Saturday, December 18, 2021

cara kerja master silinder kopling mobil

cara kerja master silinder kopling mobil Kembali bersama Otomotif, Masih seputar otomotif kali ini kita akan membahas mengenai cara kerja master silinder kopling mobil , kita coba merangkum beberapa informasi mengenai otomotif. semoga artikel yang disajikan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat pecinta otomotif.

Judul : cara kerja master silinder kopling mobil
link : cara kerja master silinder kopling mobil

Baca juga


cara kerja master silinder kopling mobil

Master silinder kopling merupakan salah satu komponen perlu terhadap kopling proses hidrolik yang berfungsi untuk mengakibatkan perubahan gerak mekanis berasal dari pedal kopling menjadi tekanan hidrolis minyak kopling. Ya, berasal dari master silinder kopling inilah tekanan hidrolik sanggup tercipta agar sanggup menghimpit plat kopling dan melewatkan putaran mesin untuk mempermudah pemindahan gigi.

Nah, terhadap artikel kali ini, kita sanggup sharing Info perihal cara kerja master silinder kopling pas pedal kopling belum ditekan, pas ditekan , dan pas dilepas. Kali ini kita juga memberikan beberapa gambar ilustrasi untuk memperjelas kondisi yang tengah terjadi di dalam master silinder kopling ini.


cara kerja master silinder kopling


Namun, sebelum akan mengupas bagaimana cara kerja master silinder kopling, kami perlu menyadari apa saja sih komponen-komponen yang ada di dalam master silinder kopling ini , dan apa fungsinya ? Berikut komponen-komponen terhadap master silinder kopling
  • Reservoir cap (tutup reservoir) berfungsi untuk menahan minyak kopling tumpah pas mobil terjadi dan menahan kotoran berasal dari luar masuk kedalam tangki reservoir.

  • Reservoir tank (tangki reservoir) berfungsi sebagai area / wadah untuk menampung minyak kopling

  • Cylinder body berfungsi sebagai area untuk menciptakan tekanan terhadap minyak kopling dan sebagai rumah berasal dari komponen master silinder kopling lainnya.

  • Return spring (pegas pengembali) berfungsi untuk mendorong piston kembali ke posisi awal awalnya pas pedal kopling tidak ditekan

  • Piston cup seal (seal piston) berfungsi untuk menahan kebocoran terhadap master silinder kopling agar minyak kopling sanggup ditekan dan menghasilkan tekanan hidrolik.

  • Piston assembly berfungsi sebagai area seal piston ditaruh dan sebagai penerus stimulus berasal dari pushrod untuk menghimpit minyak kopling.

  • Push rod (batang penekan) berfungsi untuk menyalurkan tenaga dan tekanan berasal dari pedal kopling. Selain itu ia juga berfungsi sebagai anggota yang sanggup diatur untuk menyetel free play terhadap pedal kopling

  • Stopper dan stopper ring berfungsi untuk menahan komponen di dalam master silinder kopling tidak terlepas keluar.

  • Dust cover berfungsi untuk menjaga komponen di dalam master silinder kopling berasal dari kotoran dan debu

  • Lock nut berfungsi untuk mengunci push rod sesudah penyetelan free play pedal kopling dijalankan agar posisinya tidak berubah-ubah.


Perhatikan terhadap gambar di bawah yang sanggup menyatakan komponen-komponen master silinder kopling mobil.

komponen master silinder kopling


Setelah kami menyadari apa saja komponen-komponen di dalam master silinder kopling, tersebut cara kerja master silinder kopling pas pedal kopling di tekan dan pas pedal kopling dilepas


Saat pedal kopling belum ditekan



Perhatikan terhadap gambar di bawah tersebut yang sanggup melukiskan kondisi di dalam master silinder kopling pas pedal kopling belum ditekan

cara kerja master silinder kopling 1


Pada gambar diatas, sanggup kami menyimak bahwa saluran reservoir tank tetap terbuka agar minyak kopling mencukupi semua ruangan master silinder kopling yang berada pas di depan seal 1. Saat ini pedal kopling belum di tekan, maka tidak ada tekanan hidrolik yang dihasilkan berasal dari minyak kopling.


Saat pedal kopling ditekan



Perhatikan terhadap gambar di bawah tersebut yang sanggup melukiskan kondisi di dalam master silinder kopling pas pedal kopling ditekan

cara kerja master silinder kopling 2


Saat pedal kopling ditekan, maka pushrod sanggup bergerak ke arah kiri untuk mendorong piston assembly. Disaat yang sama, return spring juga sanggup tertekan agar piston assembly. seal1 dan 2 sanggup bergerak penuh ke arah kiri.

Saat piston assembly ini terdorong, maka seal 1 juga sanggup bergerak kearah kiri dan menghimpit minyak kopling. Ketika seal 1 belum lewat saluran berasal dari reservoir tank, tekanan hidrolik yang tercipta belum terlampau kuat.

Ketika lubang saluran reservoir tank terselesaikan oleh seal 1, maka minyak kopling sanggup memadat agar timbullah tekanan hidrolis terhadap minyak kopling yang lantas tekanan ini sanggup disalurkan ke master kopling bawah.

Seal 2 digunakan untuk menahan kebocoran minyak kopling berasal dari lubang saluran reservoir. Saat ini terhadap anggota tengah piston assembly sanggup terisi oleh minyak kopling yang berasal berasal dari reservoir tank.

Dengan begitu, maka seal 1 berfungsi sebagai penghasil tekanan hidrolik utama yang sanggup digunakan untuk menghimpit master kopling bawah, tengah seal 2 berfungsi untuk menahan kebocoran minyak kopling berasal dari reservoir tank.

Baca juga :


Saat pedal kopling di lepaskan



Perhatikan terhadap gambar di bawah tersebut yang sanggup melukiskan kondisi di dalam master silinder kopling pas pedal kopling dilepas.

cara kerja master silinder kopling 3


Ketika pedal kopling dilepas, maka return spring sanggup mendorong kembali piston assembly beserta seal 1 dan 2 untuk kembali ke posisinya (bergerak kembali ke arah kanan). Di pas ini, terjadilah kevakuman minyak kopling agar minyak kopling berasal dari master bawah sanggup tertarik masuk kembali kedalam master silinder kopling.

Di pas yang sama, lubang saluran reservoir tank sanggup kembali terbuka dan minyak kopling berasal dari dalam reservoir tank juga sanggup mengalir untuk mencukupi area terhadap master silinder bodi. Dengan begitu, maka minyak kopling tetap dalam kondisi penuh dan siap ditekan kembali agar tercipta tekanan hidrolis.



Terima kasih telah membaca cara kerja master silinder kopling mobil

Demikian artikel cara kerja master silinder kopling mobil kali ini, semoga bisa memberikan inspirasi dan informasi terbaru bagi para pecinta otomotif, nantikan kembali postingan terbaru dari kami, salam.

Artikel kali ini cara kerja master silinder kopling mobil alamat link https://www.berita-otomotif.my.id/2021/12/cara-kerja-master-silinder-kopling-mobil.html

0 comments:

Post a Comment