Sunday, October 24, 2021

manfaat kunci shock, jenis, dan cara meggunakannya

manfaat kunci shock, jenis, dan cara meggunakannyaKembali bersama Otomotif, Masih seputar otomotif kali ini kita akan membahas mengenai manfaat kunci shock, jenis, dan cara meggunakannya, kita coba merangkum beberapa informasi mengenai otomotif. semoga artikel yang disajikan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat pecinta otomotif.

Judul : manfaat kunci shock, jenis, dan cara meggunakannya
link : manfaat kunci shock, jenis, dan cara meggunakannya

Baca juga


manfaat kunci shock, jenis, dan cara meggunakannya

Kunci shock atau dikenal bersama sebutan kunci sok atau socket wrench merupakan salah satu alat bengkel yang termasuk paling lazim digunakan oleh para mekanik ataupun montir. Kunci shock merupakan kunci yang paling leluasa digunakan sekaligus lebih safe dibandingkan bersama style kunci pas atau kunci ring.

Kunci shock umumnya berbentuk tabung yang pada bagian tengahnya berongga dan berlubang. Pada salah satu ujung kunci shock terdapat lubang berbentuk hexagonal (segi enam) atau double hexagonal (segi dua belas) yang digunakan sebagai daerah untuk posisi baut selagi dapat dibuka atau dikencangkan.

Sedangkan pada sisi lainnya terdapat lubang berbentuk kotak persegi yang digunakan sebagi daerah untuk memasang kunci shock pada alat kelengkapan kunci shock layaknya ratchet atau T-sliding bar. Lantas, apa sih sebenarnya style dan manfaat kunci shock ini? Dan bagaimana cara menggunakannya?

fungsi kunci shock style dan cara menggunakannya

Nah, pada artikel kali ini, kita dapat berbagi informasi mengenai perkakas bengkel yang dinamakan kunci shock mulai berasal dari manfaat kunci shock, style dan cara menggunakannya. SImak infonya dibawah berikut.

Fungsi kunci shock


Fungsi kunci shock adalah untuk melewatkan dan memasang baut atau mur yang tersedia di kendaraan layaknya baut roda, baut cover mesin, dan baut shockbreaker. Bisa dibilang, hampir semua komponen dimobil yang memakai baut atau mur berbentuk segi enam, sanggup dipasang atau dilepaskan menggunakan kunci shock.

Kunci shock punyai lebih banyak manfaat dan kapabilitas dibandingkan bersama style kunci lainnya layaknya pada kunci ring atau kunci pas. Berikut sebagian berlebihan yang dimiliki kunci shock :

  • Kunci shock sanggup mencengkram semua permukaan sisi kepala baut atau mur supaya mencegah tergelincirnya kunci yang sanggup menyebabkan rusaknya pada kunci, baut, atau mur tersebut.

  • Kunci shock digunakan bersama sebagian alat pelengkap kunci shock yang sanggup dipadu-padankan diantaranya layaknya kunci ratchet , kunci T-sliding bar, extension bar, atau bersama kunci momen supaya mempermudah selagi terhubung atau mengencangkan baut atau mur.

  • Kunci shock sanggup digunakan untuk melewatkan atau mengencangkan baut yang berada jauh di di dalam permukaan layaknya contohnya pada mur roda mobil.

Bagian-bagian kunci shock (socket)


Untuk menyadari ukuran serta jenis-jenis kunci shock ini, tersebut dapat kita paparkan apa saja bagian-bagian yang tersedia pada kunci shock. Perhatikan pada gambar dibawah tersebut mengenai bagian-bagian kunci shock
bagian-bagian kunci socket

Berikut adalah makna bagian-bagian pada kunci socket dan fungsinya
  • S merupakan Size atau ukuran berasal dari kunci shock yang sesuai bersama ukuran kepala baut atau mur. S ini dapat memperlihatkan angka yang digunakan pada kunci shock layaknya jika kunci shock 10mm, ini berarti kunci shock tersebut sanggup digunakan untuk kepala baut atau mur yang berukuran 10mm.

  • L merupakan Length atau panjang berasal dari kunci shock. Secara lazim panjang kunci shock ini terbagi menjadi 3 yakni standard (pendek), semi deep (medium/sedang), dan deep (dalam/panjang)

  • D merupakan Drive hole atau lubang penggerak. Drive hole ini berbentuk kotak, ukurannya terdiri berasal dari 4 macam. Drive hole digunakan sebagai daerah menghubungkan kunci shock bersama handle atau rachet.

