Monday, October 11, 2021

mengenai mikrometer sekrup, cara menggunakan, cara membaca tersebut contoh soalnya

mengenai mikrometer sekrup, cara menggunakan, cara membaca tersebut contoh soalnyaKembali bersama Otomotif, Masih seputar otomotif kali ini kita akan membahas mengenai mengenai mikrometer sekrup, cara menggunakan, cara membaca tersebut contoh soalnya, kita coba merangkum beberapa informasi mengenai otomotif. semoga artikel yang disajikan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat pecinta otomotif.

Judul : mengenai mikrometer sekrup, cara menggunakan, cara membaca tersebut contoh soalnya
link : mengenai mikrometer sekrup, cara menggunakan, cara membaca tersebut contoh soalnya

Baca juga


mengenai mikrometer sekrup, cara menggunakan, cara membaca tersebut contoh soalnya

Mikrometer sekrup merupakan sebuah alat ukur yang terlalu presisi bersama tingkat kecermatan 10x lipat lebih tinggi dibanding bersama jangka sorong. Mikrometer sekrup pertama kali di temukan pada abad ke-17 oleh William Gascoigne di tahun 1638 yang kala itu merupakan seorang ilmuwan astronomi berkebangsaan Inggris.

Secara lazim dan bisa saja yang paling kerap kami menyaksikan adalah mikrometer sekrup outside. Mikrometer sekrup outside mempunyai jenis seperti bulan sabit bersama gagang yang dapat diputar dan juga mempunyai skala pengukuran.

Namun begitu, mikrometer sekrup ini terhitung terdiri dari banyak jenis dan jenis yang terlalu bergantung dari fungsi mikrometer sekrup itu sendiri seperti contohnya untuk mengukur kedalaman (Depth micrometer), mengukur ketebalan luar (Outside micrometer), dan juga untuk mengukur kertebalan (Inside micrometer) di dalam sebuah benda.

Fungsi Mikrometer Sekrup


Seperti telah dijelaskan pada mulanya bahwa fungsi mikrometer sekrup ini terlalu banyak bergantung dari jenis mikrometer yang digunakan, tersebut 3 fungsi mikrometer sekrup berdasarkan jenis dan bentuk mikrometernya itu sendiri.
Fungsi mikrometer sekrup
  1. Depth micrometer : Depth mikrometer adalah mikrometer sekrup yang berfungsi untuk mengukur kedalaman sebuah lubang yang ada pada sebuah benda berlubang.

  2. Inside micrometer : Inside micrometer adalah mikrometer sekrup yang berfungsi untuk mengukur diameter di dalam sebuah benda berongga.

  3. Outside micrometer : Outside micrometer adalah mikrometer sekrup yang berfungsi untuk mengukur ketebalan sebuah benda


Sebenarnya masih banyak kembali fungsi dan jenis yang dapat ditemukan untuk mikrometer sekrup ini, namun mikrometer sekrup tersebut cukup jarang diamati gara-gara umumnya digunakan secara khusus untuk pengukuran yang khusus pula.

Ketelitian mikrometer sekrup


Meskipun mikrometer sekrup ini mempunyai banyak fungsi dan model, namun tingkat kecermatan mikrometer sekrup ini tetap sama, yaitu 0,01 mm. Tingkat kecermatan mikrometer sekrup ini merupakan yang paling presisi dibanding bersama 2 alat ukur lainnya seperti jangka sorong yang mempunyai tingkat kecermatan 0,1 mm, dan mistar (penggaris) bersama tingkat kecermatan sebesar 1 mm.

Selain itu, mikrometer sekrup terhitung mempunyai batasan skala ukur. Untuk mengukur benda bersama ketebalan yang berbeda diperlukan mikrometer sekrup bersama skala ukur yang terhitung berbeda.

ketelitian mikrometer sekrup

Seperti contohnya, untuk benda bersama ketebalan 1 cm diperlukan mikrometer sekrup bersama skala 0-25 mm. Sedangkan untuk mengukur benda bersama ketebalan 6 cm diperlukan mikrometer sekrup bersama skala 50-75 mm.

