Saturday, November 13, 2021

langkah mengoper gigi mobil manual untuk pemula

langkah mengoper gigi mobil manual untuk pemulaKembali bersama Otomotif, Masih seputar otomotif kali ini kita akan membahas mengenai langkah mengoper gigi mobil manual untuk pemula, kita coba merangkum beberapa informasi mengenai otomotif. semoga artikel yang disajikan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat pecinta otomotif.

Judul : langkah mengoper gigi mobil manual untuk pemula
link : langkah mengoper gigi mobil manual untuk pemula

Baca juga


langkah mengoper gigi mobil manual untuk pemula

Ketika kami baru belajar menyetir mobil, tersedia sebagian hal yang kerap menyebabkan kami sedikit kuatir disaat merasa duduk dibelakang kemudi. Beberapa diantaranya adalah penyesuaian feeling pada lebar mobil bersama dengan jalan, mengoper gigi pas melaju, menyesuaikan keseimbangan antara pedal gas dan kopling sehingga mesin mobil tidak mati, dan sebagian hal perlu lainnya.

Semua hal itu tentu harus dipelajari dan dipraktekkan terus menerus, sudah pasti sehingga makin lancar sehingga kemahiran mengemudi mobil mampu makin cepat.

Salah satu hal yang kerap jadi rintangan bagi para pemula yang baru belajar mengemudi mobil manual adalah langkah mengoper gigi persneling mobil manual tersebut.

cara mengoper gigi mobil manual

Ya, ketidak hafalan pengemudi pemula terkait posisi dan juga langkah memindahkan gigi dari gigi satu ke gigi yang lainnya mampu jadi rintangan disaat berlatih mengemudi yang sesungguhnya di jalan raya.

Oleh sebab hal tersebut, kali ini kami akan menambahkan tips dan langkah untuk berlatih mengoper dan memindahkan gigi persneling pada mobil manual

Cara berlatih memindahkan persneling mobil manual


Sebelum kamu belajar mengemudi mobil manual segera dijalan, tersedia baiknya kamu melakukan latihan mengoper gigi terlebih dahulu pas mesin mobil di dalam kondisi mati.

Simulasikan pemindahan gigi layaknya Anda sedang mengemudi mobil di jalan raya, merasa dari gigi 1 sampai gigi 5 yang disertai pula bersama dengan menghimpit pedal kopling pada tiap-tiap perpindahannya.

Selain itu, tersedia tiga hal perlu yang harus kami ketahui dan melakukan sebelum mengoper gigi mobil manual

  1. Ambil sikap tenang dan jangan grogi pas mengoper gigi

  2. Selalu injak penuh pedal kopling sekaligus angkat kaki dari pedal gas sebelum mengoper gigi

  3. Pahami dan kenali kondisi masuknya gigi yang benar (posisi pas kebanyakan ditandai layaknya merasa tersedia "klek" ditangan)

Setelah kami paham tiga kondisi perlu yang harus kami kuasai pas mengoper gigi mobil manual, langkah setelah itu adalah menghafal dan melancarkan langkah mengoper gigi pada mobil manual berikut bersama dengan baik dan benar

Gigi Netral (N)

Gigi netral ini letaknya tersedia di tengah-tengah. Untuk meyakinkan posisi gigi netral, kamu mampu menggeser tuas persneling ke kanan dan ke kiri secara mudah dan mudah. Selain itu, terkecuali mobil sedang berada pada pada posisi gigi netral, mobil tidak akan terjadi kendati kamu menghimpit pedal gas sedalam-dalamnya.

