Friday, November 19, 2021

fungsi sliding hammer dan cara kerjanay

fungsi sliding hammer dan cara kerjanayKembali bersama Otomotif, Masih seputar otomotif kali ini kita akan membahas mengenai fungsi sliding hammer dan cara kerjanay, kita coba merangkum beberapa informasi mengenai otomotif. semoga artikel yang disajikan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat pecinta otomotif.

Judul : fungsi sliding hammer dan cara kerjanay
link : fungsi sliding hammer dan cara kerjanay

Baca juga


fungsi sliding hammer dan cara kerjanay

Salah satu alat bengkel lainnya yang terhitung lumayan kerap digunakan adalah sliding hammer. Sliding hammer sebetulnya masuk kedalam keliru satu alat special service tool sebab penggunaannya yang tertentu dan cuma digunakan untuk komponen tertentu saja.

Silding hammer biasanya berwujud palu yang di letakkan dibagian sedang sebuah batang besi panjang di mana palu berikut mampu bergeser.

fungsi sliding hammer 1

Palu di tumbukkan ke satu titik tertentu pada batang ganti berikut supaya kekuatan tumbuk mampu digunakan untuk menarik bagian ujung lainnya yang dipasang pada komponen kendaraan yang akan dilepas. Untuk lebih jelasnya, review fungsi sliding hammer dan cara kerjanya dibawah ini

Fungsi Sliding Hammer


Fungsi sliding hammer adalah untuk melepaskan komponen di mana posisi untuk memukul komponen berikut tidak mampu diakses bersama dengan pakai palu (hammer) biasa.

Berikut perumpamaan komponen mobil yang didalam pelepasannya membutuhkan sliding hammer sebagai alat bantunya

  • Axle shaft as roda yang pakai gardan / differential

  • Pin pada per daun truck

Selain itu, sliding hammer ini terhitung kerap digunakan oleh bengkel body repair untuk menarik dan meluruskan plat atau rangka bodi mobil yang bengkok.

Oleh karenanya, pada sliding hammer ini terdapat bagian yang disebut attachment di mana pada bagian ini mampu dipasangkan bersama dengan alat bantu yang berbeda-beda seperti andaikata penjepit yang berwujud cakar atau plat berlubang yang sesuai bersama dengan ukuran baut-baut roda.

Perhatikan bagian-bagian sliding hammer di bawah ini

fungsi sliding hammer

Keterangan gambar sliding hammer
  • Holder ; Tempat untuk memegang dan menstabilkan sliding hammer

  • Punch point ; Arah Titik pukul sliding hammer

  • Hammer ; Palu berbahan besi yang mampu bergeser (sliding) pada batang ganti (sliding bar)

  • Sliding bar ; Tempat hammer bergeser bergerak dan melaju untuk menumbuk punch point

  • Attachment ; Tempat untuk menempatkan tool penarik tambahan seperti cakar, hook, dan lain-lain


Baca terhitung :

Cara pakai sliding hammer


Dalam penggunaannya, attachment pada sliding hammer ini tentu saja dipengaruhi oleh komponen yang akan dilepas. Seperti andaikata untuk mengakses bearing yang tersedia didalam shaft maka digunakan cakar penjepit didalam yang akan menjepit bearing berasal dari dalam, tetapi untuk melepaskan axle shaft berasal dari garda diperlukan attachment yang mampu mencengkram hub roda.

Apapun attachmentnya, secara lazim cara kerja sliding hammer ini adalah bersama dengan mengayun hammer pada sliding hammer menuju ke bagian punch point sekuat-kuatnya.

Dengan begitu, kekuatan tumbuk yang terjadi di punch point akan menghasilkan gerakan menarik sliding bar dan attachment yang tersedia supaya komponen yang dilepas seolah olah dipukul berasal dari bagian belakangnya. memperhatikan pada gambar cara kerja sliding hammer dibawah ini

fungsi sliding hammer 2

Dengan mengayunkan hammer sekuat-kuatnya ke punch point, maka bearing akan tertarik muncul supaya mampu lepas berasal dari casingnya.


Terima kasih telah membaca fungsi sliding hammer dan cara kerjanay

Demikian artikel fungsi sliding hammer dan cara kerjanay kali ini, semoga bisa memberikan inspirasi dan informasi terbaru bagi para pecinta otomotif, nantikan kembali postingan terbaru dari kami, salam.

Artikel kali ini fungsi sliding hammer dan cara kerjanay alamat link https://www.berita-otomotif.my.id/2021/11/fungsi-sliding-hammer-dan-cara-kerjanay.html

0 comments:

Post a Comment