Sunday, January 9, 2022

Cara memakai kunci inggris dengan benar

Cara memakai kunci inggris dengan benarKembali bersama Otomotif, Masih seputar otomotif kali ini kita akan membahas mengenai Cara memakai kunci inggris dengan benar, kita coba merangkum beberapa informasi mengenai otomotif. semoga artikel yang disajikan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat pecinta otomotif.

Judul : Cara memakai kunci inggris dengan benar
link : Cara memakai kunci inggris dengan benar

Baca juga


Cara memakai kunci inggris dengan benar

Masih didalam pembahasan alat-alat bengkel, kali ini kita akan membicarakan berkenaan kunci inggris. Kunci inggris, atau yang didalam bahasa inggrisnya disebut bersama dengan Adjustable wrench, merupakan tidak benar satu alat bengkel yang berbentuk kunci pas, namun ukuran rahang kuncinya mampu diubah cocok kebutuhan kita.

Ya, kegunaan kunci inggris adalah untuk melewatkan atau mengencangkan baut atau mur saat ukuran kunci pas dan ring tidak ada yang sesuai. Kunci inggris mampu digunakan saat kami tidak mendapatkan ukuran kunci ring dan pas yang cocok bersama dengan ukuran baut atau mur yang akan dikerjakan.

Cukup bersama dengan memutar sekrup penyetel, maka kami mampu membuat perubahan ukuran rahang kunci inggris jadi lebih lebar atau jadi lebih sempit. Dengan begitu, kami mampu sesuaikan ukuran kunci supaya cocok bersama dengan ukuran kepala baut atau mur yang akan kami kerjakan.

fungsi kunci inggris

Namun, pemanfaatan kunci inggris tidak dimaksudkan untuk terhubung atau mengencangkan baut dan mur bersama dengan beban berat, hal ini sebab sifat kunci inggris yang benar-benar fleksibel pada ukurannya serta sistem pengunciannya kurang aman.

Oleh karenanya, kami wajib benar-benar meyakinkan bahwa kunci inggris yang digunakan benar-benar cocok bersama dengan ukuran mur atau baut untuk mencegah kepala baut dan mur jadi rusak saat kami mengerjakannya.

Ukuran kunci inggris


Kunci inggris secara lazim terbagi jadi 8 ukuran kunci, jadi dari ukuran 4 inchi (114 mm) sampai 24 inchi (612 mm). Ukuran 6 sampai 24 inchi ini adalah ukuran panjang dari kunci inggris tersebut, tetapi untuk ukuran terbukanya rahang kunci inggris berkisar di antara setengah inchi (13 mm) sampai 2 7/16 inchi (62 mm).

Untuk mempermudah, selanjutnya tabel ukuran kunci inggris beserta maksimum pembukaan rahang kunci yang kita sadur dari lebih dari satu sumber

Kode ukuran kunci inggris (inchi) Panjang kunci inggris (mm) Ukuran rahang saat terbuka (mm)
4 114 13
6 160 19.2
8 206 24.05
10 257 29
12 308 34
15 385 43.12
18 461 53
24 612 62

Ukuran maksimal terbukanya rahang kunci inggris merupakan ukuran maksimal untuk kepala baut atau mur yang akan ditarik putar.

Misalnya, ukuran maksimal terbukanya rahang adalah 13 mm. Ini berarti, kunci inggris selanjutnya cuma mampu digunakan untuk terhubung kepala baut atau mur bersama dengan maksimal ukuran 13mm. Baut bersama dengan ukuran diatas itu (14,15,16, dst) tidak mampu diakses bersama dengan kunci inggris ukuran 4 inchi.


Oleh sebab sifatnya yang bukan sebagai kunci utama untuk terhubung atau mengencangkan baut atau mur, untuk mengfungsikan kunci inggris ini wajib senantiasa benar-benar diperhatikan langkah dan penggunaannya.

Kesalahan didalam mengfungsikan kunci inggris mampu berakibat fatal seperti andaikan berlangsung kerusakan pada baut atau mur yang dijalankan (slek atau dol), serta mungkin akan terjadinya kecelakaan kerja akibat kunci inggris tergelincir saat terhubung atau mengencangkan baut atau mur tersebut.

Berikut beberapa langkah untuk mengfungsikan kunci inggris yang benar

  1. Setel ukuran rahang kunci supaya cocok bersama dengan ukuran kepala baut atau mur yang akan dikerjakan. Geser sekrup penyetel ke arah kiri untuk menutup rahang kunci dan ganti ke arah kanan sekrup penyetel untuk terhubung rahang kunci.
    posisi pemasangan kunci inggris yang benar

    Pastikan seluruh rahang kunci inggris sejajar dan menutup rapat seluruh sisi kepala baut atau mur yang akan dibuka. Hindari menempatkan rahang kunci inggris pada bagian sudut dari kepala mur atau baut.

  2. Perhatikan posisi pemasangan rahang tetap. Pastikan rahang senantiasa untuk senantiasa berada di posisi atas dan berlawanan bersama dengan arah tarikan gagang kunci. Perhatikan umpama posisi pemasangan kunci inggris yang benar seperti pada gambar di bawah berikut.
    cara mengfungsikan kunci inggris yang benar

    Hindari menarik kunci inggris bersama dengan posisi rahang senantiasa berada dibagian sisi bawah kepala baut dan posisi rahang ganti dibagian sisi atas kepala baut. Hal ini mampu sebabkan kerusakan dan kecelakaan kerja

  3. Gerakkan tangkai kunci inggris bersama dengan langkah menarik untuk terhubung atau mengencangkan kepala baut atau mur. Jangan dulu menggerakkan tangkai kunci inggris bersama dengan langkah mendorongnya sebab mampu berakibat pada kerusakan dan kecelakaan kerja.


Terima kasih telah membaca Cara memakai kunci inggris dengan benar

Demikian artikel Cara memakai kunci inggris dengan benar kali ini, semoga bisa memberikan inspirasi dan informasi terbaru bagi para pecinta otomotif, nantikan kembali postingan terbaru dari kami, salam.

Artikel kali ini Cara memakai kunci inggris dengan benar alamat link https://www.berita-otomotif.my.id/2022/01/cara-memakai-kunci-inggris-dengan-benar.html

0 comments:

Post a Comment