Bagian-Bagian Mikrometer Sekrup


Berikut bagian-bagian mikrometer sekrup jenis outside yang lazim digunakan oleh banyak orang. Perhatikan pada gambar bagian-bagian mikrometer sekrup jenis outside dibawah tersebut ini
bagian-bagian mikrometer sekrup

Frame (Rangka)

Bagian Frame Mikrometer sekrup kerap terhitung disebut rangka atau bingkai. Bagian ini berupa seperti huruf C atau huruf U dan terbuat dari bahan logam yang tahan panas, tebal dan juga kuat gara-gara memiliki tujuan agar dapat meminimalkan terjadinya peregangan yang dapat menganggu nilai dan sistem pengukuran sebuah benda.

Anvil (Poros Tetap)

Bagian mikrometer sekrup berikutnya adalah Anvil yang terhitung kerap disebut sebagai Poros Tetap. Anvil berfungsi sebagai penahan benda kala akan diukur kala gunakan mikrometer sekrup ini.

Spindel (Poros Gerak)

Bagian mikrometer sekrup setelah itu ialah Spindel (Poros Gerak). Spindle merupakan sebuah batang silinder yang terhubung bersama thimble agar dapat digerakkan menuju Anvil (Poros Tetap) untuk menjepit benda yang akan diukur.

Lock Nut (Pengunci)

Bagian mikrometer sekrup lainnya ialah Lock Nut (Pengunci). Lock nut mempunyai fungsi untuk menahan dan mengunci Spindle (Poros Gerak) agar tidak bergerak kala sistem pengukuran sebuah benda.

Sleeve (Skala Utama)

Bagian mikrometer sekrup berikutnya ialah Sleeve (Skala Utama). Sleeve merupakan area dipasangnya Skala Utama pada mikrometer sekrup yang diukur di dalam satuan Milimeter (mm).

Thimbel (Skala Putar)

Bagian mikrometer sekrup setelah itu ialah Thimble. Thimble merupakan area Skala Nonius (Skala Putar) Mikrometer berada. Ukuran pada skala putar ini di hitung di dalam satuan 0.01 mm.

Ratchet (Knob putar)

Bagian mikrometer sekrup yang terakhir adalah Ratchet (Knob putar). Ratchet berfungsi untuk memutar Spindle (Poros Gerak). Fungsi ratchet ini sama bersama fungsi anggota Thimble yaitu untuk memutar Spindle, namun putarannya lebih lambat dari Thimble dan mempunyai pengaman yang memiliki tujuan untuk menahan rusaknya benda yang diukur kala ditekan oleh Spindle.

Disaat Spindle telah melekat rapat bersama benda yang diukur, maka pada ratchet akan nampak suara "klik" dan menahan spindel agar tidak tetap bergerak menekan benda yang diukur tersebut.

Cara gunakan Mikrometer sekrup


Berikut adalah cara gunakan mikrometer sekrup, memperhatikan langkah-langkahnya dibawah ini
  1. Pastikan pengunci (lock nut) pada alat ukur mikrometer sekrup ini telah di dalam posisi terbuka

  2. Periksa skala pada Sleeve dan skala pada Thimble telah sama-sama segaris (menunjuk pada angka nol ) bersama cara memutar thimble Sejalan jarum jam agar ujung poros gerak menyentuh ujung poros tetap.

  3. Putar kembali thimble berlawanan arah jarum jam untuk terhubung poros gerak.

  4. Letakkan benda yang akan diukur salah satu poros gerak dan poros tetap, lalu putar thimble kembali Sejalan jarum jam untuk menjepit benda yang diukur. Sesaat sebelum akan poros gerak menjepit terlalu keras, lanjutkan putaran bersama gunakan ratchet sampai terdengar bunyi klik.

  5. Putar ratchet dua sampai tiga putaran untuk meyakinkan bahwa ujung poros gerak telah melekat bersama sempurna pada beda yang akan diukur.

  6. Putar pengunci pada mikrometer sekrup ke posisi lock (mengunci) agar poros gerak tidak dapat berpindah dan berubah ukurannya.

  7. Bacalah nilai ukur benda bersama gunakan nilai yang tercantum pada skala utama dan skala nonius.

Cara membaca Mikrometer Sekrup


Untuk membaca nilai ukur dari mikrometer sekrup ini, kami mesti memahami nilai pada skala yang ada pada mikrometer sekrup, dimana nilai skala pada mikrometer sekrup ini terbagi jadi dua jenis yaitu :

1. Skala Utama
Skala utama adalah skala yang terkandung pada anggota sleeve (skala utama) dan mempunyai dua angka yang ditaruh di atas garis dan dibawah garis skala.

