Tuesday, December 21, 2021

10 jenis dan wujud tang

10 jenis dan wujud tangKembali bersama Otomotif, Masih seputar otomotif kali ini kita akan membahas mengenai 10 jenis dan wujud tang, kita coba merangkum beberapa informasi mengenai otomotif. semoga artikel yang disajikan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat pecinta otomotif.

Judul : 10 jenis dan wujud tang
link : 10 jenis dan wujud tang

Baca juga


10 jenis dan wujud tang

Tang merupakan keliru satu peralatan kerja tangan yang banyak digunakan di bengkel-bengkel otomotif dan biasanya dibikin berasal dari bahan baja kuat bersama dengan pelapis karet pada bagian gagangnya. Secara lazim ada dua faedah tang yang diketahui, yaitu untuk memegang benda kerja atau digunakan memotong benda kerja.

Meskipun begitu, faedah tang pastinya disesuaikan bersama dengan wujud dan jenis yang dimilikinya. Setidaknya terkandung lebih berasal dari 10 jenis dan wujud tang, begitupula bersama dengan fungsinya. Namun secara umum, tang mempunyai wujud layaknya huruf X yang di bagian gagangnya mempunyai ukuran yang lebih panjang dibanding pada bagian rahangnya.

macam-macam tang dan fungsinya

Nah, pada artikel kali ini, kita bakal sharing Info mengenai macam-macam tang dan fungsinya yang lazim digunakan pada bengkel-bengkel otomotif. Simak macam-macam tang dang fungsinya di bawah ini.

1. Tang kombinasi (Combination plier)


tang kombinasi - combination plier

Tang kombinasi yang dikenal bersama dengan nama kerennya "Combination Plier" merupakan tang yang paling lazim kita temukan dimanapun, baik dirumah ataupun di begkel-bengkel otomotif. Tang kombinasi adalah tang yang di desain untuk mempunyai sebagian faedah di dalam satu tang.

Karena mempunyai desain bervariasi di dalam satu alat, tang kombinasi ini mempunyai banyak kegunaan, selanjutnya sebagian faedah tang kombinasi yang sanggup kita temukan :

  • Memegang, menjepit, dan menggulung kawat besi atau baja (pada bagian ujung tang kombinasi yang bersifat kotak bergerigi)

  • Menjepit dan mencengkram pipa diameter kecil, mur, kepala baut, dan sejenisnya (pada bagian tengah tang kombinasi yang mempunyai rongga bergerigi)

  • Memotong kabel atau kawat lunak dan sejenisnya (pada bagian di dalam tang kombinasi dekat bersama dengan engsel tang yang bersifat mata pisau di ke dua sisinya)

  • Memotong kabel atau kawat keras dan sejenisnya (pada sisi belakang di dalam tang kombinasi dekat engsel)

2. Tang potong (Side cutting plier)


tang potong - side cutting plier

Tang potong (side cutting plier) mempunyai wujud pada bagian ujung kepala tang yang melonjong dan mempunyai rahang yang tajam. Fungsi tang potong adalah untuk memotong kawat, memotong selang atau pipa berdiameter kecil, mengkaji kabel, hingga logam-logam lunak layaknya alumunium ataupun tembaga. Sesuai namanya, tang potong jenis ini digunakan untuk memotong benda kerja berasal dari sisi samping.

Selain itu, tang potong termasuk sanggup digunakan untuk target lain layaknya jikalau untuk membiarkan dan memasang cotter pin yang lazim dipasang pada baut tie rod atau mur as roda. Hindarilah memotong benda-benda logam yang keras dikarenakan sanggup menyebabkan kerusakan rahang tang.

3. Tang lancip (Long nose plier)


tang lancip - long nose plier

Tang lancip (Long nose plier) mempunyai nama lain tang cucut atau tang buaya dikarenakan pada bagian rahang tang dibentuk memanjang dan meruncing (lancip) bersama dengan permukaan penggenggam yang bergerigi persis layaknya moncong buaya.

Fungsi tang lancip adalah untuk menjepit benda-benda yang kecil atau untuk menjepit benda-benda pada area yang sempit. Selain itu, tanglancip termasuk sanggup digunakan untuk membengkokkan atau membentuk kabel dan lembaran besi lunak.

Pada bagian di dalam berasal dari rahang tang lancip ini termasuk kerap ditambah bersama dengan rahang tajam layaknya pada cutting plier yang sanggup digunakan untuk memotong kabel tembaga ataupun kawat.

4. Tang lanjutan slip (Slip joint plier)


tang lanjutan slip - slip joint plier

Tang lanjutan slip (slip joint plier) merupakan tang yang lazim dimiliki nyaris semua orang dikarenakan tang ini disajikan sebagai bonus bersama dengan sebagian kunci-kunci lainnya kala belanja kendaraan layaknya motor atau mobil.

Fungsi tang lanjutan slip adalah untuk menjepit dan mencengkram benda-benda kerja yang bersifat kawat, pipa dameter kecil ataupun plat.

Kelebihan berasal dari tang lanjutan slip ini adalah ukuran rahangnya yang sanggup diperbesar. Caranya bersama dengan menggeser keliru satu tangkai tang agar pin yang bermanfaat sebagai pivot sanggup berganti kelubang pada tangkai lainnya.

Dengan begitu, maka tang lanjutan slip ini sanggup digunakan untuk mencengkram pipa bersama dengan diamater yang lebih besar berasal dari sebelumnya.

