Tuesday, November 2, 2021

kegunaan pompa injeksi pada mesin diesel

kegunaan pompa injeksi pada mesin dieselKembali bersama Otomotif, Masih seputar otomotif kali ini kita akan membahas mengenai kegunaan pompa injeksi pada mesin diesel, kita coba merangkum beberapa informasi mengenai otomotif. semoga artikel yang disajikan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat pecinta otomotif.

Judul : kegunaan pompa injeksi pada mesin diesel
link : kegunaan pompa injeksi pada mesin diesel

Baca juga


kegunaan pompa injeksi pada mesin diesel

Pompa injeksi atau fuel injection pump merupakan komponen penting yang terkandung pada sistem bahan bakar mesin diesel. Ya, sesuai namanya pompa injeksi mempunyai peran untuk memompa bahan bakar ke nosel injektor sehingga nosel sanggup menginjeksikan bahan bakar bertekanan tinggi kedalam silinder mesin.

Meskipun begitu, kegunaan pompa injeksi pada mesin diesel tidak hanya untuk memompa bahan bakar ke nosel injektor saja, melainkan terkandung beberapa kegunaan lainnya yang juga terlalu penting bagi mesin.

fungsi pompa injeksi

Hal ini dibutuhkan dikarenakan pada mesin mobil banyak terjadi perubahan putaran mesin secara tiba-tiba sehingga pompa injeksi mesti mempunyai kapabilitas untuk sesuaikan perubahan ini dan melindungi sehingga mesin selamanya berfaedah dan nyaman untuk digunakan.

Lantas apa saja kegunaan pompa injeksi pada mesin diesel ini ? Dibawah berikut adalah kegunaan pompa injeksi pada mesin diesel..

1. Menghisap bahan bakar dari fuel tank


Fungsi pompa injeksi pada mesin diesel yang pertama adalah untuk menghisap bahan bakar dari fuel tank. Fungsi ini dilaksanakan oleh komponen pompa injeksi yang disebut dengan priming pump.

Priming pump pada pompa injeksi ada yang dipasang menyatu dan ada pula yang dipasang terpisah. Untuk pompa injeksi type in-line umumnya dipasang menyatu, sedang untuk pompa injeksi type distributor sering dipasang terpisah.

Priming pump ini berfaedah untuk menghisap bahan bakar dari fuel tank (tangki bahan bakar) masuk ke dalam pompa injeksi. Selain itu, priming pump juga menegaskan sehingga bahan bakar yang masuk udah bebas dari gelembung udara yang sanggup mengganggu sistem injeksi bahan bakar.

Dengan begitu, maka bahan bakar bakal dihisap masuk kedalam pompa injeksi tanpa henti sehingga suplai bahan bakar yang dibutuhkan mesin sanggup selamanya terjaga.

2. Mensuplai bahan bakar bertekanan tinggi ke injection nozzle


Fungsi pompa injeksi pada mesin diesel yang kedua adalah untuk mensuplai bahan bakar bertekanan tinggi ke injection nozzle (nosel injektor). Ya, mesin diesel butuh tekanan bahan bakar yang tinggi sehingga sistem pengabutan bahan bakar yang dilaksanakan oleh nosel injektor sanggup terjadi dengan sempurna.

Dengan pengabutan bahan bakar yang sempurna, maka bakal tercipta pula pembakaran sempurna dalam silinder mesin yang juga berimbas dalam menghasilkan tenaga mesin yang optimal.

Di dalam pompa injeksi ini terkandung komponen plunger yang mempunyai kegunaan untuk menghimpit dan mendorong bahan bakar menuju ke delivery pipe. Selama mesin berputar, maka plunger bakal tetap memompa bahan bakar sehingga tercipta tekanan pada bahan bakar.

Untuk menghambat sehingga tekanan bahan bakar tidak turun, maka digunakan katup-katup sebelum delivery pipe yang bakal menghambat bahan bakar masuk lagi ke plunger selagi plunger bergerak turun.

Dengan begitu, setiap plunger memompa bahan bakar ke dalam delivery pipe, maka tekanan bahan bakar bakal meningkat dan jadi tinggi. Bahan bakar bertekanan tinggi inilah yang lantas disalurkan oleh pompa injeksi ke masing-masing injektor nosel malalui delivery pipe.


3. Mengatur selagi penyemprotan bahan bakar


Fungsi pompa injeksi pada mesin diesel yang ketiga adalah untuk sesuaikan selagi penyemprotan bahan bakar kedalam silinder mesin. Pada mesin diesel (konvensional), pompa injeksi bakal sesuaikan selagi kapan nosel injektor mesti menyemprotkan bahan bakar bertekanan tinggi kedalam silinder mesin. Penyemprotan yang dilaksanakan oleh nosel injektor ini terjadi berdasarkan tekanan yang dihasilkan oleh pompa injeksi.

Seperti yang kami ketahui bahwa nosel injektor type konvensional, bakal terhubung katup untuk menyemprotkan bahan bakar selagi tekanan yang diberikan udah melebihi batas tekanan penyemprotan.

Disinilah pompa injeksi bakal berperan dalam sesuaikan tekanan ke delivery pipe yang bakal diberikan untuk masing-masing nosel injektor, sehingga kala udah mendekati timing injeksi, maka tekanan bahan bakar udah memenuhi dan nosel injektor sanggup melakukan injeksi bahan bakar kedalam silinder mesin.

Selain itu, pompa injeksi juga bakal menentukan nosel yang bakal melakukan penyemprotan bahan bakar kedalam silinder mesin. Kondisi ini umumnya juga di menentukan berdasarkan firing order mesin diesel sesuai dengan kuantitas silinder dan konfigurasi mesin yang digunakan.

4. Mengatur kuantitas bahan bakar yang diinjeksikan


Fungsi pompa injeksi pada mesin diesel yang paling akhir kita ketahui adalah untuk sesuaikan kuantitas bahan bakar yang di injeksikan. Di dalam pompa injeksi, anggota plunger mempunyai peran penting tidak cuman untuk sesuaikan distribusi bahan bakar ke nosel injektor. Plunger juga sering difungsikan untuk sesuaikan kuantitas bahan bakar yang mesti di injeksikan kedalam silinder mesin .

Pengaturan kuantitas bahan bakar di plunger ini di gerakan oleh komponen control rod atau rack yang mengenai dengan beban dan kecepatan putaran mesin sehingga kala mesin butuh bahan bakar dalam kuantitas yang banyak maka control rod atau rack bakal menggeser plunger sehingga terhubung keran bahan bakar sehingga mengalir lebih banyak ke dalam nosel injektor.

Dengan begitu, maka pompa injeksi sanggup sesuaikan kuantitas bahan bakar yang diinjeksikan kedalam mesin sesuai dengan perubahan dan keperluan bahan bakar yang dibutuhkan oleh mesin tersebut.



Terima kasih telah membaca kegunaan pompa injeksi pada mesin diesel

Demikian artikel kegunaan pompa injeksi pada mesin diesel kali ini, semoga bisa memberikan inspirasi dan informasi terbaru bagi para pecinta otomotif, nantikan kembali postingan terbaru dari kami, salam.

Artikel kali ini kegunaan pompa injeksi pada mesin diesel alamat link https://www.berita-otomotif.my.id/2021/11/kegunaan-pompa-injeksi-pada-mesin-diesel.html

0 comments:

Post a Comment