  • Angka diatas menyatakan nilai satuan bersama ukuran : 1, 2, 3, 4, 5 mm, dan seterusnya

  • Angka dibawah menyatakan nilai pecahan bersama ukuran : 1,5; 2,5; 3,5; 4,5; 5,5 mm, dan seterusnya, tiap tiap garisnya menyatakan nilai 0,50 mm


2. Skala nonius atau skala putar
Skala nonius atau skala putar adalah skala yang terkandung pada anggota thimble dan mempunyai angka 1 sampai 50. Setiap skala nonius berputar mundur 1 kali putaran, maka skala utama makin tambah 0,5 mm, begitu pula sebaliknya, kalau skala nonius berputar maju 1 kali putaran, maka skala utama menyusut 0,5 mm.

1 mm pada skala utama sama bersama 100 angka pada skala nonius (2 kali putaran) agar dapat ditemukan bahwa 1 skala nonius punya nilai 0,01mm.

cara membaca mikrometer sekrup

Berikut cara membaca mikrometer sekrup

  1. letakkan mikrometer sekrup satu arah agar dapat diamati bersama jelas.

  2. Baca khususnya dahulu nilai skala utama dari mikrometer sekrup tersebut. Untuk anggota atas garis menyatakan nilai satuan (mm) seperti 1 mm dan seterusnya, sedangkan angka pada bawah garis skala menyatakan nilai pecahan bersama nilai 0.50 mm.

  3. Perhatikan contohnya pada gambar dibawah berikut
    cara membaca mikrometer sekrup

  4. Dari gambar diatas, garis skala atas menunjukan angka 5 mm dan garis skala anggota bawah menunjukan 0,50 mm. Jumlahkan ke dua hasil diatas maka skala utama pada contoh soal mikrometer diatas menunjukan angka 5,50 mm.

  5. Selanjutnya, baca skala nonius lewat garis yang menunjuk pas bersama garis pembagi pada skala utama (segaris bersama garis sedang skala utama). Pada contoh gambar di atas, skala nonius menyatakan angka 30. Lalu kalikan bersama nilai 0,01 mm agar skala noniusnya menunjukan nilai 0,30 mm.

  6. Setelah terbaca nilai skala utama dan bilai skala nonius, setelah itu tinggal menjumlahkan ke dua nilai skala tersebut. Pada contoh soal mikrometer sekrup yang ada pada gambar diatas maka hasil pengukurannya adalah
    5,50 mm (skala utama) + 0,30 mm (skala nonius) = 5,8 mm
    cara membaca mikrometer sekrup 2

  7. Jadi , nilai ukur benda pada contoh gambar mikrometer sekrup diatas adalah 5,80 mm

Contoh Soal Mikrometer Sekrup


Berikut adalah contoh soal mikrometer sekrup lainnya untuk mempermudah di dalam memahami cara membaca mikrometer sekrup

Soal :

Perhatikan pada gambar dibawah tersebut
contoh soal mikrometer sekrup

Berapa nilai yang ditunjukkan pada gambar mikrometer sekrup diatas ?

Jawab :

Nilai yang ditunjukkan pada gambar mikrometer sekrup diatas adalah :
  • Skala utama atas (nilai satuan) = 10 mm

  • Skala utama bawah (nilai pecahan) = 0,5 mm

  • Skala nonius = 47 x 0,01 mm = 0,47 mm

  • Hasil pengukuran yaitu 10 mm + 0,5 mm + 0,47 mm = 10,97 mm

contoh jawaban mikrometer sekrup

Maka, hasil pengukuran pada gambar mikrometer sekrup diatas adalah 10,97 mm


Terima kasih telah membaca mengenai mikrometer sekrup, cara menggunakan, cara membaca tersebut contoh soalnya

Demikian artikel mengenai mikrometer sekrup, cara menggunakan, cara membaca tersebut contoh soalnya kali ini, semoga bisa memberikan inspirasi dan informasi terbaru bagi para pecinta otomotif, nantikan kembali postingan terbaru dari kami, salam.

Artikel kali ini mengenai mikrometer sekrup, cara menggunakan, cara membaca tersebut contoh soalnya alamat link https://www.berita-otomotif.my.id/2021/10/mengenai-mikrometer-sekrup-cara.html

0 comments:

Post a Comment