Sunday, December 26, 2021

tips berkendara jarak jauh yang aman dan nyaman

tips berkendara jarak jauh yang aman dan nyamanKembali bersama Otomotif, Masih seputar otomotif kali ini kita akan membahas mengenai tips berkendara jarak jauh yang aman dan nyaman, kita coba merangkum beberapa informasi mengenai otomotif. semoga artikel yang disajikan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat pecinta otomotif.

Judul : tips berkendara jarak jauh yang aman dan nyaman
link : tips berkendara jarak jauh yang aman dan nyaman

Baca juga


tips berkendara jarak jauh yang aman dan nyaman

Berkendara mobil jarak jauh sebetulnya bukan perkara mudah. Jarak ratusan hingga ribuan kilometer yang harus di tempuh tentu butuh sementara dan tenaga yang tidak sedikit. Persiapan baik kendaraan, badan pengemudi, anggapan dan juga kebugaran para penumpang terhitung turut menjadi perhatian.

Cepat atau lambat, rasa capek dan kantuk akibat mengemudi sepanjang berjam-jam telah tentu akan dirasakan. Fokus dan kesigapan bereaksi sepanjang mengemudi menjadi tuntutan harus yang harus konsisten dijaga agar keamanan dan keselamatan sepanjang berkendara jarak jauh bersama mobil dapat didapat.

Oleh karenanya, kami harus benar-benar menyiapkan segala sesuatunya agar perjalanan jarak jauh yang akan kami tempuh dapat berlangsung bersama aman dan nyaman.

tips berkendara mobil jarak jauh

Lantas, apa saja sih yang sebaiknya dilaksanakan agar perjalanan jarak jauh bersama mobil menjadi lebih aman dan nyaman? Berikut tips berkendara jarak jauh yang aman dan nyaman versi kita yang dapat disampaikan...

1. Kendaraan harus dalam kondisi prima


Hal pertama yang menjadi tips berkendara mobil jarak jauh yang aman dan nyaman adalah kesiapan mobil yang akan kami gunakan. Pastikan mobil kawan baik telah dalam kondisi prima sebelum saat lakukan perjalanan jarak jauh.

Ada baiknya, kawan baik memeriksakan mobil ke bengkel-bengkel mobil keyakinan untuk mengetahui kesiapan mobil yang akan digunakan. Hindari lakukan perjalanan jauh bersama kendaraan yang kondisinya tidak cukup layak atau telah keluar menjadi rusak terhadap beberapa komponennya.

Jika tidak sempat melakukannya di bengkel, kawan baik dapat lakukan sendiri kontrol terhadap komponen-komponen yang mutlak terhadap mobil sebelum saat digunakan untuk berkendara jarak jauh. Berikut daftar item kontrol yang dapat kawan baik lakukan sendiri

  • Oli Mesin ; periksa level oli dan mutu warna dan kekentalan oli mesin. Jika dibutuhkan tukar oli mesin bersama oli mesin yang baru.

  • Air radiator ; periksa kuantitas dan level ketinggian air radiator, baik bersama cara mengakses cap radiator dan melalui reservoir tank radiator (periksa sementara kondisi mesin tengah dingin saja)

  • Ban mobil ; periksa keausan terhadap permukaan ban dan juga memberikan tekanan angin yang cocok bersama beban kendaraan. Akan lebih baik kalau ban yang digunakan adalah ban baru.

  • Lampu-lampu mobil ; periksa dan nyalakan semua lampu-lampu mobil, pastikan lampu-lampu selanjutnya dapat menyala dan dapat bermanfaat cocok peruntukkannya.

  • Baterai/Aki ; Pastikan aki dalam kondisi bagus, kuat untuk starter dan proses pengisian tidak bermasalah.

  • Mesin dalam kondisi sehat dan prima ; Pastikan mesin tidak tersedia persoalan apa-pun seperti bergetar ataupun nyendat.

  • Rem dalam kondisi bagus ; Pastikan kondisi kampas rem tetap tebal dan rem dapat bermanfaat bersama baik.

  • Wiper dan air washer ; pastikan wiper depan dan belakan (jika dilengkapi) dalam kondisi yang baik dan dapat bekerja menyapu air di kaca mobil bersama prima dan tidak memburamkan pandangan.


Kendaraan bersama kondisi prima akan memperlancar perjalanan anda, menyebabkan perjalanan menjadi lebih aman dan nyaman walau untuk jarak tempuh yang benar-benar jauh sekalipun.

Baca juga:

2. Tidur yang cukup sebelum saat berkendara.


Tips selanjutnya agar berkendara mobil jarak jauh dapat aman dan nyaman adalah bersama menyiapkan tubuh / diri sendiri. Setidaknya kawan baik harus mempunyai tidur yang cukup sebelum saat berkendara mobil jarak jauh.

