Monday, December 20, 2021

10 penyebab kecelakaan lalu lintas yang kerap terjadi

10 penyebab kecelakaan lalu lintas yang kerap terjadiKembali bersama Otomotif, Masih seputar otomotif kali ini kita akan membahas mengenai 10 penyebab kecelakaan lalu lintas yang kerap terjadi, kita coba merangkum beberapa informasi mengenai otomotif. semoga artikel yang disajikan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat pecinta otomotif.

Judul : 10 penyebab kecelakaan lalu lintas yang kerap terjadi
link : 10 penyebab kecelakaan lalu lintas yang kerap terjadi

Baca juga


10 penyebab kecelakaan lalu lintas yang kerap terjadi

Kecelakaan lalu lintas merupakan momen terjadinya tabrakan pada kendaraan bermotor (roda dua, roda empat atau lebih) dengan kendaraan bermotor lainnya atau dengan benda lainnya yang ada di jalan.

Kerusakan yang ditimbulkan akibat kecelakaan lalu lintas tentu bergantung pada kerasnya benturan dan kecepatan kendaraan. Kecelakaan lalu lintas ini tidak cuma mampu membuat kerusakan bagi kendaraan yang saling bertabrakan, melainkan juga pada orang-orang yang berada didalam kendaraan tersebut ataupun orang di lebih kurang yang terlibat.

penyebab kecelakaan lalu lintas

Bisa kita memperhatikan bahwa berita perihal kecelakaan akibat melewatkan peraturan dan tata teratur ber lalu lintas nyaris tidak dulu absen dari media-media publik di Indonesia. Hampir setiap hari tersiar kabar perihal sebagian jumlah nyawa yang melayang serta korban luka-luka akibat kecelakaan lalu lintas.

Kehilangan orang-orang terkasih secara tiba-tiba akibat kecelakaan pastinya bakal jadi duka yang mendalam. Berbagai cost ganti rugi yang dikeluarkan pihak-pihak mengenai serupa sekali tidak mampu mengembalikan nyawa orang terkasih yang udah melayang.

Pada artikel tersebut kita bakal sharing informasi mengenai penyebab kecelakaan lalu lintas yang kerap terjadi agar mampu kita ambil pelajaran agar terhindar dari segala kerugian akibat terjadinya kecelakaan lalu lintas. Berikut 10 penyebab kecelakaan lalu lintas yang kerap terjadi.

1. Mengalihkan perhatian selama mengemudi


Mengalihkan perhatian selama mengemudi merupakan hal yang paling banyak jadi penyebab kecelakaan lalu lintas. Selama mengemudi, udah sewajibnya kita harus konsisten fokus memperhatikan semua faktor mengemudi, layaknya situasi jalur serta situasi kendaraan.

Mengabaikan perhatian dari jalur dan kendaraan mampu meyebabkan kecelakaan lalu lintas. Berikut sebagian misal prilaku mengalihkan perhatian selama mengemudi

  • Mengemudi sambil telepon

  • Mengemudi sambil mengetik pesan singkat layaknya SMS atau WA

  • Mengemudi sambil bercanda berlebihan dengan orang disebelah

  • Mengemudi sambil makan dan minum

  • dan lain lain

2. Berkendara amat cepat


Berkendara amat cepat melebihi batas kecepatan yang diijinkan juga jadi keliru satu penyebab kecelakaan lalu lintas. Kendaraan yang melaju dengan kecepatan tinggi amat sukar untuk dikendalikan. Seperti contohnya ketika kita harus melakukan pengereman tiba-tiba atau ketika harus mencegah ke kanan/kiri.

Ketika kecepatan amat tinggi maka jarak pengereman juga jadi lebih panjang dan reaksi pengemudi juga harus lebih cepat. Jika tidak mampu mengimbangi, maka berkendara amat cepat amat berpotensi jadi penyebab kecelakaan lalu lintas.

3. Tidak memperhatikan marka jalan


Penyebab kecelakaan lalu lintas selanjutnya yang memadai kerap terjadi adalah pengemudi tidak memperhatikan atau melewatkan marka jalur selama mengemudi.

Seperti di ketahui bahwa marka jalur adalah suatu sinyal yang berada di permukaan jalur atau di atas permukaan jalur yang meliputi peralatan atau sinyal yang membentuk garus membujur, garis melintang, garis serong, serta simbol yang berfungsi untuk mengarahkan arus lalu lintas dan menghambat daerah keperluan lalu lintas (UU No.22 pasal 1 ayat 18)

Marka jalur ini dibikin dan dipasang untuk mengatur dan menopang pengemudi agar mampu mengetahui situasi jalur yang bakal di lewati atau daerah di mana ia boleh berhenti atau tidak. Mengabaikan dan tidak memperhatikan marka jalur bakal membuat kecelakaan lalu lintas.

4. Menerobos lampu merah (Traffic Light)


Penyebab kecelakaan lalu lintas setelah itu yang juga paling kerap terjadi adalah menerobos lampu merah. Lampu pengatur lalu intas (Traffic Light) lazim dipasang pada jalan-jalan dengan banyak persimpangan atau pada jalur dengan daerah khusus layaknya lokasi jalur lebih kurang sekolah dan perlintasan kereta api.

Lampu lalu lintas ini berfungsi untuk mengatur arah laju kendaraan, mana yang boleh melaju atau harus berhenti. Ketika lampu menyala merah maka setiap pengemudi harus berhenti dan baru boleh jalur kembali setelah lampu menyala hijau.