Gigi Satu (1)

Gigi 1 terdapat di sebelah kiri atas, merupakan gigi terendah tetapi punya torsi terbesar satu diantara gigi maju lainnya. Untuk masuk ke gigi satu (1), yang harus kamu melakukan adalah
  1. Injak penuh pedal kopling

  2. Geser tuas persneling ke kiri sampai merasa mentok

  3. Dorong ke depan ikuti arah angka 1

  4. Lepaskan perlahan pedal kopling sehingga mobil berjalan


Gigi Dua (2)

Gigi 2 posisinya tersedia di sebelah kiri bawah. Untuk masuk ke gigi Dua (2) dari posisi gigi satu (1), yang harus kamu melakukan adalah
  1. Injak penuh pedal kopling

  2. Tahan tuas persneling sehingga selalu tersedia diposisi kiri

  3. Dorong tuas persneling ke arah belakang ikuti arah angka 2

  4. Lepaskan perlahan pedal kopling sehingga mobil berjalan


Gigi Tiga (3)

Gigi 3 terdapat disisi sedang atas. Untuk masuk ke gigi tiga (3) dari posisi gigi dua (2), yang harus kamu melakukan adalah
  1. Injak penuh pedal kopling

  2. Dorong tuas persneling sedikit kedepan (sedikit saja sehingga tidak kembali masuk gigi 1)

  3. Geser tuas persneling sedikit ke kanan

  4. Dorong tuas persneling ke depan mengkuti arah angka 3

  5. Lepaskan perlahan pedal kopling sehingga mobil berjalan


Gigi Empat (4)

Gigi 4 terdapat disisi sedang bawah. Untuk masuk ke gigi empat (4) dari posisi gigi tiga (3), yang harus kamu melakukan adalah
  1. Injak penuh pedal kopling

  2. Dorong tuas persneling lurus ke arah belakang menuju angka 4

  3. Lepaskan perlahan pedal kopling sehingga mobil berjalan


Gigi Lima (5)

Gigi 5 posisinya tersedia di sebelah kanan atas, merupakan gigi tertinggi bersama dengan torsi terkecil satu diantara gigi lainnya Untuk masuk ke gigi lima (5) dari posisi gigi empat(4), yang harus kamu melakukan adalah
  1. Injak penuh pedal kopling

  2. Dorong tuas persneling sedikit kedepan (kembali ke posisi tengah)

  3. Geser tuas persneling sedikit ke kanan

  4. Dorong tuas persneling ke depan mengkuti arah angka 5

  5. Lepaskan perlahan pedal kopling sehingga mobil berjalan


Gigi Mundur (R)

Untuk gigi mundur (R), harus diketahui bahwa tersedia 2 jenis tuas gigi persneling mobil manual yang kami ketahui (dari sebagian jenis yang ada) terkait letak dan posisi gigi mundur (R), yaitu
  1. Gigi mundur (R) disisi kanan

  2. Gigi mundur (R) disisi Kiri


Model #1 ; Gigi Mundur (R) disisi kanan bawah

Tuas persneling jenis #1 ini adalah tuas persneling yang letak gigi mundurnya (R) tersedia di sebelah kanan pas di bawah gigi 5.
Tuas persneling gigi mundur di bawah gigi 5
Tuas persneling jenis ini umum digunakan dibanyak mobil, contohnya layaknya pada mobil avanza dan xenia. Untuk penggunaannya, tidak tersedia langkah yang spesial dan sama layaknya memindahkan tuas ke posisi gigi lainnya.

Untuk masuk ke gigi mundur (R) dari posisi gigi netral (N) pada tuas persneling jenis #1 ini yang harus kamu melakukan adalah

  1. Injak penuh pedal kopling

  2. Geser tuas persneling ke arah kanan sampai merasa mentok

  3. Dorong tuas ke belakang ikuti arah huruf R

  4. Lepaskan perlahan pedal kopling sehingga mobil berjalan


Model #2 ; Gigi Mundur (R) disisi kiri atas

Tuas persneling jenis #2 ini adalah tuas persneling yang letak gigi mundurnya (R) tersedia di sebelah kiri atas pas disamping kiri gigi 1.
Tuas persneling gigi mundur di sebelah kiri dekat gigi 1
Tuas persneling jenis layaknya ini tersedia di sebagian jenis mobil diantaranya layaknya Chevrolet Spin dan Chevrolet Spark termasuk Toyota Sienta.