5. Tang air (Water pump plier)


waterpump plier

Penyebutan tang air sesungguhnya kurang umum, banyak orang yang menyebut tang jenis ini sebagai tang burung, waterpump plier, atau interlocking joint plier. Fungsi waterpump plier ini adalah untuk mencengkram atau untuk memutar benda-benda berukuran memadai besar layaknya pipa air bersama dengan diameter yang besar. Selain itu, waterpump plier ini termasuk kerap digunakan untuk menjepit klem pengikat berukuran besar layaknya klem pada selang radiator.

Pada bagian tangkai tang waterpump plier ini terkandung slot-slot dan pin agar tangkai yang satu sanggup digeser cocok bersama dengan permohonan kita. Dengan mengeser tangkai pada tang waterpump ini, maka kita bakal meraih ukuran bukaan rahang tang yang berbeda.

Semakin jauh tangkai digeser, maka ukuran bukaan rahang tang waterpump ini termasuk bakal semakin besar. Hal inilah yang membuatnya menjadi lebih fleksibel kala digunakan sebagai tang pipa air.

6. Tang catut (End cutting plier)


tang catut - end cutting plier

Tang catut / geget lebih dikenal bersama dengan nama tang kakak tua dikarenakan jenis rahannya yang menyerupai paruh burung kakak tua. Namun begitu, tang catut ini mempunyai nama keren lainnya yaitu end cutting plier. Fungsi tang catut ini adalah untuk memotong kawat atau tembaga berasal dari ukuran kecil hingga sedang.

Jika pada tang potong kita memotong benda kerja berasal dari samping, maka untuk tang catut ini kita sanggup memotong benda kerja berasal dari bagian ujungnya (end). Oleh karenanya, kita termasuk sanggup menggunakan tang catut ini sebagai alat untuk mencabut paku.

7. Tang buaya (vice grip)


tang buaya - vice grip

Tang buaya termasuk dikenal bersama dengan sebutan vice grip, tang cepret , atau di dalam bahasa inggrisnya dikenal sebagai locking pliers. Fungsi vice grip / tang buaya ini adalah untuk mencengkram dan menahan benda kerja bersama dengan terlampau kuat agar tidak ringan berganti kala dilakukan pengerjaan layaknya jikalau pengelasan, menggerinda, membor atau memotong.

Ya, tang buaya mempunyai mekanisme pengunci yang bakal mengunci benda yang dijepit bersama dengan terlampau kuat kala rahang tang disatukan. Untuk membiarkan jepitan rahang tang buaya ini kita memadai menarik tuas pengunci hngga jepitan terlepas.

Pada bagian belakang tang ini terkandung sekrup pemutar yang bermanfaat untuk mengatur besarnya bukaan rahang berasal dari tang buaya ini agar sanggup digunakan untuk benda kerja yang berukuran memadai tidak tipis atau besar.

Baca termasuk :

8. Tang kupas kabel (Crimping plier)


tang kupas kabel - crimping plier

Fungsi tang kupas kabel adalah untuk memoton dan mengkaji kulit kabel. Bentuk berasal dari tang kupas kabel ini beragam, tapi yang paling lazim digunakan pada bengkel otomotif adalah tang yang kita tampilkan pada gambar datas.

Pada bagian depan rahang tang biasanya terkandung alat yang dibentuk sedemikian rupa untuk sanggup digunakan sebagai alat pengunci terminal ke kabel, namun pada bagian tengah rahang tang kupas kabel ini terkandung lubang-lubang bersama dengan diameter beragam, jadi berasal dari ukuran kecil hingga sedang.

Lubang-lubang ini bakal terbentuk kala rahang tang dijepitkan. Fungsinya, digunakan untuk mengkaji kabel cocok bersama dengan diameter kabel yang menginginkan dikupas. Dengan begitu, maka kulit kabel sanggup dipotong dan dikupas agar hanya menyisakan kawat tembaganya saja.

9. Tang Rivet (Rivet plier)


tang rivet

Fungsi tang rivet adalah untuk memasang paku rivet dan mengencangkannya pada benda kerja. Untuk menggunakannya kit amemerlukan paku spesifik yang dikenal bersama dengan nama rivet yang dipasangkan ke bagian ujung tang.

Setelah paku dipasang ke lubang benda yang bakal disatukan, tang ditekan sedemikian rupa agar paku rivet bakal tertinggal pada benda selanjutnya sekligus memotong batang berasal dari paku rivet yang digunakan.

10. Tang Snap ring (Circlip Plier)


tang snap ring - circlip plier

Fungsi tang snap ring ini adalah untuk memasang atau membiarkan snap ring pada komponen mesin atau komponen mobil lainnya yang menggunakan snap ring. Tang snap ring ini terdiri berasal dari dua jenis yaitu tang snap ring in dan tang snap ring out.

Tang snap ring in digunakan untuk memasang snapring yang langkah pemasangan snap ringnya di tekan kedalam, contohnya pada snapring klaher bearngin ac belt. Sedangkan tang snap ring out, digunakan untuk memasang snap ring yang langkah pemasangan snap ringnya di tekan keluar, contonya pada snap ring yang dipasang di bagian CV joint as roda.



Terima kasih telah membaca 10 jenis dan wujud tang

Demikian artikel 10 jenis dan wujud tang kali ini, semoga bisa memberikan inspirasi dan informasi terbaru bagi para pecinta otomotif, nantikan kembali postingan terbaru dari kami, salam.

Artikel kali ini 10 jenis dan wujud tang alamat link https://www.berita-otomotif.my.id/2021/12/10-jenis-dan-wujud-tang.html

0 comments:

Post a Comment