Monday, October 18, 2021

langkah menghentikan laju mobil saat rem blong

langkah menghentikan laju mobil saat rem blongKembali bersama Otomotif, Masih seputar otomotif kali ini kita akan membahas mengenai langkah menghentikan laju mobil saat rem blong, kita coba merangkum beberapa informasi mengenai otomotif. semoga artikel yang disajikan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat pecinta otomotif.

Judul : langkah menghentikan laju mobil saat rem blong
link : langkah menghentikan laju mobil saat rem blong

Baca juga


langkah menghentikan laju mobil saat rem blong

Mengendarai mobil bersama dengan keadaan rem mobil blong pasti saja benar-benar beresiko dan mampu mengancam keselamatan diri sendiri atau pengguna jalan lainnya. Kurangnya perawatan terhadap sistem rem mobil atau melaju terhadap jalan yang mengalami penurunan yang teramat panjang sering menjadi penyebab munculnya kasus rem mobil blong.

Memang tidak enteng untuk mampu menghentikan laju mobil saat rem blong. Tidak panik, tetap waspada, dan mampu memperingati pengguna jalan yang lain bersama dengan menyalakan lampu hazard menjadi kunci supaya bisnis dalam menghentikan laju mobil saat rem blong ini mampu berhasil.

Berikut sebagian langkah yang mampu anda jalankan untuk menghentikan laju mobil saat rem blong.

1. Terus kocok pedal rem


terus kocok pedal rem

Cara menghentikan laju mobil saat rem blong yang paling basic adalah bersama dengan konsisten mengocok pedal rem. Ya, tidak benar satu penyebab rem blong adalah akibat ada udara palsu / gelembung udara yang terlihat di dalam saluran minyak rem.

Gelembung udara ini mampu mengakibatkan tekanan minyak rem yang menuju ke kampas rem menjadi lemah supaya rem menjadi tidak pakem dan blong. Oleh gara-gara itu, teruslah pompa dan kocok pedal rem untuk beroleh tekanan minyak rem yang kuat supaya mobil mampu jalankan pengereman.

Jika rem mobil anda tidak disempurnakan bersama dengan ABS, kocok pedal rem bersama dengan cepat. Namun , kecuali rem mobil disempurnakan bersama dengan sistem ABS, maka jangan mengocok pedal rem, melainkan jalankan penekanan pedal rem secara bertahap (injek hingga penuh pedal rem, terlepas , kemudian injak hingga penuh kembali dan seterusnya).

Pastikan bahwa pedal rem mampu ditekan / di injak secara penuh hingga mentok dan tidak ada benda-benda lainnya yang mengganjal pedal rem tersebut. Seperti contohnya karpet yang terlipat, sandal atau sepatu yang tidak dipakai tapi di taruh di kurang lebih daerah tersebut. Benda-benda yang menggajal pedal rem mampu mengakibatkan rem mobil mulai blong.

2. Gunakan engine brake


gunakan engine brake

Engine brake adalah teknik pengereman yang dibantu oleh mesin untuk turunkan laju kecepatan kendaraan bersama dengan langkah turunkan gigi persneling ketingkat yang lebih rendah.

Ketika gigi persneling di turunkan satu tingkat kebawah, umumnya mesin bakal terdengar meraung dan disertai bersama dengan sedikit hentakan di mobil. Kondisi ini menandakan bahwa tengah terjadi engine brake, di sini kita mampu merasakan bahwa kecepatan laju kendaraan mampu berkurang.

Untuk mobil bersama dengan transmisi manual, jalankan penurunan gigi persenling hingga ke gigi terendah secara bertahap. Seperti misalnya, dari gigi 4 kita kudu turunkan ke gigi 3, kemudian biarkan laju mobil tertahan oleh engine brake sesaat.

Selanjutnya, jalankan kembali untuk turunkan kembali gigi persneling dari gigi 3 ke gigi 2. Kemudian biarkan sistem engine brake kembali terjadi. Lanjutkan konsisten sistem turunkan gigi hingga ke gigi 1 untuk memperlambat laju kendaraan bersama dengan manfaatkan engine brake.

Jangan turunkan gigi persneling lebih dari 1 gigi , layaknya andaikata dari gigi 4 segera dipindah ke gigi 1. Hal ini justru bakal beresiko dan mampu mengakibatkan kerusakan mesin atau transmisi.

Untuk mobil bersama dengan transmisi otomatis, kawan dekat mampu segera memindahkan tuas persneling ke tingkat yang paling rendah layaknya ke posisi 2 atau L.


3. Gunakan rem tangan


gunakan rem tangan

Ketika laju mobil sudah mulai melambat tapi mobil masih ada masalah dihentikan, maka gunakanlah rem tangan / rem parkir untuk menghentikan laju kendaraan. Untuk mengunakan rem tangan ini terhitung kudu hati-hati.

Jangan segera menarik rem tangan bersama dengan langkah di hentak, tapi tarik rem tangan secara perlahan hingga laju kendaraan perlahan berhenti. Menarik rem tangan bersama dengan langkah menghentaknya mampu mengakibatkan mobil bergerak liar dan anda bakal kehilangan kendali terhadap mobil yang tengah dikendarai .

4. Gunakan jalan penyelamatan kecuali tersedia


jalur penyelamatan

Jika tersedia, manfaatkan jalan penyelamatan yang sering ada di tepi jalan yang sebenarnya rawan terhadap kasus rem blong ini. Jalur penyelamatan ini sering di sebut bersama dengan nama emergency safety daerah dan umumnya ada disisi kiri jalan.

Emergency safety daerah ini merupakan jalan menanjak yang punya lebar 3 meter, panjang 20 mtr. dan ketinggian tanjakan hingga 6 meter. Jalur penyelamatan ini umumnya punya basic bebatuan kecil (gravel) dan pasir supaya mampu meredam hingga menghentikan laju kendaraan.

Jika terhadap jalan yang tengah anda lalui menyediakan jalan penyelamatan ini, maka gunakanlah jalan tersebut sebagai langkah untuk menghentikan laju mobil saat rem blong.



Terima kasih telah membaca langkah menghentikan laju mobil saat rem blong

Demikian artikel langkah menghentikan laju mobil saat rem blong kali ini, semoga bisa memberikan inspirasi dan informasi terbaru bagi para pecinta otomotif, nantikan kembali postingan terbaru dari kami, salam.

Artikel kali ini langkah menghentikan laju mobil saat rem blong alamat link https://www.berita-otomotif.my.id/2021/10/langkah-menghentikan-laju-mobil-saat.html

0 comments:

Post a Comment