Wednesday, December 1, 2021

ulasan alat kelengkapan kunci socket dan fungsinya

ulasan alat kelengkapan kunci socket dan fungsinya Kembali bersama Otomotif, Masih seputar otomotif kali ini kita akan membahas mengenai ulasan alat kelengkapan kunci socket dan fungsinya , kita coba merangkum beberapa informasi mengenai otomotif. semoga artikel yang disajikan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat pecinta otomotif.

Judul : ulasan alat kelengkapan kunci socket dan fungsinya
link : ulasan alat kelengkapan kunci socket dan fungsinya

Baca juga


ulasan alat kelengkapan kunci socket dan fungsinya

Setelah pada postingan sebelumnya kita sudah membahas perihal kegunaan kunci shock, jenis dan langkah menggunakannya, maka kali ini kita akan melanjutkan pembahasan mengenai alat bengkel yang umum digunakan yaitu alat kelengkapan kunci socket dan fungsinya.

Ya, untuk pakai kunci socket, kita membutuhkan alat pelengkap agar kunci socket dapat digunakan degan baik dan benar. Alat kelengkapan kunci socket ini wujud dan modelnya beraneka ragam agar artikel kali ini cuma kita batasi pada kelengkapan kunci socket yang sebetulnya umum dan kerap dipakai saja.

kelengkapan kunci socket dan fungsinya

Alat kelengkapan socket yang umum dipakai setidaknya tersedia 5 jenis, merasa berasal dari adaptor, extension bar, handle (tuas pemutar), ratchet, dan universal joint. Nah review ulasan masing-masing alat kelengkapan kunci socket dan fungsinya dibawah ini..

1. Adaptor (penyesuai)


Kelengkapan kunci socket yang pertama adalah adaptor. Fungsi adaptor adalah sebagai penghubung socket untuk mengubah ukuran penggerak aspek empat shock. Adaptor untuk kunci socket terdiri berasal dari dua macam yaitu, adaptor besar ke kecil dan adaptor kecil ke besar.

Seperti kita ketahui bahwa ukuran penggerak aspek empat socket setidaknya tersedia 4 ukuran yaitu 1/4 inch (0.6 cm), 3/8 inch (0.9 cm), setengah inch (1.3 cm), dan 3/4 inch (1.9 cm). Adaptor besar ke kecil adalah adaptor yang lubang untuk handlenya besar dan ujung penggerak aspek empat shock-nya berukuran kecil.

Sedangkan untuk adaptor kecil ke besar adalah adaptor yang lubang untuk handlenya kecil dan ujung penggerak aspek empat shock-nya berukuran besar. Untuk adaptor yang paling umum dan banyak digunakan adalah adaptor yang berukuran setengah inch dan 3/8 inch. Perhatikan wujud adaptornya layaknya pada gambar dibawah ini

adaptor

Dengan pakai adaptor ini kita dapat sesuaikan ukuran handle bersama dengan kunci shocknya, tapi kudu diperhatikan mengenai peristiwa pengencangannya. Hindari pakai ukuran besar untuk baut bersama dengan peristiwa kecil begitu pula sebaliknya sebab dapat memicu baut atau mur tesebut patah akibat over torque.

2. Extension bar (batang perpanjangan/sambungan)


Kelengkapan kunci socket yang ke dua adalah extension bar. Extension bar merupakan batang perpanjangan/sambungan yang dipasang di antara tuas pemutar (handle) bersama dengan kunci socket.
extension bar

Fungsi extension bar adalah untuk memperpanjang posisi kunci socket agar dapat digunakan untuk membuka atau mengencangkan baut dan mur yang letaknya berada di didalam lubang. Selain itu, extension bar termasuk berfungsi untuk menambah alat (handle) berasal dari permukaan untuk mempermudah sistem mengencangkan atau membuka baut.

