Monday, December 27, 2021

macam-macam palu dan fungsinya

macam-macam palu dan fungsinyaKembali bersama Otomotif, Masih seputar otomotif kali ini kita akan membahas mengenai macam-macam palu dan fungsinya, kita coba merangkum beberapa informasi mengenai otomotif. semoga artikel yang disajikan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat pecinta otomotif.

Judul : macam-macam palu dan fungsinya
link : macam-macam palu dan fungsinya

Baca juga


macam-macam palu dan fungsinya

Palu merupakan alat /perkakas tangan yang digunakan untuk mengimbuhkan tumbukan pada sebuah benda agar berjalan tekanan. Secara umum, palu digunakan untuk memukul paku. Namun, jikalau anda berada di bengkel mobil, anda dapat mendapatkan bermacam-macam jenis palu yang digunakan untuk bermacam-macam keperluan.

Oleh sebab bengkel mobil ini punya tujuan untuk memperbaiki, maka jenis-jenis palu yang digunakan juga bervariasi sebab ikut mempengaruhi hasil perbaikan yang dilakukan. Seperti kalau jikalau perbaikan yang dijalankan berurusan bersama dengan bodi penyok ringan, maka digunakan palu berbahan karet untuk menghindar cat yang tersedia pada permukaan bodi terkelupas dan rusak.

macam-macam palu dan fungsinya

Nah, pada artikel kali ini, kita dapat berbagi informasi alat bengkel berkenaan macam-macam palu dan fungsinya yang umum tersedia di bengkel-bengkel mobil. Simak artikel macam-macam palu dan fungsinya dibawah ini.

1. Palu konde (Ball peen hammer)


Palu konde - ball peen hammer

Palu konde juga dikenal bersama dengan nama palu bulat, palu ini punyai dua ujung bersama dengan bentuk yang berbeda. Palu konde dibuat dari bahan besi baja campuran yang kuat dan tahan pada tumbukan. Bagian utama palu berupa tabung silinder bersama dengan permukaan datar, tetapi anggota lainnya dibentuk layaknya bola.

Untuk anggota utama yang berupa tabung silinder bersama dengan permukaan datar,umumnya digunakan untuk memukul benda kerja yang membutuhkan tingkat kepresisian dalam pukulan layaknya untuk memukul paku, pin, atau pahat.

Untuk ujung lainnya yang berupa bulat layaknya konde, biasanya digunakan untuk memukul benda kerja bersama dengan tempat yang sempit dan juga sering digunakan agar benda kerja dapat dibuat berupa cekung (seperti kalau untuk mengakali tie rod end yang oblak).

2. Palu tembaga (Copper hammer)


Palu tembaga - copper hammer

Palu tembaga (Copper hammer) merupakan palu yang terbuat dari bahan tembaga. Palu ini punyai tingkat kekerasan bahan yang lebih lunak dibanding bersama dengan palu konde. Oleh sebab itu, palu tembaga sering digunakan untuk memukul benda-benda logam bersama dengan obyek agar tidak mengakibatkan kerusakan benda kerja yang dipukul.

3. Palu karet (Rubber mallet hammer)


palu karet - rubber mallet hammer

Palu karet (Rubber mallet hammer) adalah palu yang pada anggota kepalanya dilapisi oleh karet tebal. Palu karet biasanya digunakan untuk pekerjaan yang mengenai bersama dengan bodi dan plat layaknya untuk meratakan bodi yang penyok tapi tanpa mengakibatkan kerusakan cat pada permukaan bodi mobil.

Baca juga :

4. Palu plastik (Plastic hammer)


Palu plastik - Plastic hammer

Palu plastik (Plastic hammer) adalah palu yang pada anggota kepalanya dibuat dari bahan plastik. Palu plastik biasanya gampang dan dapat digunakan untuk meratakan benda yang lunak. Selain itu, palu plastik juga digunakan untuk memukul benda kerja yang membutuhkan pemukulan gampang agar tidak mengakibatkan kerusakan benda kerja tersebut.

5. Palu godam (Sledge hammer)


Palu godam - Sledge hammer

Palu godam (Sledge hammer) merupakan palu yang terbuat dari bahan besi baja yang benar-benar kuat. Palu godam ini biasanya besar dan bergagang memadai panjang. Ada yang punyai berat 5 kg dan tersedia juga yang beratnya 10 kg.

Palu godam digunakan untuk memukul benda-benda kerja yang membutuhkan tenaga pukul yang besar dan kuat layaknya kalau waktu menginginkan melewatkan bearing roda yang macet atau waktu menginginkan mengganti bushing yang rusak tanpa di press.

Palu Godam umum digunakan oleh bengkel-bengkel truk besar di mana tiap-tiap pekerjaan pada anggota chassis dan bodynya membutuhkan tenaga pukul yang besar.

Demikianlah artikel berkenaan macam-macam palu dan fungsinya yang dapat kita sampaikan, semoga dapat bermanfaat.



Terima kasih telah membaca macam-macam palu dan fungsinya

Demikian artikel macam-macam palu dan fungsinya kali ini, semoga bisa memberikan inspirasi dan informasi terbaru bagi para pecinta otomotif, nantikan kembali postingan terbaru dari kami, salam.

Artikel kali ini macam-macam palu dan fungsinya alamat link https://www.berita-otomotif.my.id/2021/12/macam-macam-palu-dan-fungsinya.html

0 comments:

Post a Comment