Monday, December 6, 2021

cara baca hasil midtronic

cara baca hasil midtronicKembali bersama Otomotif, Masih seputar otomotif kali ini kita akan membahas mengenai cara baca hasil midtronic, kita coba merangkum beberapa informasi mengenai otomotif. semoga artikel yang disajikan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat pecinta otomotif.

Judul : cara baca hasil midtronic
link : cara baca hasil midtronic

Baca juga


cara baca hasil midtronic

Midtronic MDX-P300 merupakan keliru satu alat pengetesan aki yang saat ini banyak digunakan oleh bengkel-bengkel profesional hingga kalangan dealer resmi. Alat test aki mobil yang satu ini punya cukup banyak kelebihan dan kemudahan di dalam pengoperasiannya.

Salah satunya adalah hasil test yang mampu di print dan dicetak langsung sehabis pengetesan aki mobil dilakukan. Selain itu, pengetesan yang ditunaikan terhitung tidak cuma untuk mengetes aki saja, tapi terhitung mampu untuk mengukur kekuatan aki saat starter mesin hingga mengukur arus pengisian berasal dari alternator.

Pada artikel kali ini, kita tidak mengkaji lebih jauh berkenaan kemampuannya, tapi kita akan sharing informasi mengenai cara baca hasil midtronic yang ditampilkan terhadap kertas cetakan hasil print alat tersebut.

Perhatikan terhadap lembar umpama hasil midtronic seperti terhadap gambar di bawah ini

cara baca hasil midtronic

Pada kertas hasil cetak midtronic, kita mampu menyaksikan ada menu hasil pengetesan yaitu, Battery Test, Starter test, dan Charging test. Lantas bagaimana cara membaca hasil midtronic tersebut ? Berikut arti berasal dari hasil pengetesan aki mobil pakai alat midtronic MDX-P300.

1. Battery Test


Hasil pengetesan aki yang pertama keluar lewat hasil print terhadap alat midtronic ini adalah battery test. Batery test merupakan catatan hasil pengetesan aki mobil secara keseluruhan mengenai keadaan kerja baterry / aki mobil itu sendiri.

Berikut arti berasal dari hasil pengetesan aki mobil terhadap alat midtronic mengenai battery test

  • Good Battery : Hasil Good Battery, perlihatkan bahwa aki mobil yang di tes di dalam keadaan yang baik dan safe untuk digunakan.

  • Good Recharge : Hasil Good Recharge, perlihatkan bahwa aki mobil tetap di dalam keadaan yang baik tapi kudu ditunaikan pengecasan lagi aki.

  • Charge & Retest : Hasil Charge & Retest, perlihatkan bahwa aki mobil kudu di cas lagi hingga penuh terlebih dahulu. Lakukan pegececasan lagi hingga aki amat pnuh terisi kembali, lantas melaksanakan pengetesan lagi dengan alat midtronic ini. Jika hasil Charge & Retest ini keluar lagi berarti aki mobil udah kudu diganti.

  • Replace Battery : Hasil Replace Battery, perlihatkan bahwa aki mobil kudu diganti. Namun begitu, sering kadang hasil ini keluar akibat koneksi yang buruk antara kabel terminal aki dengan kutub aki mobil. Ada baiknya terlepas aki mobil dan test lagi dengan mode pengetesan out-of-vehicle (diluar kendaraan) sebelum akan melaksanakan penggantian.

  • Bad Cell-Replace : Hasil Bad Cell-Replace, perlihatkan bahwa aki mobil udah di dalam keadaan yang paling buruk supaya kudu diganti. Lakukan pengetesan diluar kendaraan untuk memastikannya sebelum akan melaksanakan penggantian.


Selain berasal dari hasil diatas, terhadap bagian battery test ini terhitung akan tercetak sebagian info mengenai hasil pengukuran dan juga standard kode aki yang diukur seperti
  • Volts yang perlihatkan hasil tegangan aki saat ditunaikan pengetesan

  • Measured yang perlihatkan hasil pengukuran terhadap kekuatan aki saat melaksanakan Cold Cranking Amps.

