Thursday, December 9, 2021

bagian-bagian aki mobil dan fungsinya

bagian-bagian aki mobil dan fungsinya Kembali bersama Otomotif, Masih seputar otomotif kali ini kita akan membahas mengenai bagian-bagian aki mobil dan fungsinya , kita coba merangkum beberapa informasi mengenai otomotif. semoga artikel yang disajikan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat pecinta otomotif.

Judul : bagian-bagian aki mobil dan fungsinya
link : bagian-bagian aki mobil dan fungsinya

Baca juga


bagian-bagian aki mobil dan fungsinya


Aki mobil setidaknya punyai 3 kegunaan perlu bagi kendaraan yakni sebagai penyedia kekuatan listrik, daerah menaruh kekuatan listrik, dan sebagai stabilisator tegangan dari listrik yang dihasilkan pas proses charging (pengisian).

Tanpa aki mobil, semua komponen kelistrikan kendaraan tidak dapat berfungsi, bahkan mobil dapat menjadi mogok akibat kekurangan arus dan kekuatan listrik, terlebih untuk mobil-mobil yang telah manfaatkan proses EFI pada mesinnya

Nah ketiga kegunaan aki mobil ini pastinya tidak lepas dari peran tiap-tiap komponen aki yang membentuk satu kesatuan menjadi sebuah aki mobil. Lantas apa saja sih bagian-bagian aki mobil ini dan apa saja fungsinya?

Nah, pada artikel kali ini kita bakal share Info mengenai bagian-bagian aki obil dan fungsinya bagi kendaraan. Simak infonya dibawah ini.

bagian-bagian aki mobil dan fungsinya

1. Body Aki.


Bagian aki mobil yang pertama adalah body aki. Body aki terdapat dibagian paling luar dari aki mobil. Bodi aki ini menjadi pelindung serta pembungkus komponen-komponen aki mobil lainnya. Bady aki terbuat dari bahan plastik yang tebal dan kuat agar saat berlangsung benturan ringan tidak ringan bocor dan tidak menyebabkan kerusakan komponen lainnya yang tersedia di dalam aki.

Selain itu,sebagian bodi aki punyai warna transparant agar ringan pas kita menghendaki memeriksa ketinggian level permukaan air aki.

2. Tutup Ventilasi.


Tutup ventilasi merupakan penutup lubang dari tiap-tiap cell aki. Tutup ini punyai lubang ventilasi kecil yang bermanfaat untuk mengeluarkan uap air aki yang berlangsung pas reaksi kimia untuk menaruh dan membiarkan arus listrik berlangsung.

Tanpa ada lubang ventilasi ini, uap yang termkupul di dalam aki lambat laun bakal makin banyak dan membuat tekanan di di dalam cell aki meningkat. Akibatnya aki mobil dapat pecah akibat tekanan dari uap ini.

Selain sebagai lubang ventilasi, tutup ventilasi ini terhitung berfungsisebagai daerah untuk isikan air aki kecuali kuantitas air aki di dalamnya telah berkurang. Tutup ventilasi ini dapat di membuka dan ditutup agar memudahkan di dalam pengisian air aki.

3. Kutub Battery / Terminal Aki.


Kutub battery, atau lebih dikenal bersama dengan sebutan terminal aki merupakan sebuah konduktor yang terpasang di bodi aki bagian atas. Terminal aki ini mengakses bersama dengan plat-plat baterai di dalam aki. Untuk terminal aki ini terdiri dari dua kutub yakni kutub negatif yang mengakses bersama dengan plat negatif aki , dan yang satunya adalah kutub positif yang mengakses bersama dengan plat positif aki.

Terminal aki ini digunakan sebagai daerah untuk menghubungkan terminal kabel bersama dengan aki mobil dari semua perangkat dan komponen kelistrikan dimobil.

4. Larutan Elektrolit.


Larutan elektrolit pada aki ini lebih dikenal bersama dengan sebuatan air aki. Pada aki basah, larutan elektrolit ini punya kandungan bahan kimia bersifat asam sulfat (H2SO4) dan air (H2O). Berat style dari larutan elektrolit yang digunakan pada aki mobil ini bakal bereaksi bersama dengan plat aki.

