Sunday, November 14, 2021

langkah memeriksa dan menyetel timing injeksi bospom l300

langkah memeriksa dan menyetel timing injeksi bospom l300 Kembali bersama Otomotif, Masih seputar otomotif kali ini kita akan membahas mengenai langkah memeriksa dan menyetel timing injeksi bospom l300 , kita coba merangkum beberapa informasi mengenai otomotif. semoga artikel yang disajikan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat pecinta otomotif.

Judul : langkah memeriksa dan menyetel timing injeksi bospom l300
link : langkah memeriksa dan menyetel timing injeksi bospom l300

Baca juga


langkah memeriksa dan menyetel timing injeksi bospom l300

Pada mesin diesel, timing injeksi punyai peran penting supaya mesin mampu hidup dan berputar bersama baik, normal, dan juga bertenaga. Timing injeksi merupakan kala penginjeksian bahan bakar (solar) yang waktunya telah ditetapkan oleh pihak pabrikan tentang bersama tipe mesin yang digunakan.

Timing injeksi pada mesin diesel mampu dikerjakan penyetelan secara manual, terutama untuk mesin diesel yang mengfungsikan bospom (pompa injeksi) tipe mekanikal. Namun, kekeliruan jalankan penyetelan timing injeksi ini mampu berakibat tidak baik pada mesin.

cara menyetel bospom L300 diesel

Jika timing injeksi benar-benar awal dapat membuat diesel knocking, tetapi jika benar-benar mundur dapat membuat tekanan maksimum di di dalam silinder dapat menurun, supaya tenaga mesin berkurang dan meningkatnya pemanfaatan bahan bakar supaya lebih boros

Pada artikel kali ini, Kita dapat mencoba sharing ilmu perihal bagaimana langkah memeriksa dan menyetel timing injeksi bospom mobil mitsubishi colt L300. Berikut langkah memeriksa dan menyetel timing injeksi bospom L300

I. Pemeriksaan timing injeksi bospom l300 diesel


Untuk memeriksa dan menyetel bospom L300 tentang timing injeksi di perlukan sebuah alat tertentu bernama prestroke measuring adapter yang dipasangkan bersama Dial gauge. Alat ini berfaedah untuk memeriksa putaran timing check valve di di dalam bospom L300. Perhatikan wujud nya di bawah selanjutnya ini
prestroke measuring tool

Berikut adalah beberapa langkah memeriksa timing injeksi bospom L300 diesel

1. Lepas cover atas penutup timing belt

Lepas cover atas penutup timing belt untuk memudahkan kami kala melihat sinyal timing pada anggota camshaft.

2. Atur posisi piston cylinder nomer 1 ada di posisi top 1

atur posisi top 1

Luruskan sinyal timing yang ada di sprocket camshaft supaya segaris bersama timing mark. Selanjutnya luruskan pula sinyal timing yang ada di pulley crankshaft (dumper pulley)

3. Buka baut penutup timing check valve

lepas baut penutup timing check valve

Buka baut penutup timing check valve yang ada di anggota belakang bospom pas di tengah-tengah pipa injeksi. Lepaskan pula gasket kuningannya.

4. Pasang Special Tool Prestroke measuring adapter

Sebelum memasang special tool bernama prestroke measuring adapter ini, pastikan ukuran pushrod yang nampak berjarak 10 mm (1cm). Pasang termasuk dial gauge di anggota belakang prestroke ini.
Pasang special tool

Setelah teristimewa tool siap, pasanglah alat ini pada lubang baut timing check valve yang telah kami buka bautnya di langkah ke 3. Putar alat prestroke ini hingga ulir masuk penuh di lubang membuat check valve ada bospom perhatikan posisi alat yang dipasang seperti pada gambar diatas.

5. Putar crankshaft 30 derajat sebelum akan TDC

Putar crankshaft berlawanan arah jarum jam (ke kiri) kira-kira 30 derajat dari posisi top 1 (TDC). Sehingga kami dapat menemukan 30 derajat sebelum akan TDC pada piston top 1.
buat 30 derajat seblum top

Perhatikan jarum pada dial gauge. Temukan posisi putaran di mana jarum dial gauge ini berhenti bergerak. Jika tidak cukup yakin putar sedikit ke kiri atau kekanan untuk menegaskan jarum dial gauge ini telah benar-benar tidak bergerak.

6. Putar Ring pada dial gauge dan arahkan ke angka 0

Putarlah ring angka yang ada pada dial gauge dan arahkan angka 0 (nol) ke jarum dial gauge. Lalu pastikan ulang jarum tidak bergerak kala kami putar crankshaft 2-3 derajat ke kanan dan ke kiri.

7. Putar crankshaft sebanyak 1 putaran jarum dial gauge

putar crankshaft hingga jarum dial gauge berputar1 putaran penuh

Setelah jarum pada dial gauge telah benar-benar tidak bergerak dan posisi angka nol telah pas pada jarum dial gauge, sesudah itu adalah memutar crankshaft searah jarum jam (ke kanan) sebanyak satu (1) putaran jarum dial gauge.

