Saturday, November 20, 2021

cara menyetel klep mobil t120ss

cara menyetel klep mobil t120ssKembali bersama Otomotif, Masih seputar otomotif kali ini kita akan membahas mengenai cara menyetel klep mobil t120ss, kita coba merangkum beberapa informasi mengenai otomotif. semoga artikel yang disajikan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat pecinta otomotif.

Judul : cara menyetel klep mobil t120ss
link : cara menyetel klep mobil t120ss

Baca juga


cara menyetel klep mobil t120ss

Setel klep mobil t120ss sebaiknya selalu ditunaikan secara rutin, setidaknya jalankan saat jalankan tune up mesin. Penyetelan celah klep ini selain untuk mengembalikan performa kerja mesin juga sanggup menjauhi nada berisik yang memadai mengganggu andaikata celah klep terlalu renggang.

Untuk menyetel klep mobil t120ss ini sebenarnya tidak terlau sulit namun selalu dibutuhkan kecermatan dan kehatian-hatian di dalam mengerjakannya.

cara stel klep mobil t120ss

Nah, bagi kawan baik yang inginkan memahami bagaimana cara setel klep mobil t120ss ini, selanjutnya bakal kita sampaikan bagaimana cara setel klep mobil t120ss selanjutnya bersama dengan ukuran celah klep t120ss saat mesin dingin dan saat mesin panas. Simak cara setel klep t120ss di bawah selanjutnya ini

Ukuran celah klep t120ss injeksi


Berikut adalah ukuran celah klep mitsubishi colt t120ss injeksi terhadap klep intake ataupun ekshaust
Valve / Klep T120ss Kondisi mesin panas Kondisi mesin dingin
INTAKE 0,20 mm 0,09 mm
EXHAUST 0,25 mm 0,17 mm

Untuk penyetelan yang paling baik usahakan untuk menyetel klep mobil T120ss ini saat suhu kerja mesin (dalam situasi mesin panas). Memang sedikit merepotkan, namun hasil terbaik bakal didapatkan gara-gara penyetelan ditunaikan cocok bersama dengan situasi kerja mesin.

Posisi Top 1 dan top 4 colt t120ss injeksi


Setelah memahami ukuran celah klep mitsubishi colt t120ss, langkan seterusnya adalah memahami posisi Top 1 dan Top 4 terhadap mesin t120ss ini. Penyetelan celah klep ditunaikan terhadap dua posisi top ini yakni posisi Top1 dan Top 4.

Putarlah baut 19 terhadap pulley crankshaft hingga tanda marking top terhadap pulley bersua bersama dengan tanda marking terhadap cover timing belt seperti terhadap gambar di bawah berikut

Cara setel klep colt t120ss 1

Jika kawan baik susah menyaksikan tanda top terhadap anggota depan pulley crankshaft, kawan baik juga sanggup menyaksikan tanda top crankshaft dari lubang bak kopling transmisi. Buka terhadap anggota karet penutup, sesudah itu putar crankshaft hingga terlihat tanda top seperti terhadap gambar di bawah ini.
tanda top terhadap crankshaft t120ss

Dan untuk memahami posisi top 1 atau top 4 , cara seterusnya adalah memeriksa klep yang sanggup digerakkan oleh tangan. Klep yang sanggup digerakkan oleh tangan, berarti bahwa klep selanjutnya sanggup di setel ukuran celah klepnya. Perhatikan terhadap gambar di bawah berikut
cara stel klep t120ss 2
  • Posisi Top 1 bakal didapatkan kalau klep intake no 1 dan 2 serta klep exhaust no 5 dan 7 sanggup di gerak-gerakkan oleh tangan.