3. Handle (tuas pemutar)


Kelengkapan kunci socket yang ketiga adalah Handle (tuas pemutar). Handle (tuas pemutar) merupakan kelengkapan kunci socket yang digunakan sebagai tangkai socket. Fungsi tuas pemutar (handle) ini adalah untuk mempermudah dan mempercepat sistem memutar pas pelepasan atau pemasangan baut untuk pertama kalinya.
handle (tuas pemutar)

Ya, handle kudu digunakan pertama kali untuk membuka atau mengencangkan baut yang membutuhkan peristiwa putar yang terlampau besar. Oleh karenanya, handle ini umum dibuat berasal dari bahan logam yang kuat dan kokoh. Secara umum terkandung 5 jenis tuas pemutar (handle) yang kita ketahui yaitu :
  • Spinner handle : Handle yang anggota ujung kelanjutan kunci socketnya dapat ditekuk 90 derajat tetapi segi lainnya dapat dipanjang pendekkan untuk makin besar tenaga / peristiwa putar.

  • Speeder handle : Handle berupa layaknya bor tangan yang berfungsi untuk mempercepat putaran pas melepas atau menempatkan baut

  • Sliding handle : Handle yang anggota socketnya dapat digeser secara bebas di seluruh posisi batang handle agar amat mungkin untuk digunakan pada posisi yang menyiku.

  • L handle : Handle berupa L yang digunakan pas kita membutuhkan peristiwa pengencangan yang terlampau besar.

  • T handle : Handle berupa T yang digunakan untuk mempercepat sistem memutar baut pas melepas atau mengencangkan baut tersebut.


Dengan pakai handle (tuas pemutar) tenaga yang diperlukan untuk membuka atau mengencangkan baut jadi lebih kecil dan mudah dibanding kalau kita pakai bersama dengan kunci lain layaknya kunci ring atau kunci pas.

Baca termasuk :

4. Ratchet


Kelengkapan kunci socket yang keempat adalah ratchet. Ratchet ini, sebetulnya masuk kedalam golongan handle sebab digunakan sebagai alat untuk memegang kunci socket. Namun, sebab konstruksi ratchet tidak terlampau kuat untuk membuka atau mengencangkan baut pertama kali, maka kita sengaja memisahkan ratchet berasal dari handle.
ratchet

Fungsi ratchet adalah untuk mengencangkan atau mengendorkan baut atau mur yang sudah didalam kondisi longgar tanpa kudu melepas atau mengangkat kepala socket berasal dari baut atau mur tersebut.

Ya, di didalam ratchet terkandung sebuah mekanisme penggerak yang dapat diatur bebas cocok bersama dengan kebutuhan kerja, layaknya untuk mengencangkan atau untuk mengendorkan.

Jika kita mengidamkan pakai ratchet untuk arah membuka, maka kita kudu menggeser tuas / memutar knob ratchet ke arah membuka. Dengan begitu, pas ratchet digeser ke arah membuka(ke arah kiri), ia akan memicu baut turut berputar ke arah kiri untuk membuka. Namun, pas tuas ratchet di ganti ulang ke arah sebaliknya, maka baut tidak turut berputar. Dan begitu setelah itu agar baut terlampau konsisten berputar ke arah membuka.

5. Universal joint (flexible joint)


Kelengkapan kunci socket yang paling akhir kita ketahui adalah universal joint (flexible joint). Fungsi universal joint adalah sebagai penghubung antara handle bersama dengan socket yang mempunyai kemampuan untuk mengubah sudut putar hingga 45 derajat agar dapat digunakan pada area yang sempit dan terbatas.

Perhatikan universal joint dan penggunaannya pada gambar dibawah tersebut

universal joint

Ya, bersama dengan menggunakakan universal joint ini, maka kita dapat mengubah sudut dan posisi berasal dari handle sekaligus sambil memutar baut ke arah membuka atau ke arah mengencangkan, terlebih tempat kerja yang sempit dan terbatas.



Terima kasih telah membaca ulasan alat kelengkapan kunci socket dan fungsinya

Demikian artikel ulasan alat kelengkapan kunci socket dan fungsinya kali ini, semoga bisa memberikan inspirasi dan informasi terbaru bagi para pecinta otomotif, nantikan kembali postingan terbaru dari kami, salam.

Artikel kali ini ulasan alat kelengkapan kunci socket dan fungsinya alamat link https://www.berita-otomotif.my.id/2021/12/ulasan-alat-kelengkapan-kunci-socket.html

0 comments:

Post a Comment