Untuk masuk ke gigi mundur (R) dari posisi gigi netral (N) pada tuas persneling jenis #2 ini yang harus kamu melakukan adalah

  1. Injak penuh pedal kopling

  2. Angkat ke atas ring yang tersedia di bawah Tuas persneling bersama dengan jari telunjuk dan jari tengah

  3. Geser tuas persneling ke arah kiri sambil mencegah ring yang sebelumnya ditarik keatas

  4. Dorong tuas ke depan ikuti arah huruf R

  5. Lepaskan perlahan pedal kopling sehingga mobil berjalan


Cara memindahkan gigi persneling pas mobil berjalan


Kalau kami udah lancar mengoper dan memindahkan gigi pas mobil diam, maka langkah setelah itu yang harus dipelajari adalah langkah untuk memindahkan gigi persneling pas mobil sedang berjalan. Bagaimana caranya ? Simak langkah memindahkan gigi pas mobil terjadi layaknya dibawah ini.
  1. Biarkan mobil melaju (sebagai perumpamaan pas ini, transmisi berada di gigi 2).

  2. Tekan pedal gas perlahan sampai kecepatan mobil dan rpm mesin bertambah.

  3. Saat putaran rpm mesin berada diangka 2200 rpm (lihat tachometer di dashboard), lepas injakan kaki kanan dari pedal gas, kaki kiri tekan penuh pedal kopling.

  4. Pindahkan tuas persneling dari gigi 2 ke 3.

  5. Lepas pedal kopling sambil perlahan menghimpit pedal gas untuk menyesuaikan putaran mesin bersama dengan kecepatan mobil.

  6. Begitu seterusnya.


Baca termasuk :

Menurunkan dan kurangi gigi mobil


Saat melakukan pemindahan gigi persneling , sebaiknya selalu memperhatikan kecepatan mobil dan rpm mesin (lihat pada speedometer dan tachometer). Untuk oper gigi naik (menaikkan gigi persneling) kebanyakan tidak sangat banyak masalah, tetapi untuk turunkan gigi, melakukan bersama dengan hati-hati.
Patokan utama untuk kurangi gigi mobil adalah kecepatan laju kendaraan.

Perhatikan kecepatan maksimal mobil untuk turunkan gigi persneling yang direkomendasi pada buku petunjuk penggunaan mobil, hal ini perlu untuk diingat sebab masing-masing mobil punya batasan yang berlainan terkait kecepatan terendah yang mampu di toleransi oleh transmisi .

Sebagai contoh, jangan turunkan gigi persneling ke posisi paling rendah (gigi 1 atau gigi 2) disaat kecepatan mobil lebih dari 50 km/jam.

Lakukan pemindahan gigi ke gigi yang lebih rendah sehabis kecepatan mobil berada pada kecepatan yang direkomendasi pada buku petunjuk tersebut.

Kesalahan memasang posisi gigi persneling pada kecepatan mobil yang tidak cocok mampu menyebabkan rusaknya yang fatal pada mesin dan transmisi.

Jika Anda rajin berlatih memindahkan gigi persneling disaat mobil sedang berjalan, maka akan makin cepat pula Anda mahir mengemudikan mobil manual. Seiring berjalannya pas maka tentang memindahkan gigi ini tidak kembali ada problem dan apalagi akan jadi kebiasan yang tidak kembali harus Anda hiraukan bagaimana caranya.



Terima kasih telah membaca langkah mengoper gigi mobil manual untuk pemula

Demikian artikel langkah mengoper gigi mobil manual untuk pemula kali ini, semoga bisa memberikan inspirasi dan informasi terbaru bagi para pecinta otomotif, nantikan kembali postingan terbaru dari kami, salam.

Artikel kali ini langkah mengoper gigi mobil manual untuk pemula alamat link https://www.berita-otomotif.my.id/2021/11/langkah-mengoper-gigi-mobil-manual.html

0 comments:

Post a Comment