Thursday, November 11, 2021

langkah mengemudi mobil di tikungan

langkah mengemudi mobil di tikunganKembali bersama Otomotif, Masih seputar otomotif kali ini kita akan membahas mengenai langkah mengemudi mobil di tikungan, kita coba merangkum beberapa informasi mengenai otomotif. semoga artikel yang disajikan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat pecinta otomotif.

Judul : langkah mengemudi mobil di tikungan
link : langkah mengemudi mobil di tikungan

Baca juga


langkah mengemudi mobil di tikungan

Bagi anda yang telah punya kebiasaan mengendarai dan mengemudikan mobil, berbelok di bermacam style tikungan sudah pasti tidak bakal mengalami kesulitan. Akan lain halnya bagi pengemudi pemula yang baru studi mengemudikan mobil, berbelok dan menikung merupakan tantangan tersendiri yang lumayan mendebarkan.

Selain bisnis untuk sesuaikan feeling pada lebar mobil, langkah mengoper gigi , cara belok yang benar, dan juga langkah menginjak pedal kopling supaya mesin tidak mati pada mobil yang tengah dikendarai. Yang pasti dan tentunya, mereka tidak menginginkan mobil yang tengah digunakan untuk berlatih menjadi rusak ataupun penyok karena tertabrak dan bersenggolan.

Oleh karena itu, diperlukanlah teknik dan langkah mengemudi mobil di tikungan bersama langkah yang benar, bagaimana caranya ? Di artikel kita kali ini, kita bakal mengumumkan bagaimana langkah mengemudi mobil di tikungan yang benar, selamat membaca

cara mengemudi mobil di tikungan

Sebagai tambahan, supaya mobil yang kita kemudikan senantiasa dapat dikendalikan supaya aman untuk masuk dan nampak tikungan, maka kita bakal membaginya menjadi tiga kondisi, yaitu sebelum saat di tikungan, sementara di tikungan dan sehabis tikungan

#1. Sebelum masuk tikungan


Hal paling penting selama mengemudi mobil adalah keselamatan, baik diri sendiri maupun orang lain. Oleh karena itu, sebelum saat mengemudi mobil di tikungan, anda mesti jalankan sebagian persiapan sebelum saat masuk dan berbelok di tikungan yaitu

1. Menyalakan lampu sein

Saat yang tepat untuk menyalakan lampu sein kiri atau kanan adalah 10-15 detik sebelum saat memasuki tikungan. Kurang lebihnya lebih kurang 30 meter sebelum saat berbelok. Dengan begitu pengendara lain yang berada di depan atau dibelakang kita dapat sesuaikan kecepatan dan dapat menambahkan peluang kita untuk berbelok ke arah yang kita tuju.

2. Kurangi kecepatan kendaraan

Setelah menambahkan tanda untuk pengendara lain bersama menyalakan lampu sein, langkah selanjutnya adalah kurangi kecepatan laju kendaraan. Mengurangi kecepatan mobil sebelum saat masuk tikungan bakal memudahkan kita untuk mengendalikan arah kendaraan supaya senantiasa cocok bersama arah yang bakal kita tuju.

3. Jika dibutuhkan turunkan gigi persneling

Menurunkan gigi persneling ke tingkat yang lebih rendah bakal mendukung kita supaya mobil tambah mudah dikendalikan, tak hanya itu turunkan gigi persneling dapat mendukung kendaraan supaya tidak kehilangan tenaga sementara nampak berasal dari tikungan.

Jika telah berada pada gigi paling rendah dan mobil anda tengah didalam kecepatan rendah termasuk (contoh : menikung di lingkungan komplek perumahan), maka anda tidak mesti kembali untuk turunkan gigi persneling.

4. Perhatikan kendaraan dibelakang lewat kaca spion

Langkah terakhir sebelum saat mobil berbelok di tikungan adalah bersama mencermati suasana kendaraan di belakang anda lewat kaca spion.

Perhatikan kaca spion kendaraan anda saat bakal berbelok. Jika suasana kosong dan aman maka anda dapat segera berbelok, tapi jikalau tidak maka tunggulah sementara untuk menegaskan suasana anda aman untuk berbelok.

#2. Saat di tikungan


Cara belok mobil 90 derajat tentulah berbeda bersama langkah belok mobil 180 derajat. Berbelok 90 derajat umumnya dikerjakan pada persimpangan jalan, sedang untuk belok 180 derajat dikerjakan pada U-Turn (putar balik)

Untuk berbelok 90 derajat kuantitas putaran setir umumnya 1-2x putaran, sedang untuk berbelok 180 derajat kuantitas putaran stir dapat lebih berasal dari 2x putaran (putar penuh). Namun itu semua terkait berasal dari style kendaraan dan tikungan yang dilalui.

