Wednesday, December 8, 2021

Indikator ACCU Menyala, Apayang harus dilakukan?

Indikator ACCU Menyala, Apayang harus dilakukan?Kembali bersama Otomotif, Masih seputar otomotif kali ini kita akan membahas mengenai Indikator ACCU Menyala, Apayang harus dilakukan?, kita coba merangkum beberapa informasi mengenai otomotif. semoga artikel yang disajikan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat pecinta otomotif.

Judul : Indikator ACCU Menyala, Apayang harus dilakukan?
link : Indikator ACCU Menyala, Apayang harus dilakukan?

Baca juga


Indikator ACCU Menyala, Apayang harus dilakukan?

Lampu indikator mobil punya faedah sebagai tanda bagi pengemudi untuk mengerti kondisi kerja seluruh sistem di kendaraan. Lampu-lampu indikator ini jumlahnya banyak, sangattergantung dengan teknologi serta tipe mobil yang digunakan.

Namun begitu, setidaknya tersedia 5 lampu indikator perlu di mobil yang kalau kita abaikan mampu membawa dampak mobil mogok dan mesin mengalami rusaknya yang parah. Dari ke lima lampu indikator itu, tidak benar satunya adalah lampu indikator accu yang bermanfaat untuk memonitor kerja sistem pengisian listrik aki mobil.

lampu indikator accu menyala terus

Lantas apa yang sebaiknya kudu dilakukan kalau di sedang perjalanan lampu indikator accu menyala tetap ? Nah, pada artikel kali ini, kita akan share tips dan cara yang kudu dilakukan pas lampu indikator accu menyala terus, review tips dan caranya dibawah selanjutnya ini

1. Menepi dan biarkan mesin senantiasa hidup


Hal pertama yang kudu dilakukan pas lampu indikator accu menyala tetap adalah dengan menepi di tempat yang aman dan biarkan mesin senantiasa didalam kondisi hidup. Mempertahankan kondisi mesin sehingga senantiasa hidup sepanjang menepi bertujuan untuk menghindari kondisi mesin mobil tidak mampu di starter akibat aki mobil tekor.

Perlu di ingat bahwa lampu indikator accu menyala ini berarti bahwa sistem pengisian aki mobil bermasalah, sehingga kita kudu melakukan kontrol singkat untuk menghambat mobil mogok di sedang perjalanan.

2. Periksa sekring dinamo ampere (alternator)


Setelah menepi, jangan matikan mesin dan biarkan senantiasa hidup. Kemudian, bukalah kap mesin (berhati-hatilah pada suhu panas berasal dari mesin) untuk melakukan kontrol kondisi sekring dinamo ampere.

Ukuran ampere dan letak berasal dari sekring dinamo ampere ini akan berbeda-beda, bergantung berasal dari tipe dan tipe mobilnya. Ada sekring dinamo ampere yang letaknya dipasang di dekat terminal positif aki, tersedia pula yang dipasang di fuse box.

Sekring dinamo ampere bermanfaat untuk menghubungkan sistem pengisian dinamo ampere ke aki mobil. Oleh dikarenakan itu perhatikan pada buku anjuran pemilik tentang posisi dan ukuran berasal dari fuse dinamo ampere ini.

Jika sekring dinamo ampere ini putus, maka indikator accu akan menyala. Gantilah sekring dinamo ampere ini dengan yang baru. Namun, kalau sekring dinamo ampere ini tidak putus, lanjutkan kontrol sesudah itu pada komponen alternator belt (tali kipas untuk dinamo ampere)

3. Periksa kondisi alternator belt


Belt alternator bermanfaat untuk memutar pulley dan membawa dampak dinamo ampere mampu bermanfaat untuk membuahkan listrik bagi mobil. Perhatikan kondisi berasal dari belt alternator layaknya dibawah berikut
  • Jika belt alternator tidak tersedia (putus), maka disitulah penyebab utama masalah lampu indikator accu muncul. Untuk mengatasinya, teman baik kudu mengganti belt alternator yang cocok dengan ukuran dan spesifikasi mobil sobat.

  • Jika belt alternator tersedia (tidak putus), perhatikan kondisi putaran belt tersebut. Belt alternator yang kendor mampu membawa dampak lampu indikator aki menyala. Jika ini yang berlangsung maka matikan mesin dan melakukan penyetelan belt alternator. Untuk menyetel fan belt (tali kipas) mobil, baca secara lengkap langkah-langkahnya pada artikel Cara menyetel tali kipas mobil


Lakukanlah kontrol alternator belt ini secara hati-hati kalau mesin tetap didalam kondisi hidup

Jika kondisi belt alternator didalam kondisi baik, kencang dan mampu memutar puller alternator dengan baik. Kemungkinan terbesar penyebab lampu indikator accu ini menyala adalah pada alternatornya (dinamo ampere).

Sampai disini tersedia baiknya teman baik menghubungi bengkel terdekat untuk menghindari mobil mogok di sedang perjalanan sebelum saat hingga di bengkel. Hal ini disebabkan dikarenakan sistem kelistrikan di mobil semuanya bergantung pada aki mobil saja.

Namun, kalau mobil terpaksa kudu senantiasa melaju, matikanlah seluruh alat kelistrikan yang mampu mempercepat aki cepat habis layaknya AC mobil, radio tape, dan lampu-lampu kegunaan mengecilkan beban listrik di aki mobil

Jika teman baik tetap curiga apakah benar dinamo amperenya yang rusak, teman baik mampu melakukan kontrol dinamo ampere sendiri layaknya pada artikel Tips ringan cara mengecek dinamo ampere mobil yang usdah pernah kita posting sebelumnya.



Terima kasih telah membaca Indikator ACCU Menyala, Apayang harus dilakukan?

Demikian artikel Indikator ACCU Menyala, Apayang harus dilakukan? kali ini, semoga bisa memberikan inspirasi dan informasi terbaru bagi para pecinta otomotif, nantikan kembali postingan terbaru dari kami, salam.

Artikel kali ini Indikator ACCU Menyala, Apayang harus dilakukan? alamat link https://www.berita-otomotif.my.id/2021/12/indikator-accu-menyala-apayang-harus.html

0 comments:

Post a Comment