Wednesday, January 12, 2022

cara kerja rem tromol mobil

cara kerja rem tromol mobil Kembali bersama Otomotif, Masih seputar otomotif kali ini kita akan membahas mengenai cara kerja rem tromol mobil , kita coba merangkum beberapa informasi mengenai otomotif. semoga artikel yang disajikan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat pecinta otomotif.

Judul : cara kerja rem tromol mobil
link : cara kerja rem tromol mobil

Baca juga


cara kerja rem tromol mobil

Rem tromol adalah proses rem yang memanfaatkan drum / tromol rem peranan kurangi dan menghentikan laju kendaraan. Saat ini, rem tromol terbilang tetap memadai banyak digunakan pada mobil-mobil era kini lebih-lebih untuk rem mobil bagian belakang.
Ya, tak sekedar bermanfaat sebagai rem utama atau dikenal bersama sebutan layanan brake, rem tromol belakang mobil juga kerap merangkap sebagai parking brake yang bisa diaktifkan bersama menarik tuas rem tangan di dalam kabin mobil.
cara kerja rem tromol

Meskipun tetap dalam satu proses komponen rem tromol , cara kerja antara rem tangan bersama rem utama (service brake) dalam rem tromol ini amat berbeda. Jika rem utama memanfaatkan proses hidrolik, rem tangan umumnya memanfaatkan proses mekanikal, yaitu bersama memanfaatkan kabel rem.
Lantas bagaimana cara kerja rem tromol mobil ini ? Berikut adalah cara kerja rem tromol mobil waktu kami memanfaatkan pedal rem dan waktu memanfaatkan rem tangan. Simak cara kerja rem tromol dibawah berikut.

1. Sebagai rem utama (service brake)


Cara kerja rem tromol mobil sebagai rem utama adalah bersama menginjak dan menekan pedal rem yang tersedia di kendaraan. Saat pedal rem di injak, maka tenaga dan energi tekan dari kaki pengemudi bakal disalurkan menuju ke booster rem untuk tambah besar tenaga pengereman.
Kemudian, dari booster rem, tenaga pengereman ini diubah oleh Master rem (brake master cylinder) menjadi tekanan hidrolik lewat minyak rem.
Dengan memanfaatkan minyak rem inilah kemudian tenaga pengereman yang telah di konversi menjadi tekanan hirdolik ini bakal mengalir lewat pipa-pipa dan selang rem menuju ke wheel cylinder rem.
Di dalam wheel cylinder, minyak rem yang bertekanan bakal mendorong piston ke arah luar. Piston yang terdorong ke arah luar ini kemudian bakal mendorong sepatu rem (brake shoe) sehingga sepatu rem bakal menekan dinding tromol bagian dalam.
Tertekannya dinding tromol bagian dalam oleh sepatu rem ini bakal memicu putaran tromol menjadi berkurang. Semakin kuat pedal rem di tekan maka bakal semakin kuat pula tekanan pada sepatu rem.
Akibatnya, putaran pada tromol bakal menyusut lebih-lebih sampai berhenti berputar. Saat inilah berlangsung proses pengereman pada rem tromol. Perhatikan cara kerja rem tromol mobil pada gambar animasi dibawah berikut.
Cara kerja rem tromol
Animasi cara kerja rem tromol

Setelah proses pengereman selesai, maka kami bakal melepaskan injakan dari pedal rem sehingga mobil bisa ulang melaju. Nah waktu kami melepaskan injakkan dari pedal rem, maka piston dalam master rem bakal ulang ke posisi pada mulanya akibat impuls dari pegas pengembali.
Bergeraknya piston di dalam master rem yang ulang ke posisi semula, bakal memicu kevakuman pada minyak rem. Minyak rem bakal tertarik ulang masuk ke master rem dan ulang ke tabung reservoir.
Disaat yang sama, pegas pengembali (return) spring yang dipasang pada sepatu rem juga turut menolong untuk menarik sepatu rem sehingga ulang ke posisi pada mulanya sehingga tidak tetap menekan tromol. Dengan begitu, maka tekanan pada tromol bakal menyusut dan tromol bisa ulang berputar bersamaan melajunya kendaraan.

2. Sebagai rem parkir (parking brake)


Berikut cara kerja rem tromol mobil terkecuali memanfaatkan rem tangan (parking brake). Untuk mengaktifkan rem tangan, maka kami harus menarik tuas rem tangan. Saat tuas rem tangan di tarik maka kabel rem tangan yang membuka bersama rem tromol juga turut tertarik.
Tertariknya kabel rem tangan bakal memicu parking brake lever yang tersedia di dalam rem tromol juga turut tertarik dan memicu sepatu rem terdorong dan menekan dinding tromol bagian dalam. Perhatikan pergerakan parking brake lever pada gambar animasi dibawah berikut
cara kerja rem tromol waktu rem tangan di tarik

Bergeraknya sepatu rem ke arah dinding tromol, bakal memicu tromol menjadi tertekan sehingga putaran tromol bisa di tahan. Dengan begitu maka proses pengereman bersama rem tangan bisa terjadi.
Ketika tuas rem tangan di lepas dan dikembalikan ke posisi semula, maka kabel rem tangan bakal mengendor. Kendornya kabel rem tangan ini memicu pegas pengembali (return spring) menarik parking brake lever ulang ke posisi pada mulanya dan memicu sepatu rem tidak menekan dinding tromol.
Dengan begitu, tenaga pengereman dari rem tangan bakal menghilang dan terlalu mungkin tromol rem untuk ulang berputar.




Terima kasih telah membaca cara kerja rem tromol mobil

Demikian artikel cara kerja rem tromol mobil kali ini, semoga bisa memberikan inspirasi dan informasi terbaru bagi para pecinta otomotif, nantikan kembali postingan terbaru dari kami, salam.

Artikel kali ini cara kerja rem tromol mobil alamat link https://www.berita-otomotif.my.id/2022/01/cara-kerja-rem-tromol-mobil.html

0 comments:

Post a Comment