Menerobos lampu merah (tanda di mana seharusnya pengemudi berhenti) tak cuma sekadar membuat kecelakaan lalu lintas tetapi juga mampu membuat kematian.

Baca juga :

5. Melawan arus lalu lintas


Melawan arus lalu lintas juga jadi penyebab kecelakaan lalu lintas yang kerap terjadi, lebih-lebih jadi kecelakaan dengan jumlah tertinggi berdasarkan knowledge korlantas pada kala artikel ini di buat.

Setidaknya, udah terjadi sebanyak 7408 jumlah kecelakaan yang melibatkan kecelakaan melawan arus lalu lintas. Perhatikan pada gambar knowledge yang kita kutip dari laman http://www.korlantas-irsms.info/graph/accidentDiagramData style kecelakaan.

penyebab kecelakaan lalu lintas

6. Berbelok tanpa memandang situasi jalan


Berbelok tanpa memandang situasi jalur juga jadi keliru satu penyebab kecelakaan lalu lintas yang kerap terjadi. Ketika berbelok udah sewajibnya kita harus memperhatikan situasi jalur dan mendahulukan kendaraan yang sedang melaju lurus dari arah kanan atau kiri kendaraan.

Selain itu, ketika berbelok kita juga harus menambahkan sinyal bersifat lampu sein agar pengendara yang lain memahami jikalau kita idamkan berbelok. Cara berbelok tanpa memandang situasi jalur mampu membuat kecelakaan lalu lintas yang fatal.

7. Emosi Pengemudi


Emosi pengemudi yang cepat tinggi dan enteng marah jadi penyebab kecelakaan lalu lintas berikutnya. Ketika mengemudi mobil, amat diperlukan pengendalian emosi khususnya marah, gara-gara udah memadai banyak kecelakaan terjadi akibat pengemudi terpancing emosi yang membuat mereka memacu kendaraan dengan amat cepat lebih-lebih terjadi kebut-kebutan.

Kebut-kebutan dijalan dengan situasi emosi dan amarah yang tidak stabil bakal merubah ketetapan selama mengemudi mobil. Akibatnya pengemudi makin lama sukar mengendalikan kendaraan dan mampu membuat kecelakaan.

8. Mengantuk dan kurang istirahat.


Megantuk dan kurang istirahat juga jadi keliru satu penyebab kecelakaan lalu lintas yang paling kerap terjadi. Kecelakaan lalu lintas akibat mengantuk dan kurang istirahat kerap terjadi pada jalan-jalan bebas halangan layaknya jalur tol, tetapi tidak menolak bahwa kecelakaan akibat mengantuk juga mampu terjadi di jalur biasa.

Reaksi orang yang mengantuk dan kurang istirahat kala mengemudi bakal alami penurunan jauh agar mampu memperlambat ketetapan yang harus diambil selama mengemudi, seperticantohnya ketetapan kapan harus mengerem, membelokkan setir, dan lain-lain.

Jika selama mengemudi kamu jadi jadi ngantuk, ada baiknya untuk segera berhenti di rest daerah fungsi mengistirahatkan badan dan mata sebelum saat melanjutkan mengemudi.

9. Mengemudi dibawah pengaruh alkohol dan minuman keras


Penyebab kecelakaan lalu lintas yang memadai kerap terjadi adalah ketika mengemudi dibawah pengaruh alkohol dan minuman keras. Minuman keras dan alkohol amat merubah asumsi dan prilaku seseorang ke arah yang sukar di pemeriksaan oleh dirinya sendirti lebih-lebih ketika ia tidak sedang mengemudi.

Oleh karenannya, bakal amat berbahaya bagi orang yang sedang dibawah pengaruh minuman keras tetapi selamanya mengemudikan mobil. Hal ini mampu mengakibatkan bahaya dan jadi keliru satu penyebab kecelakaan lalu lintas.

10. Kendaraan kurang layak dijalan


Penyebab kecelakaan lalu lintas selanjutnya yang juga memadai kerap terjadi adalah kendaraan yang kurang layak untuk digunakan di jalan. Salah satu contohnya adalah ketika sebagian komponen kendaraan udah mengalami kerusakan dan harus diganti, tetapi selamanya dipaksakan untuk jalan.

Misalnya situasi bearing roda yang udah oblak kronis agar mengganggu sistem pengemudian kendaraan, rem yang udah tidak pakem dan keras untuk digunakan, ban mobil yang rusak agar enteng pecah, gigi persneling yang susuah masuk, dan hal-hal lainnya yang menyangkut keselamatan berkendara.

Jika memang ada komponen kendaraan yang harus diperbaiki, sebaiknya perbaiki khususnya dahulu sebelum saat memastikan untuk melakukan perjalanan agar tidak jadi penyebab kecelakaan lalu lintas.



Terima kasih telah membaca 10 penyebab kecelakaan lalu lintas yang kerap terjadi

Demikian artikel 10 penyebab kecelakaan lalu lintas yang kerap terjadi kali ini, semoga bisa memberikan inspirasi dan informasi terbaru bagi para pecinta otomotif, nantikan kembali postingan terbaru dari kami, salam.

Artikel kali ini 10 penyebab kecelakaan lalu lintas yang kerap terjadi alamat link https://www.berita-otomotif.my.id/2021/12/10-penyebab-kecelakaan-lalu-lintas-yang.html

0 comments:

Post a Comment