Istirahatkan badan setidaknya 7-8 jam bersama tidur yang cukup sebelum saat lakukan perjalanan jarak jauh. Tidur yang cukup akan menyebabkan badan dan anggapan lebih segar dan sehat. Kondisi tubuh yang segar dan sehat menyebabkan konsentrasi menjadi lebih fokus agar pengemudian untuk jarak jauh menjadi lebih terkontrol.

3. Perbekalan yang cukup


Untuk menempuh perjalanan jarak jauh, kawan baik terhitung harus menyiapkan perbekalan yang cukup. Mulai berasal dari duwit tunai untuk makan dan bahan bakar, e-money untuk bayar tol, makanan enteng dan air mineral yang cukup, hingga obat-obatan sepanjang diperjalanan.

Perbekalan sebaiknya sesuai bersama kuantitas dan penumpang yang akan turut dalam perjalanan jauh tersebut. Jika mempunyai anak-anak pastikan ketersediaan makanan, minuman dan obat-obatan yang cocok dan juga pemanfaatan Child Safety Seat yang cocok bersama umur anak.

4. Istirahat yang cukup


Jarak tempuh yang jauh kebanyakan terhitung memakan sementara tempuh yang lama. Oleh karena itu berhentilah dan istirahatkan sejenak tubuh kawan baik sekurang-kurangnya 30 menit kalau telah mengemudi sepanjang dua jam. Mengemudi bersama sementara tempuh yang lama dapat menyebabkan kantuk den letih, kondisi ini dapat saja membahayakan dan benar-benar berpotensi berlangsung kecelakaan.

Oleh karena itu, interval istirahat sepanjang perjalanan ini benar-benar harus dilaksanakan guna menghambat capek dan ngantuk sepanjang berkendara. Jika tengah mengemudi di jalur tol, berhentilah di rest tempat yang telah di sediakan, tapi kalau berada dijalan umum non tol, tersedia baiknya untuk berisitrahat di SPBU-SPBU terdekat.

5. Posisi mengemudi yang nyaman


Untuk mempertahankan kenyamanan dan energi tahan tubuh sepanjang berkendara jarak jauh, kawan baik terhitung harus benar-benar mencermati posisi mengemudi yang nyaman. Mengemudi yang nyaman sudah pasti akan menyebabkan kawan baik menjadi lebih tahan dan tidak enteng cepat lelah.

Sobat dapat mengatur dan merubah posisi duduk atau setir agar badan menjadi rileks tapi senantiasa sigap dalam bereaksi dan tidak terhalang oleh sesuatu. Atur posisi duduk agar tidak benar-benar tegak ataupun benar-benar rebah agar badan menjadi tidak cepat capek. Pastikan terhitung pandangan ke depan sepanjang mengemudi senantiasa terjaga visibilitasnya.

6. Mengatur rute dan jadwal berkendara


Mengatur rute dan jadwal mengemudi terhitung turut menolong agar berkendara mobil jarak jauh yang aman dan nyaman dapat terpenuhi. Pastikan kawan baik mengetahui posisi patokan untuk berbelok, putar arah atau jalur yang menuju lokasi yang akan kawan baik tuju.

Dengan mempelajari rute yang akan di lewati tidak cuman terhindar berasal dari keliru arah (kesasar) yang dapat memakan waktu, kawan baik terhitung dapat mempunyai deskripsi dan juga dapat memilih kapan sementara yang tepat untuk isi bahan bakar dan makan.

Jika diperlukan, sediakan map/peta jalur non digital (model kertas) untuk mengantisipasi kalau peta digital tidak dapat berfungsi.

7. Siapkan musik penghibur sepanjang perjalanan


Mendengarkan musik yang paling disayangi bersama volume yang normal dan intensitas yang cukup dapat menolong kawan baik terhindar berasal dari kejenuhan sepanjang perjalanan. Sobat dapat menyanyi-nyayi kecil cocok bersama alunan musik yang mengalun untuk mengurangi kejenuhan.

Ada baiknya kawan baik sediakan lagu-lagu yang paling disayangi yang mempunyai irama santai tapi tidak buat baper. Dengan begitu, mood mengemudi kawan baik dapat menjadi lebih baik dan lebih bersemangat.



Terima kasih telah membaca tips berkendara jarak jauh yang aman dan nyaman

Demikian artikel tips berkendara jarak jauh yang aman dan nyaman kali ini, semoga bisa memberikan inspirasi dan informasi terbaru bagi para pecinta otomotif, nantikan kembali postingan terbaru dari kami, salam.

Artikel kali ini tips berkendara jarak jauh yang aman dan nyaman alamat link https://www.berita-otomotif.my.id/2021/12/tips-berkendara-jarak-jauh-yang-aman.html

0 comments:

Post a Comment