Kunci berasal dari langkah mengemudi mobil manual di tikungan adalah bersama memainkan pedal kopling untuk sesuaikan pergerakan mobil. Tekan pedal kopling untuk mencegah mesin mati, terlepas pedal kopling untuk memajukan mobil secara perlahan.

Setelah persiapan sebelum saat masuk tikungan telah kita jalankan dan telah benar-benar aman untuk dapat berbelok, maka langkah seterusnya yang mesti anda jalankan sementara di tikungan adalah sebagai berikut

1. Belok sehabis 1/2 panjang mobil

Ketika anda menginginkan berbelok, biarkan 1/2 panjang mobil anda melalui sudut tikungan lebih-lebih untuk tikungan yang memiliki sudut belok sebesar 90 derajat. Hal ini punya tujuan supaya mobil anda dapat melalui tikungan tanpa takut tersangkut di bagian tengah badan mobil.

2. Putar penuh setir searah jalan yang dituju

Setelah 1/2 mobil anda melalui sudut tikungan, maka putar penuh setir 2x searah bersama jalan yang anda tuju untuk mendapatkan belokan yang sempurna. Misalnya belok ke kiri maka putar penuh setir 2x kearah kiri, begitu termasuk sebaliknya.

Penguasaan pada stir mobil dan juga jelas bersama baik seberapa banyak kuantitas putaran setir bakal benar-benar mendukung pemula sementara berada di tikungan.

3. Perhatikan suasana mobil sementara berbelok

Langkah seterusnya adalah mencermati suasana lebih kurang mobil saat berbelok. Bagian depan mobil dan juga bagian segi yang searah bersama arah beloknya mobil menjadi bagian yang mesti anda perhatikan.

Perhatikan suasana lewat kaca spion sepintas saja sambil senantiasa mempertahankan arah kendaraan supaya senantiasa searah bersama jalan. Jika dibutuhkan kembalikan posisi stir supaya mobil melaju searah bersama arah tikungan yang telah dilalui.

Selain itu, mencermati termasuk suasana lalu lintas di jalan yang telah anda ambil untuk berbelok, pastikan suasana lalu lintas telah aman berasal dari kedua segi jalan area anda berbelok.

#3. Setelah melalui tikungan


Ketika posisi mobil telah melalui tikungan bersama aman dan lancar, langkah terkahir yang mesti dikerjakan adalah sesuaikan kecepatan yang aman dan mengarahkan laju mobil anda supaya senantiasa melaju cocok di jalan yang benar

Baca termasuk :

Tips sementara membelok di tikungan


Membelok di tikungan di jalan raya untuk pemula sangatlah berbahaya jikalau tidak didampingi oleh instruktur mengemudi dan gunakan mobil yang dirancang untuk kursus mobil. oleh karena itu mesti diperhatikan hal-hal berikut saat berbelok di tikungan
  1. Hindari untuk memotong dan mengambil jalan kendaraan lain, berusahalah untuk senantiasa mempertahankan laju mobil senantiasa pada jalan kendaraan anda yang semestinya.

  2. Pastikan suasana lalu lintas di lebih kurang aman untuk berbelok, mencermati bersama seksama sekiranya banyak pengendara motor yang berada di lebih kurang mobil anda, kadang waktu dapat secara tiba-tiba memotong lajur kendaraan anda, usahakan untuk senantiasa berhati-hati.

Gambar berikut adalah contoh berbelok di tikungan yang benar
cara mengemudi mobil di tikungan
Ilustrasi berbelok di tikungan yang benar (sumber: saft7.com)

Gambar berikut adalah contoh berbelok di pertigaan jalan yang benar
cara mengemudi mobil di tikungan pertigaan
ilustrasi berbelok di petigaan yang benar (sumber: saft7.com)



Terima kasih telah membaca langkah mengemudi mobil di tikungan

Demikian artikel langkah mengemudi mobil di tikungan kali ini, semoga bisa memberikan inspirasi dan informasi terbaru bagi para pecinta otomotif, nantikan kembali postingan terbaru dari kami, salam.

Artikel kali ini langkah mengemudi mobil di tikungan alamat link https://www.berita-otomotif.my.id/2021/11/langkah-mengemudi-mobil-di-tikungan.html

0 comments:

Post a Comment