Sunday, October 17, 2021

manfaat feeler gauge dan cara menggunakannya

manfaat feeler gauge dan cara menggunakannya Kembali bersama Otomotif, Masih seputar otomotif kali ini kita akan membahas mengenai manfaat feeler gauge dan cara menggunakannya , kita coba merangkum beberapa informasi mengenai otomotif. semoga artikel yang disajikan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat pecinta otomotif.

Judul : manfaat feeler gauge dan cara menggunakannya
link : manfaat feeler gauge dan cara menggunakannya

Baca juga


manfaat feeler gauge dan cara menggunakannya

Satu berasal dari sekian banyak alat ukur yang digunakan di dalam melakukan perawatan atau perbaikan mobil adalah Feeler gauge. Feeler gauge atau yang di sebut juga thickness gauge merupakan alat ukur yang terbuat berasal dari lembaran-lembaran baja tipis yang ketebalannya amat presisi dan miliki sebagian variasi ketebalan yang berbeda-beda.

Tingkat keakuratan yang dimiliki oleh feeler gauge ini bisa raih 1/100 mm (0,01 mm) dengan tingkat ketebalan banyak variasi jadi berasal dari 0,01 mm sampai 1,00 mm. Nilai ketebalan tiap-tiap lembaran baja pada feeler gauge ini umumnya dicetak di atas lembaran baja tersebut.

gambar feeler gauge

Fungsi feeler gauge adalah untuk mengukur ketebalan celah (gap) satu diantara dua anggota komponen yang saling bersinggungan. Berikut sebagian manfaat berasal dari feeler gauge yang kerap digunakan untuk mengukur celah pada komponen mobil, yakni :
  • Mengukur celah katup/klep (Valve Clearance)

  • Mengukur kebengkokan permukaan cylinder head

  • Celah platina (contact point)

  • Spark plug gap (celah kepala busi)

  • Dan lain-lain


Cara pakai feeler gauge ini juga memadai mudah, yakni dengan buat persiapan celah / gap pada komponen yang dapat di ukur. Kemudian sisipkan feeler gauge pada celah / gap tersebut.

Urutan pemanfaatan feeler gauge yang baik adalah pengukuran di awali dengan lembaran dengan ketebalan yang paling tipis khususnya dahulu, terkecuali celah masih renggang, pindah dengan lembaran yang miliki nilai ketebalan yang lebih besar. Lakukan pengukuran sampai didapat ketebalan di mana lembaran feeler gauge bisa masuk ke di dalam celah berikut namun tidak terjepit.

Fungsi feeler gauge dan cara menggunakannya

Jika digunakan sebagai penyetelan celah klep, maka tentukan khususnya dahulu ketebalan celah katup cocok dengan spesifikasi yang dianjurkan pabrik, baru sesudah itu menentukan ketebalan yang cocok dengan nilai spesifikasi tersebut.

Pasang feeler gauge pada celah klep sesudah itu atur baut penyetelan celah katupnya. Indikator penyetelan sudah cocok adalah misalnya feeler gauge yang dimasukkan ke di dalam celah berikut jadi agak seret kala ditarik dan jadi sedikit tersedia hambatan.


Perhatian hal-hal dibawah berikut sepanjang melakukan pengukuran celah dengan feeler gauge
  • Gunakan feeler gauge yang kondisinya bersih dan bebas berasal dari kotoran. Adanya kotoran pada feeler gauge bisa memengaruhi keakuratan nilai pengukuran.

  • Bersihkan permukaan celah komponen yang dapat diukur gunak meraih hasil pengukuran yang akurat.

  • Sisipkan feeler gauge pada celah komponen dengan hati- hati. Jangan pakai feeler gauge yang kondisinya sudah bengkok, berkarat ataupun rusak.

  • Jika di dalam satu bilah feeler pegukuran masih belum cukup, kawan akrab bisa mengkombinasikan sebagian bilah cocok keperluan namun sedikit bilah dapat lebih baik.



Terima kasih telah membaca manfaat feeler gauge dan cara menggunakannya

Demikian artikel manfaat feeler gauge dan cara menggunakannya kali ini, semoga bisa memberikan inspirasi dan informasi terbaru bagi para pecinta otomotif, nantikan kembali postingan terbaru dari kami, salam.

Artikel kali ini manfaat feeler gauge dan cara menggunakannya alamat link https://www.berita-otomotif.my.id/2021/10/manfaat-feeler-gauge-dan-cara.html

0 comments:

Post a Comment