8. Perhatikan sinyal timing pada pulley crankshaft

baca hasil pengecekan timing injeksi

Setelah crankshaft diputar sebanyak satu putaran jarum dial gauge, periksalah sinyal timing yang ada pada pulley crankshaft. Injection timing untuk mesin 4D56 (L300) yang normal adalah 9°ATDC. Jika posisi sinyal timing pada pulley crankshaft tidak pas pada posisi 9°ATDC, maka timing injeksi perlu dikerjakan penyetelan.

Baca termasuk :

II. Penyetelan timing injeksi bospom L300 diesel


Jika kala pemeriksan timing injeksi bospom L300 ini nilai dari timing tidak sesuai standar (yaitu lebih atau tidak cukup dari 9°ATDC), maka dibutuhkan penyetelan supaya timing injeksi sesuai bersama nilai standarnya. Berikut beberapa langkah menyetel bospom L300 untuk timing injeksinya

1. Beri sinyal posisi bospom sebelum akan di setel

Beri sinyal posisi pada bospom bersama mengfungsikan spidol, tipe-x , dan lainnya untuk memilih posisi bospom sebelum akan dikerjakan penyetelan. Penandaan ini berfaedah untuk memudahkan pengembalian posisi bospom ke posisi pada mulanya jika hasil penyetelan tidak sesuai bersama kebutuhan.

2. Kendorkan semua baut pipa injeksi dibelakang bospom L300

kendorkan baut dan pipa

Kendurkan semua baut pipa injeksi yang ada dibelakang bospom L300 (ada 4 baut pipa). Kendorkan saja tidak perlu hingga dilepas.

3. Kendorkan baut pemegang bospom L300 ( baut injection pump)

Kendorkan semua baut pengikat bospom yang terletak di segi kanan dan kiri bospom, dan juga dua buah baut di anggota bawah bospom yang dipasang pada sebuah bracket.

4. Geser bodi bospom untk menyetel timing injeksi

geser body bospom untuk penyetelan

Untuk menyetel timing injeksi, ganti bodi bospom kearah di dalam (mendekati mesin) untuk injeksi timing yang kala pengecekan nilainya lebih dari 9°ATDC. Sedangkan untuk timing injeksi yang kala pengecekan nilainya tidak cukup dari 9°ATDC, ganti bodi bospom ke arah luar (menjauhi mesin). Jika sudah, kencangkan kala baut pengikat bospom untuk menahan bospom bergeser.

5. Lakukan ulang pengecekan timing injeksi bospom L300

Lakukan ulang beberapa langkah pengecekan timing injeksi bospom L300 seperti yang telah dikerjakan pada mulanya pada langkah pengecekan timing injeksi terasa dari langkah nomer 5 hingga langkah nomer 8 pada anggota langkah memeriksa timing injeksi.

Pastikan pada kala pemeriksaan, nilai penyetelan timing injeksi bospom L300 ini telah pas berada pada posisi 9°ATDC. Jika belum, jalankan peyetelan ulang ulang seperti langkah penyetelen yang telah dijelaskan diatas.

6. Kencangkan semua baut pengikat dan baut pipa injeksi

Setelah selesai penyetelan timing injeksi, kencangkan ulang baut pengikat bospom dan juga 4 baut pipa injeksi. Lakukan bersama hati-hati untuk mencgah bospom bergeser bersama sendirinya kala pengencangan.

7. Lepaskan special tool dan kencangkan baut timing check valve

Lepaskan special tool dan pakai dan juga kencangkan ulang baut timing check valve yang ada di belakang bospom ini, janga lupa pakai termasuk gasket kuningan pada baut tersebut.

8. Pasang cover timing belt atas dan periksa kebocoran bahan bakar

Pasang dan kencangkanlah ulang cover timing belt atas. Pastikan semua komponen pengecekan dan penyetelan timing injeksi bospom L300 telah benar lantas hidupkan mesin peranan jalankan pengecekan kebocoran bahan bakar. Pastikan tidak ada bahan bakar yang bocor pada pipa-pipa injeksi dan baut timing.

Lakukan langkah memeriksa dan menyetel timing injeksi bospom l300 ini bersama hai-hati dan mengfungsikan alat yang benar. Jika curiga atau terasa tidak bisa, jalankan penyetelan pada bengkel atau mekanik yang telah teman akrab percayakan. Kita tidak bertanggung jawab pada kerugian yang terjadi, baca disclaimer blog ini



Terima kasih telah membaca langkah memeriksa dan menyetel timing injeksi bospom l300

Demikian artikel langkah memeriksa dan menyetel timing injeksi bospom l300 kali ini, semoga bisa memberikan inspirasi dan informasi terbaru bagi para pecinta otomotif, nantikan kembali postingan terbaru dari kami, salam.

Artikel kali ini langkah memeriksa dan menyetel timing injeksi bospom l300 alamat link https://www.berita-otomotif.my.id/2021/11/langkah-memeriksa-dan-menyetel-timing.html

0 comments:

Post a Comment