan kunci socket yang sesuai bersama ukuran kepala baut lalu kencangkan baut hingga terdengar bunyi klik yang keluar dari kunci momen.

Ketika bunyi klik telah terdengar, perihal ini pertanda pengencangan telah sesuai bersama ukuran yang telah diset sebelumnya.

Kunci peristiwa tipe Jarum Penunjuk

Untuk kunci peristiwa tipe Jarum Penunjuk, kawan baik tinggal memasangkan kunci shock pada anggota kepala lalu kencangkan baut perlahan hingga jarum penunjuk menunjuk ke angka yang di butuhkan.

Dalam mengfungsikan kunci peristiwa tipe jarum ini harus hati-hati supaya selagi pengencangan tidak melebihi spesifikasi ukuran kekencangan baut sebab tipe ini tidak berbunyi klik, cuma mengandalkan jarum penunjuk.

Besar kecilnya kunci peristiwa ini bakal tergoda oleh besarnya peristiwa yang dapat diukur oleh kunci peristiwa tersebut. Semakin besar bentuk kunci peristiwa maka tambah besar pula peristiwa yang dapat diukur, pun sebaliknya. Semakin kecil bentuk kunci momen, maka tambah kecil pula ukuran peristiwa yang dimiliki kunci peristiwa tersebut.

Agar nantinya kunci peristiwa ini awet, sebaiknya mengfungsikan kunci peristiwa dibawah nilai ukuran maksimum yang dapat diukur bersama mengfungsikan kunci peristiwa tersebut.



Terima kasih telah membaca Fungsi Kunci Momen

Demikian artikel Fungsi Kunci Momen kali ini, semoga bisa memberikan inspirasi dan informasi terbaru bagi para pecinta otomotif, nantikan kembali postingan terbaru dari kami, salam.

Artikel kali ini Fungsi Kunci Momen alamat link https://www.berita-otomotif.my.id/2021/10/fungsi-kunci-momen.html

0 comments:

Post a Comment