Monday, January 10, 2022

tips dan cara mengusir tikus dimobil

tips dan cara mengusir tikus dimobilKembali bersama Otomotif, Masih seputar otomotif kali ini kita akan membahas mengenai tips dan cara mengusir tikus dimobil, kita coba merangkum beberapa informasi mengenai otomotif. semoga artikel yang disajikan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat pecinta otomotif.

Judul : tips dan cara mengusir tikus dimobil
link : tips dan cara mengusir tikus dimobil

Baca juga


tips dan cara mengusir tikus dimobil

Tidak sedikit pemilik mobil yang harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk biaya perbaikan mobil akibat ulah tikus yang dikenal sebagai "binatang pengerat" ini. Jika tikus sudah bersarang di mobil, tempatnya ini tidak hanya menjadi sumber bau yang bisa membuat tidak nyaman namun tikus juga kerap merusak komponen-komponen di area sekitar tempat ia bersarang.

Umumnya, tikus menggerogoti komponen-komponen mesin berbahan plastik ataupun karet-karet di mobil. Jika hanya plastiknya saja tentu tidak terlalu berbahaya, namun jika yang digerogoti tikus adalah kabel-kabel, tentu ini bisa berakibat fatal. Salah satunya short circuit yang akibatnya bisa menimbulkan bahaya kebakaran di mobil.

cara mengusir tikus di mobil

Lantas apa yang sebaiknya perlu dilakukan sebagai cara untuk mengusir tikus dimobil ini? Nah, pada artikel kali ini, kita akan berbagi tips dan cara mengusir tikus dimobil yang bisa sobat praktekkan. Berikut cara mengusir tikus di mobil.

1. Menggunakan bahan berbau menyengat anti tikus


Cara mengusir tikus dimobil yang pertama adalah dengan mengunakan bahan-bahan alami berbau menyengat yang anti tikus. Artinya, gunakan bahan-bahan alami yang berbau menyengat dan sangat tidak disukai oleh tikus.

Tikus memiliki daya penciuman yang sangat kuat, baik sebagai penanda teritori (wilayah) ataupun untuk menemukan makanan. Dengan menggunakan bahan-bahan berbau menyengat, bau-bauan ini akan mengganggu indera penciuman tikus sehingga tikus enggan untuk bergerak kearah bau-bauan tersebut.

Berikut beberapa bahan berbau menyengat yang tidak disukai tikus

  • Kapur barus / kamper

  • Merica / lada

  • Bawang putih / bawang merah

  • Daun sereh

  • Getah buah bintaro / simpalak

  • Dan lain-lain


Untuk penggunaannya, cukup dengan meletakkan bahan-bahan berbau menyengat (seperti contoh diatas) tepat pada bagian jalan masuk tikus atau tempat dimana tikus berdiam seperti misalnya pada pojok-pojok ruang mesin atau daerah sekitar ban dan kaki-kaki mobil yang kerap dijadikan jalan masuk tikus.

2. Menggunakan cairan penyemprot anti tikus


Cara mengusir tikus di mobil yang kedua adalah dengan menggunakan cairan penyemprot anti tikus. Cairan penyemprot anti tikus ini merupakan cairan kimia dengan formula khusus yang diracik sehingga tikus enggan untuk bersarang ataupun bergerak di area yang sudah di semprot dengan cairan penyemprot anti tikus ini.

Oleh karena cairan ini merupakan cairan kimia, tentu anda harus teliti dan cermat dalam memilih cairan penyemprot anti tikus ini. Pilih dan gunakan cairan penyemprot anti tikus yang tidak membuat karat pada bodi mobil. Atau paling mudah carilah cairan penyemprot tikus yang memang dikhususkan untuk penggunaan pada mobil khususnya ruang mesin dan kabin mobil.

Ada baiknya, lakukan penyemprotan cairan anti tikus ini pada bagian kaki-kaki dan velg mobil bagian dalam secara rutin karena di wilayah inilah biasanya tikus mulai merambat masuk dan naik ke ruang mesin atau kedalam kabin mobil.

3. Menggunakan alat elektronik pengusir tikus


Cara mengusir tikus di mobil yang ketiga adalah dengan menggunakan alat elektronik pengusir tikus. Saat ini terdapat beragam alat elektronik pengusir tikus yang disediakan di pasaran dengan harga cukup terjangkau. Alat elektronik ini umumnya bekerja dengan cara mengeluarkan gelombang ultrasonik yang akan mengganggu tikus sehingga tikus tidak mau mendekat.

Gelombang ultrasonik yang dipancarkan alat elektronik pengusir tikus ini memiliki ukuran dan jangkauan tertentu, sebaiknya pilih alat elektronik pengusir tikus yang jangkauannya bisa melingkupi ukuran mobil anda saat diparkir. Atau, anda bisa meletakkan alat elektronik pengusir tikus ini di garasi yang letaknya dekat dengan mobil saat diparkir.

Baca juga :

4. Jaga kebersihan mobil dan garasi


Cara mengusir tikus di mobil yang keempat adalah dengan selalu menjaga kebersihan mobil dan garasi mobil di rumah anda. Hindari meletakkan alat dan perabotan yang mengundang tikus dekat dengan parkiran mobil, seperti misalnya, rak sepatu dan sendal, pot dan tanaman, atau perkakas-perkakas yang tidak disimpan dalam wadah tertutup.

Hindari memarkirkan mobil diarea yang terlalu gelap, gunakanlah lampu led berdaya rendah untuk menerangi mobil sekaligus untuk mengusir tikus karena tikus tidak suka dengan tempat-tempat yang terlalu terang.

Selain itu, biasakan untuk tidak membiarkan tempat sampah di mobil berisi sampah sisa makanan untuk waktu yang cukup lama, terlebih jika makanan tersebut memiliki bau menyengat yang mangundang tikus. Bersihkan segera mobil dari sisa makanan yang tertinggal di mobil sebelum mobil diparkir di garasi.

5. Panaskan mesin mobil setiap hari


Cara mengusir tikus di mobil yang terakhir kita ketahui adalah dengan selalu memanaskan mesin mobil setiap hari. Kondisi mesin yang menyala, suhu panas serta bunyi hembusan angin dari kipas radiator cukup ampuh untuk mengusir tikus keluar dari mesin mobil.

Meskipun mobil tidak digunakan untuk jangka waktu yang lama, memanaskan mobil setiap pagi cukup membantu agar tikus tidak mudah untuk bersarang di mobil.

Agar cara mengusir tikus di mobil ini bisa dilakukan dengan tuntas dan tikus benar-benar enggan masuk ke dalam mobil, maka ada baiknya untuk melakukan pembersihan / pencucian mobil khususnya pada bagian-bagian tempat tikus pernah bersarang atau pada bagian tempat dimana tikus itu sering lewat.

Cuci bersih bagian tersebut untuk menghilangkan bau khas yang menjadi penanda tikus untuk bersarang. Setelah area-tersebut bersih dari bau tikus, barulah kita melakukan tindakan antisipasi sebagai cara mengusir tikus dengan 5 cara mengusir tikus yang sudah disampaikan diatas.



Terima kasih telah membaca tips dan cara mengusir tikus dimobil

Demikian artikel tips dan cara mengusir tikus dimobil kali ini, semoga bisa memberikan inspirasi dan informasi terbaru bagi para pecinta otomotif, nantikan kembali postingan terbaru dari kami, salam.

Artikel kali ini tips dan cara mengusir tikus dimobil alamat link https://www.berita-otomotif.my.id/2022/01/tips-dan-cara-mengusir-tikus-dimobil.html

0 comments:

Post a Comment