Larutan elektrolit bakal merendam semua komponen yang tersedia di dalam aki seperti plat negatif, plat positif dan plat separator. Akibat terendamnya plat-plat aki inilah reaksi kimia untuk menaruh atau membiarkan kekuatan listrik dari aki mobil berlangsung.

Ketika kekuatan listrik yang disimpan di dalam larutan elektrolit ini banyak, maka larutan elektrolit ini punyai berat style cairan sebesar 1,270 yang diukur bersama dengan mengguakan hydrometer. Sedangkan saat kekuatan listrik yang tersimpan di dalam larutan elektrolit ini kurang, maka berat style dari larutan elektrolit ini punyai berat style cairan kurang dari 1,270.

Untuk mengembalikan berat style air pada larutan elektrolit hinga ke angka norma1,270 ini maka dibutuhkan proses charging (melakukan pengisian kekuatan listrik kedalam aki).

Baca terhitung :

5. Plat aki (Positif dan Negatif)


Plat aki merupakan komponen perlu pada aki yang bakal bereaksi secara kimia bersama dengan larutan elektrolit. Plat aki ini terdiri dari dua macam yakni plat aki positif dan plat aki negatif. Plat aki positif terbuat dari bahan lead dioxide yang punyai unsur kimia PbO2 dan berwarna sedikit kecoklat-coklatan yang merupakan perpaduan pada oksigen dan timbal.

Sedangkan untuk plat negatif aki terbuat dari timbal (Pb) yang berwarna kecoklat-coklatan. Perbedaan ke dua bahan ini memungkinakn kekuatan listrik selamanya bergerak dari plat positif ke plat negatif.

Selain itu, ke dua plat aki ini punyai luas penampang yang bakal berpengaruh pada besaran arus listrik yang dihasilkan oleh aki tersebut. Semakin besar luas penampangnya maka kuantitas listrik yang dihasilkan bakal makin banyak.

6. Plat Separator.


Plat separator merupakan plat penyekat yang dibuat untuk menengahi plat negatif aki bersama dengan plat positif aki. Plat separator ini bermanfaat untuk menahan agar plat negatif dan plat positif aki tidak saling bersinggungan agar dapat menahan korsleting diantara ke dua plat tersebut.

Plat separator terbuat dari bahan isolator berpori agar larutan elektrolit dapat selamanya mengalir dai plat positif ke plat negatif ataupun sebaliknya, dari plat negatif ke plat positif.

Pada aki mobil, plat separator, plat aki positif dan plat aki negatif kebanyakan dipasang menjadi beberapa susun. Susunan dari plat-plat aki ini sesudah itu dirangkai menjadi satu dan kerap disebut sebagai cell aki.

7. Cell Separator.


Cell separator merupakan separator yang menengahi pada satu cell aki bersama dengan cell aki yang lainnya. Bisa dibilang bahwa cell separator merupakan partisi yang menengahi cell-cell pada aki mobil.

Setiap cell aki ini bakal membentuk sebuah ruangan cell bersama dengan satu penutup ventilasi diatasnya. Oleh karenanya, tiap-tiap cell ini punyai larutan elektrolit sendiri-sendiri

8. Cell Connector.


Cell connector merupakan bagian penghubung yang bakal menghubungkan tiap-tiap cell aki dimana cell connector negatif bakal saling mengakses secara seri bersama dengan plat aki negatif. Sedangkan cell connector positif bakal menghubungkan secara seri plat aki positif.

Keseluruhan pertalian pada tiap-tiap cell connector ini bakal berujung pada kutub-kutub aki. Kutub negatif bakal berjumpa bersama dengan cell connector negatif dan kutub aki positif bakal berjumpa bersama dengan cell connector positif.



Terima kasih telah membaca bagian-bagian aki mobil dan fungsinya

Demikian artikel bagian-bagian aki mobil dan fungsinya kali ini, semoga bisa memberikan inspirasi dan informasi terbaru bagi para pecinta otomotif, nantikan kembali postingan terbaru dari kami, salam.

Artikel kali ini bagian-bagian aki mobil dan fungsinya alamat link https://www.berita-otomotif.my.id/2021/12/bagian-bagian-aki-mobil-dan-fungsinya.html

0 comments:

Post a Comment