Jenis-jenis kunci shock


Kunci shock punyai banyak variasi style dan model. Namun yang paling umum, kunci shock dibedakan menjadi sebagian style yakni :

1. Berdasarkan panjang pendeknya tabung kunci shock

Berdasarkan panjang pendeknya, kunci shock terbagi menjadi 3 macam, standard (pendek), semi deep (medium/sedang), dan deep (dalam/panjang). Kunci shock pendek lazim digunakan untuk melewatkan atau mengencangkan baut atau mur bersama momen pengencangan yang besar.
kunci shock berdasarkan panjang pendeknya

Sedangkan kunci shock panjang cenderung digunakan untuk melewatkan dan mengencangkan baut bersama momen pengencangan yang sedang, tak hanya itu, kunci shock panjang ini termasuk kerap digunakan pada baut atau mur yang posisinya berada di di dalam lubang atau pada mur yang bautnya menonjol keatas layaknya pada baut engine mounting.

2. Berdasarkan kuantitas titik (point) pada lubang kunci shock

Berdasarkan kuantitas titik pada lubang kunci shock, kunci shock dibagi menjadi 3 macam, kunci shock 6pt (hexagon), kunci shock 8pt (double square) dan kunci shock 12pt (double hexagon), tapi yang paling lazim digunakan hanya kunci shock 6pt dan 12pt.
kunci shock berdasarkan point lubang kunci

Kunci shock 6pt punyai kapabilitas lebih untuk digunakan bersama momen pengencangan yang besar, sedangkan kunci shock 12pt punyai kapabilitas lebih untuk digunakan pada sudut ganti yang lebih kecil. (sudut ganti = sudut yang digunakan selagi menggeser tangkai kunci dikala terhubung atau mengencangkan baut).

3. Berdasarkan ukuran drive hole kunci shock

kunci shock berdasarkan ukuran

Berdasarkan ukuran drive hole, kunci shock dibagi menjadi 4 macam yakni 1/4 inch (0.6 cm), 3/8 inch (0.9 cm), 1/2 inch (1.3 cm), dan 3/4 inch (1.9 cm). Ukuran kunci shock termasuk dapat pengaruhi pemanfaatan alat pelengkap yang digunakan dikarenakan masing-masing ukuran tidak sanggup ditukar satu bersama yang lainnya.

Baca termasuk :

Cara menggunakan kunci shock


Untuk menggunakan kunci shock kita wajib menggunakan sebagian alat tambahan layaknya ratchet, T-sliding bar, atau bersama kunci momen. Pada ujung alat-alat tersebut terdapat dudukan berbentuk kubus (kotak) untuk memasang kunci shock. Biasanya pada dudukan tersebut terdapat sebuah bola besi berpegas yang berfaedah untuk mencengkram kunci shock supaya tidak gampang terlepas berasal dari dudukannya.
cara menggunakan kunci shock

Setelah kunci shock dipasangkan pada alat-alat tersebut, anda tinggal memasang kunci shock pada baut atau mur yang dapat dibuka atau dikencangkan. Untuk mengencangkan putar alat ke kanan supaya kunci shock termasuk dapat berputar ke kanan, bersama begitu maka baut dapat berputar ke kanan untuk dikencangkan. Hal yang serupa berlaku untuk arah sebaliknya.

Berikut sebagian perhatian yang diperlukan selagi mengunakan kunci shock

  1. Gunakan ukuran kunci shock yang serupa bersama ukuran kepala baut atau mur.

  2. Posisi kunci shock pada baut atau mur wajib lurus dan menutupi semua kepala baut atau mur tersebut.

  3. Gunakan kunci shock 6pt yang normal (pendek) selagi diperlukan momen pengencangan yang besar atau terkecuali inginkan digunakan bersama air impact wrench



Terima kasih telah membaca manfaat kunci shock, jenis, dan cara meggunakannya

Demikian artikel manfaat kunci shock, jenis, dan cara meggunakannya kali ini, semoga bisa memberikan inspirasi dan informasi terbaru bagi para pecinta otomotif, nantikan kembali postingan terbaru dari kami, salam.

Artikel kali ini manfaat kunci shock, jenis, dan cara meggunakannya alamat link https://www.berita-otomotif.my.id/2021/10/manfaat-kunci-shock-jenis-dan-cara.html

0 comments:

Post a Comment