Friday, October 15, 2021

fungsi selang radiator yang ada di mesin

fungsi selang radiator yang ada di mesinKembali bersama Otomotif, Masih seputar otomotif kali ini kita akan membahas mengenai fungsi selang radiator yang ada di mesin, kita coba merangkum beberapa informasi mengenai otomotif. semoga artikel yang disajikan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat pecinta otomotif.

Judul : fungsi selang radiator yang ada di mesin
link : fungsi selang radiator yang ada di mesin

Baca juga


fungsi selang radiator yang ada di mesin

Selang radiator merupakan salah satu komponen pada sistem pendingin yang terbuat dari bahan karet elastis bersama interaksi benang didalamnya. Selang radiator dapat bersama enteng kita temui di mesin, kebanyakan berada di antara mesin bersama radiator dan kerap dipisah oleh kipas radiator.

Pada mesin-mesin mobil kebanyakan terkandung dua selang radiator, yaitu upper hose dan lower hose. Kedua selang ini terbuat dari bahan yang sama, tetapi punyai type lekukan yang berbeda, amat tergantung dari type dan desain mesin pada mobil tersebut.

fungsi selang radiator

Lantas apa saja sih sebetulnya fungsi dari selang radiator ini? Berikut fungsi selang radiator yang ada di mesin..

1. Tempat mengalirnya cairan pendingin mesin


Fungsi selang radiator yang pertama adalah sebagai tempat mengalirnya cairan pendingin mesin dari radiator ke di dalam mesin maupun dari mesin masuk ke radiator. Seperti kita ketahui bahwa fungsi radiator adalah untuk mendinginkan suhu air pendingin yang singgah dari mesin di dalam kondisi panas.

Aliran air pendingin dari mesin ini dapat mengalir ke radiator lewat selang radiator anggota atas (kerap disebut upper hose) untuk kemudian berhenti di diradiator akibat thermostat yang menutup.

Saat thermostat terbuka, maka aliran air pendingin bersuhu dingin dapat mengalir lewat selang radiator anggota bawah (disebut lower hose) untuk dimasukkan ke mesin dan kembali digunakan untuk menurunkan suhu mesin.

2. Penghubung saluran air pendingin antara radiator dan mesin


Fungsi selang radiator yang kedua adalah sebagai penghubung saluran air pendingin antara radiator dan mesin. Pada mesin-mesin mobil umumnya, radiator ditaruh di anggota grill depan dan melekat di frame/rangka bodi kendaraan, tetapi mesin terpisah dari radiator dan terpasang pada area mesin.

Untuk menghubungkan saluran air yang ada di mesin bersama saluran air pada radiator,maka digunakanlah selang radiator agar dapat kita kaakan bahwa selang radiator ini menjadi penghubung saluran air antara mesin bersama radiator.


3. Mengurangi getaran mesin ke radiator


Selain sebagai penghubung dan tempat mengalirnya air pendingin mesin, selang radiator juga bermanfaat untuk kurangi getaran mesin agar tidak merembet dan mengakibatkan kerusakan radiator.

Seperti telah kita ketahui bahwa selang radiator terbuat dari bahan karet yang lumayan fleksible, tetapi di dalamnya terkandung interaksi benang-benang agar memperkuat kebolehan selang radiator.

Saat mesin bekerja, kebanyakan kerap berlangsung getaran yang lumayan besar di mesin. Dengan pakai selang radiator yang berbahan karet ini, maka getaran tidak dapat merembet sampai ke radiator dan bodi mobil.



Terima kasih telah membaca fungsi selang radiator yang ada di mesin

Demikian artikel fungsi selang radiator yang ada di mesin kali ini, semoga bisa memberikan inspirasi dan informasi terbaru bagi para pecinta otomotif, nantikan kembali postingan terbaru dari kami, salam.

Artikel kali ini fungsi selang radiator yang ada di mesin alamat link https://www.berita-otomotif.my.id/2021/10/fungsi-selang-radiator-yang-ada-di-mesin.html

0 comments:

Post a Comment