  • Posisi Top 4 bakal didapatkan kalau klep intake no 3 dan 4 serta klep exhaust no 6 dan 8 sanggup di gerak-gerakkan oleh tangan


Baca juga :

Cara setel klep mitsubishi colt t120ss injeksi


Setelah kami memahami ukuran celah klep t120ss injeksi selanjutnya posisi top 1 dan posisi top 4 di mesin, cara seterusnya adalah langkah-langka cara menyetel klep mobil t120ss, selanjutnya caranya :
  1. Panaskan mesin hingga suhu kerja normal (80-90derajat celcius). Ya, penyetelan klep t120ss ini sebenarnya harus ditunaikan saat suhu mesin panas sehingga penyetelan yang ditunaikan sanggup cocok bersama dengan situasi kerja mesin.

  2. Lepas semua kabel busi untuk mempermudah penyetelan celah klep

  3. Lepas tutup kepala silinder head beserta selang PCV

  4. Luruskan tanda timing terhadap pulley crankshaft (putar crankshaft pulley selalu ke arah kanan- searah putaran jarum jam)

  5. Periksa dan memastikan posisi Top 1 atau Top 4 seperti yang sudah dijelaskan di atas

  6. Ukur celah klep (valve clearance) posisi Top 1 seperti terhadap gambar di bawah ini
    cara stel klep t120ss 3

  7. Gunakan thickness gauge (filler) bersama dengan ukuran 0.20 mm untuk klep intake dan 0.25 mm untuk klep exhauts, sesudah itu masukkan diantara klep bersama dengan pelatuk klep (rocker arm).

    Jika ukuran celah klep diluar nilai standard, kendurkan lock nut di rocker arm dan setel ulang bersama dengan memutar adjusting screw sambil mengfungsikan thickness gauge untuk mengukur celah klep. Sambil mengencangkan adjusting screw, tarik perlahan thickness gauge hingga terasa seret saat ditarik.

    cara stel klep t120ss 5
    Ingat :
    Adjusting screw = sekrup untuk menyetel celah klep : putar ke kanan celah rapat, putar kekiri celah merenggang
    Lock Nut = mur pengancing adjusting screw. Kendorkan mur ini untuk menyetel celah klep, kencangkan untuk mengunci posisi screw.

  8. Setelah penyetelan celah klep memadai dan cocok ukuran standard, kencangkan lock nut sambil menghindar adjusting screw bersama dengan sebuah obeng sehingga tidak ikut berputar. Lakukan cara yang sama untuk semua klep posisi top 1 hingga selesai.

  9. Setelah semua klep terhadap top 1 selesai, lanjutkan bersama dengan memutar crankshaft pulley 1 kali putaran penuh (360 derajat) searah jarum jam hingga tanda top terhadap pulley ulang bertemu.
    cara setel klep ty120ss

  10. Ukur celah klep (valve clearance) posisi Top 4 seperti terhadap gambar di bawah ini
    cara stel klep t120ss 4

  11. Jika ukuran celah klep diluar nilai standard, jalankan cara yang sama seperti terhadap cara no 6 hingga no 8

  12. Setelah semua klep terhadap top 4 selesai di setel, periksa ulang ke kencangan semua lock nut (mur pengunci) yang tersedia terhadap masing masing klep.

  13. Pasang ulang tutup kepala silinder dan selang PCV

  14. Pasang ulang kabel busi

  15. Penyetelan celah klep selesai


Catatan :
Lakukan penyetelan celah klep t120ss ini bersama dengan hati-hati gara-gara suhu mesin yang masih panas, ikuti prosedur yang benar dan kalau sebenarnya dirasa sulit, sebaiknya jalankan penyetelan celah klep t120ss ini terhadap bengkel yang kawan baik percaya.


Terima kasih telah membaca cara menyetel klep mobil t120ss

Demikian artikel cara menyetel klep mobil t120ss kali ini, semoga bisa memberikan inspirasi dan informasi terbaru bagi para pecinta otomotif, nantikan kembali postingan terbaru dari kami, salam.

Artikel kali ini cara menyetel klep mobil t120ss alamat link https://www.berita-otomotif.my.id/2021/11/cara-menyetel-klep-mobil-t120ss.html

0 comments:

Post a Comment