  • Rating yang perlihatkan ukuran kategori peringkat aki cocok spesifikasi aki

  • JIS# yang perlihatkan kode JIS aki mobil yang ditest saat itu


Baca terhitung :

2. Starter Test


Hasil pengetesan aki yang sesudah itu keluar lewat hasil print terhadap alat midtronic ini adalah starter test. Starter test ini merupakan hasil pengukuran aki saat ditunaikan starter mesin.

Berikut arti berasal dari hasil pengetesan aki mobil terhadap alat midtronic mengenai starter test.

  • Normal / Cranking voltage OK : Hasil ini perlihatkan bahwa aki mobil di dalam keadaan baik saat di melaksanakan starter mesin

  • Low / Cranking voltage LOW : Hasil ini perlihatkan bahwa aki mobil di dalam keadaan cukup saat ditunaikan starter mesin, tapi aki mobil ini punya tingkat tegangan diposisi yang paling rendah.

  • Charge Battery : Hasil ini perlihatkan bahwa tegangan starter terhadap aki mobil udah amat rendah dan aki udah di dalam posisi discharge. Lakukan pengecasan hingga aki terisi penuh dan melaksanakan pengetesan ulang.

  • Replace Battery : Hasil ini perlihatkan bahwa aki mobil udah di dalam keadaan yang buruk dan kudu diganti. Lakukan penggantian aki mobil dan tes lagi kembali.


Selain perlihatkan analisis hasil starter test, terhadap menu ini terhitung akan ditampilkan nilai tegangan yang ada saat starter test dilakukan.

3. Charging Test


Hasil pengetesan aki yang sesudah itu keluar lewat hasil print terhadap alat midtronic ini adalah charging test. Chaging test merupakan hasil pengukuran terhadap proses pengisian aki mobil yaitu tegangan dan arus yang dihasilkan oleh alternator untuk isikan aki mobil.

Berikut arti berasal dari hasil pengetesan aki mobil terhadap alat midtronic mengenai charging test

  • Charging Voltage OK : Hasil ini perlihatkan bahwa tegangan pengisian aki mobil di dalam keadaan baik dan normal

  • Charging Voltage NONE : Hasil ini perlihatkan ada masalah terhadap proses pengisian aki mobil. Alternator tidak mampu isikan listrik ke aki mobil. Lakukan kontrol terhadap belt alternator dan lanjutan kabel antara alternator dengan aki mobil, melaksanakan tes lagi untuk menegaskan hasilnya.

  • Charging Voltage LOW : Hasil ini perlihatkan bahwa alternator tidak mampu menyediakan arus dan tegangan yang cukup untuk isikan aki mobil saat berlangsung kenaikan beban tegangan.

  • Charging Voltage HIGH : Hasil ini perlihatkan bahwa tegangan output yang keluar berasal dari alternator melebihi batas tegangan maksimum untuk pengisian. Hal ini mampu sebabkan aki mobil overcharge dan panas supaya air aki mampu mendidih. Lakukan kontrol mengenai air aki mobil mendidih.


Selain perlihatkan hasilnya, terhadap menu charging test ini terhitung akan ditampilkan nilai tegangan charging yang berlangsung saat pengetesan dilakukan. Tegangan charging yang normal berkisar direntang tegangan sebesar 13-14.5 volt.



Terima kasih telah membaca cara baca hasil midtronic

Demikian artikel cara baca hasil midtronic kali ini, semoga bisa memberikan inspirasi dan informasi terbaru bagi para pecinta otomotif, nantikan kembali postingan terbaru dari kami, salam.

Artikel kali ini cara baca hasil midtronic alamat link https://www.berita-otomotif.my.id/2021/12/cara-baca-hasil-midtronic.html

0 comments:

Post a Comment